MEMANFAATKAN BOTOL AIR MINERAL UNTUK KELEMBABAN DAN KESEJUKAN GEDUNG WALET

MANFAAT BOTOL AIR MINERAL UNTUK KELEMBABAN DAN KESEJUKAN GEDUNG WALET

Memliki gedung walet yang mempunyai kestabilan suhu dan kelembaban gedung yang mencukupi sesuai dengan kriteria kesukaan burung walet untuk menginap merupakan hal yang didamba dambakan petani walet.

gedung yang suhu dan kelembabannya tidak stabil bisa menyebabkan burung walet enggan untuk tinggal dan menginap digedung tersebut.

dalam berbudidaya walet bukanlah semuda menceritakan harga nilai sarang yang dipanen kemudian dijual.

membudidayakan burung walet memerlukan tehknik tehnik khusus agar bangunan gedung walet yang sudah dibangun dengan modal yang cukup besar bisa segera membuahkan hasil bagi pemiliknya.

bagi sebagian pemula pembudidaya walet terkadang mengalami kesulitan untuk mendapatkan suhu dan kelembaban gedung walet, sehingga modal dana yang besar telah dipakai untuk membuat rumah burung walet terasa sia sia.

apalagi setelah kepala terasa mumet dikarenakan burung walet tidak masuk kedalam gedung pada akhirnya pemilik gedung mencari konsultan walet.

sebagian besar konsultan walet tidak tanggung tanggung memberikan harga yang cukup tinggi cukup dengan konsultasi saja.

nasib petani walet sudah buang modal besar digedung di peras lagi dengan konsultasi satu kali pertemuan.

kembali ke topik pembahasan kita mengenai  MANFAAT BOTOL AIR MINERAL UNTUK KELEMBABAN DAN KESEJUKAN GEDUNG WALET.

mendengar kata botol air mineral,apa yang ada dibenak anda?

yah botol air mineral merupakan kemasan botol yang digunakan untuk menyimpan air.
tips yang akan saya berikan kali ini adalah memanfaatkan botol air mineral tersebut untuk mengontrol kelembaban didalam gedung.

caranya adalah:
  1. ambillah sebanyak banyaknya botol air mineral yang sudah tidak digunakan
  2. isi botol air mineral tersebut menggunakan air
  3. letakkan botol air mineral didalam gedung dengan posisi berdiri

botol air mineral yang telah di isi air bisa digunakan untuk mengontrol suhu dan kelembaban didalam gedung.

Suhu Ideal untuk rumah burung walet yaitu antara 26-29 Derajat Celcius.  Suhu tersebut sebaiknya tetap stabil selama 24 jam baik pagi,siang,sore,maupun malam, namun ada beberapa yang mengatakan masih bisa toleransi untuk suhu sampai 30 derajat celcius namun usahakan jangan sampai melebihi 30 derajat baik siang maupun malam hari.

Sedangkan Kelembapan yang ideal untuk rumah walet yaitu antara 70%-95%.

fungsi dari botol air mineral yang bisa mengontrol kelembaban gedung adalah ketika kelembaban gedung terlalu tinggi atau penunjukan hygrometer diatas 95% maka tutuplah botol tersebut dengan menggunakan tutupnya,begitupun sebaliknya apabila kelembaban didalam gedung walet berkurang maka silahkan anda buka tutup botol tersebut dan silahkan kembali mengukur pada ke esokan harinya.

cara ini bisa digunakan atau menyiasati cuaca yang sedang extream seperti musim kemarau yang berkepanjangan atau musim hujan karena musim hujan membuat kelembaban gedung menjadi tinggi,kelembaban yang terlalu tinggi bisa membuat sarang walet berwarna kuning.apabila kelembaban rendah bisa membuat sarang burung walet menjadi tipis dan terkadang ada yang berlubang.

selain menggunakan tutup botol anda juga bisa membuat kolam didalam gedung anda akan tetapi kekuranggan menggunakan kolam ini karena kelembaban tidak bisa anda atur.membuat kolam didalam gedung walet bisa menggunakan terpal atau bisa juga menggunakan tembok semen yang dibentuk berbentuk kolam.
 
untuk mendapatkan suhu dan kelembaban ada juga pembudidaya walet menggunakan mesin embun yang dioperasikan pada jam jam tertentu.untuk mengatur nyala hidupnya mesin embun petani walet biasanya mengaplikasikan mesin embun dengan menggunakan timer yang banyak di jual di toko alat alat listrik.

MEMANFAATKAN BOTOL AIR MINERAL UNTUK KELEMBABAN DAN KESEJUKAN GEDUNG WALET bisa anda coba karena biaya yang cukup murah dibandingak alternatif lainnya.


itulah ulasan mengenai cara MEMANFAATKAN BOTOL AIR MINERAL UNTUK KELEMBABAN DAN KESEJUKAN GEDUNG WALET semoga bermanfaat untuk anda dan salam sukses dari ILMU WALETKU

0 Response to "MEMANFAATKAN BOTOL AIR MINERAL UNTUK KELEMBABAN DAN KESEJUKAN GEDUNG WALET "

Posting Komentar