LEBIH BAGUS MANA 1 LMB ATAU 2 LMB PADA RUMAH WALET?

LEBIH BAGUS MANA 1 LMB ATAU 2 LMB PADA RUMAH WALET?

Hallo para pembaca artikel ilmuwalet.com yang selalu setia menanti update terbaru dari situs kami.kami dari ilmuwalet.com telah mendapat pertanyaan dari teman facebook kami di "KONSULTASI WALET" Mengenai LEBIH BAGUS MANA 1 LMB ATAU 2 LMB PADA RUMAH WALET?"sebelumnya saya akan menjelaskan dulu apa yang dimaksud dengan LMB.
sumber foto :waletstore.com


LMB merupakan singkatan dari LUBANG MASUK BURUNG yang disingkat menjadi LMB.LMB ini biasanya dipasang pada bagian atas rumah burung walet dimana fungsinya sebagai pintu masuk burung walet untuk mengakses masuk kedalam rumah burung walet dan menginap didalam gedung.

UKURAN LMB

Rumah burung walet yang selama ini banyak berdiri dan beroperasi memiliki ukuran LMB dengan ukuran minimal 45cm x 65cm sedangkan ukuran paling besar LMB rumah burung walet adalah berukuran 85cm x 100cm.

CARA MENENTUKAN ARAH LMB

Dalam membudidayakan burung walet menentukan arah dan posisi LMB pada rumah burung walet merupakan hal yang sangat penting.hal ini diperlukan agar burung walet yang ingin masuk kedalam rumah burung walet bisa bermanuver dengan baik tanpa bingung mendeteksi posisi LMB pada rumah burung walet.

agar burung walet dapat mendarat masuk kedalam rumah burung walet dengan mulus maka hal yang perlu anda lakukan adalah memposisikan arah LMB menghadap arah burung walet pulang disore hari.

CARA MENGETAHUI ARAH PULANG BURUNG WALET

Menentukan posisi LMB yang tepat agar burung walet gampang masuk kedalam rumah burung walet yaitu mengarahkan LMB menghadap burung walet pulang dari arah mana.cara mengetahui burung walet pulang dari arah mana yaitu dengan cara membunyikan suara cek lokasi burung walet pada sore hari sekitar jam 18.00 sore.ketika suara cek lokasi anda bunyikan di sore hari maka anda bisa mengetahui posisi burung walet terbang dari arah mana maka anda bisa tau.

JUMLAH LMB YANG IDEAL PADA RUMAH BURUNG WALET

sesuai dengan pertanyaan dari teman kita di facebook KONSULTASI WALET tentang" LEBIH BAGUS MANA 1 LMB ATAU 2 LMB PADA RUMAH WALET?"maka ilmuwalet.com akan menjawab pertanyaan tersebut.jawabannya adalah pasang lah LMB satu saja pada rumah burung walet anda.

Mengapa satu lmb bukan dua yang dipasang?bukannya dua lebih memudahkan burung walet untuk masuk kedalam rumah burung walet!!memasang dua LMB atau lebih pada rumah burung walet bukannya membuat burung walet anda cepat terisi.

Dua lmb atau lebih malahan membuat burung walet bingung mau masuk ke gedung milik anda.
biasanya burung walet yang masuk di lmb satu akan tetapi tidak masuk ke ruang inap karena burung walet terus keluar dilubang yang satunya lagi.maka dari itu burung walet akan kebingunan karena terlalu banyak lubang.

BENTUK-BENTUK LMB

Bentuk LMB yang banyak diaplikasikan pada rumah burung walet adalah bentuk LMB yang berbentuk persegi panjang namun ada juga yang membuat LMB dengan bentuk segitiga terbalik.guna dari bentuk LMB segitiga terbalik ini adalah agar rumah burung walet tidak dimasuki burung hantu.


CARA AGAR RUMAH BURUNG WALET TIDAK DIMASUKI BURUNG HANTU

Predator predator yang suka mengganggu burung walet salah satunya adalah burung hantu,tikus,kecoa,tokek,dan semut merah.burung hantu suka masuk kedalam rumah burung walet dan memangsa burung walet didalam gedung,burung hantu suka makan daging burung walet maka dari itu rumah burung walet yang pernah dimasuki burung hantu sangat lambat dipulihkan agar burung walet kembali berpopulasi dan berkembang biak didalam gedung.

jika anda tidak ingin rumah burung walet milik anda dimasuki burung hantu maka solusi yang bisa anda lakukan pada rumah burung walet milik anda adalah memasang lampu kilat pada bagian luar rumah burung walet anda."mengapa lampu kilat?"karena burung hantu tidak menyukai cahaya jadi sebelum terjadi hal hal yang tidak di inginkan seperti burung hantu masuk digedung lebih baik di cegah.seperti kata kata yang biasa kita dengar "lebih baik mencegah dari pada mengobati".


hama pengganggu selain burung hantu adalah tikus.tikus juga sangat suka masuk menyelinap kedalam rumah burung walet.sama halnya dengan burung hantu pemulihan gedung walet yang pernah dimasuki tikus juga sangat lambat.hal tersebut dikarenakan trauma burung walet terhadap tikus.

seperti yang kita ketahui indera penciuman burung walet juga sangat tajam dengan bau kencing tikus.itulah sebabnya burung walet susah dirumahkan kembali pada gedung yang pernah dimasuki tikus.

cara mencegah tikus yang masuk mengganggu burung walet adalah dengan cara menghamburkan racun tikus didalam gedung rumah burung walet milik anda.jadi sebelum sang tikus menyerang burung walet,sang tikus keok duluan karena makan racun tikus tersebut.


hama selain burung hantu dan tikus yang paling sering mengganggu burung walet adalah kecoa,kecoa yang berkeliaran didalam rumah burung walet juga merupakan hama pengganggu yang sering memakan sarang burung walet.

hampir di setiap rumah burung walet terdapat kecoa didalamnya.hama yang berwarna hitam ini sangat mudah masuk kedalam gedung rumah burung walet karena kecoa memiliki sayap sehingga dia bisa terbang dan masuk kedalam gedung baik lewat ventilasi udara maupun lewat dinding rumah burung walet dengan cara merayap sampai mendapatkan lubang.

selain memakan sarang burung walet ternaya kecoa juga suka mengigit anak burung walet yang biasa disebut dengan piyik.hal itu dilakukan kecoa karena anak burung walet yang baru menetas dari cangkang telur burung walet masih amis sehingga menarik perhatian kecoa untuk menjilat dan menggigit anak burung walet tersebut.solusi untuk mengatasi hama kecoa ini bisa dengan cara mencoret dinding didalam rumah burung walet menggunakan kapur barus,hal ini dilakukan agar ketika ada kecoa merayap di dinding maka kecoa langsung bersentuhan dengan kapur barus yang telah di coret di dinding tersebut.selain menggunakan kapur barus bisa juga menggunakan obat anti kecoa,serangga dan semut yang banyak dijual dipasaran


selain burung hantu,tikus dan kecoa hama lain yang suka mengusik keberadaan burung walet adalah tokek.hewan melata yang memiliki bintik bintik di punggung ini ternyata suka memangsa burung walet yang berada didalam rumah burung walet.baik itu burung walet dewasa maupun burung walet yang masih muda yang masih berada didalam sarangnya tempatnya menetas.

untuk mengatasi serangan tokek yaitu dengan cara memasang lem caranya silahkan ada beli lem tikus di supermarket atau di toko toko bangunan terdekat di kota anda kemudian anda ambil triplex.potonglah triplex berbentuk kotak dengan ukuran 60cm x 60cm kemudian tangkap lalat,biasanya gampang menangkap lalat di di ruangan dapur rumah atau di tong tong sampah.tokek menyukai lalat dan sebagai umpan tokek silahkan tusuk lalat tersebut menggunakan sapu lidi.di papan triplex tadi silahkan bentuk lingkaran seperti alur obat nyamuk bakar dan di tengah tengahnya silahkan anda pasang umpan lalat tadi.

sekian artikel dari ilmuwalet.com mengenai LEBIH BAGUS MANA 1 LMB ATAU 2 LMB PADA RUMAH WALET?jawabannya adalah satu saja.semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa share ilmu ini karena ilmu yang tidak dibagikan hasilnya tidak akan berhasil dan berkah.

0 Response to "LEBIH BAGUS MANA 1 LMB ATAU 2 LMB PADA RUMAH WALET?"

Posting Komentar