5 Trik Budidaya Walet Agar Sarangnya Banyak


5 Trik Budidaya Walet Agar Sarangnya Banyak
Budidaya burung walet memang telah lama di kenal, tepatnya mulai tahun 2000-an. Pada saat itu budidaya burung walet mulai menjamur dan membuat banyak pengusaha membangun bangunan khusus walet. 

Sebenarnya bisnis ini tidak bisa sembarangan dilakukan, ada beberapa trik yang harus dilakukan agar bisa berhasil dan memberikan keuntungan yang melimpah. Penasaran, bagaimana trik-triknya? Langsung saja beralih ke ulasan di bawah ini.

Budidaya Walet Jadi Incaran
Mengapa budidaya walet menjadi incaran? Ya, karena sarang walet ini sangat bergizi dan bisa menyembuhkan banyak penyakit. Bahkan, tidak sedikit orang yang menyebut sarang walet sebagai emas putih yang bernilai tinggi.

Zaman sekarang pebisnis sarang walet mulai mengembangkan berbagai metode untuk menjaring walet agar mau bersarang di bangunan mereka. Metode efektif yang digunakan yaitu membuat bangunan semirip mungkin dengan habitat asli dari walet.

Trik Budidaya Burung Walet yang Berhasil
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa budidaya walet agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal tidak bisa sembarangan. 
Ya, setidaknya Anda harus bisa menguasai dasar budidaya walet yang baik, seperti berikut ini.
  1. Mempersiapkan kandang burung Walet
Bangun kandang walet dengan ketinggian 1000m di atas permukaan laut. Agar lebih efektif, kandang harus jauh dari jangkauan manusia. Karena burung walet merupakan hewan liar yang punya musuh alaminya, sehingga mereka sangat berhati-hati dalam membuat sarang. Jika tempat membuat sarangnya ramai suara, maka burung walet akan takut dan akhirnya tidak akan bersarang di sana.

  1. Menjaga kualitas kandang
Agar kandang disukai walet, Anda harus bisa menjaga kandang tersebut. Suhu yang cocok yaitu sekitar 24 ~ 25 derajat Celsius serta kelembaban udara sekitar 80 – 95 %. Jangan lupa untuk membuat kolam di dalam kandang, agar walet bisa minum dengan mudah.  Selain itu, harus dilengkapi dengan ventilasi udara diameter 4cm jarak per 5 meter. 

Suasana kandang juga harus gelap seperti dalam gua serta lapisi langit-langit dengan kayu yang bertujuan sebagai tempat walet membuat sarangnya.

  1. Kandang yang cocok untuk Walet
Bangunan yang cocok untuk kandang walet yaitu bangunan yang dibuat 10×20 meter persegi. Idealnya yaitu jarak antara lantai dengan plafon harus besar. Tak lupa, jaga kelembapan kandang dengan sistem penyemprotan air otomatis. 
Gunakan termometer agar kelembapan dan suhu tetap terjaga dengan baik.

  1. Pembibitan burung
Apakah Anda ingin versi otomatis atau ada campur tangan Anda secara signifikan dalam budidaya walet? Jika versi otomatis, Anda hanya perlu memancing burung walet dewasa bersarang di bangunan Anda. Namun, jika versi pembibitan campur tangan, maka Anda bisa beli telur burung walet yang akan menetas.

Dalam pemilihan telur ini, usahakan pilih yang berumur 14 hari atau 2 mingguan agar potensi kematian rendah dan cepat menetas. Untuk menetaskan telur bis menggunakan mesin tetas. Setelah menetas, rawat anak burung hingga dewasa barulah bisa Anda lepaskan pada kandang yang telah dibangun.

  1. Perawatan dan panen sarang burung Walet
Perawatan sarang walet tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menjaga kandang agar tetap lembab, suhu tetap terjaga dan terhindar dari predator alami burung walet. Predator tersebut diantaranya tikus, semut api dan tokek. Seringkali semut api memangsa anak burung sehingga menurunkan perkembangbiakan burung.

Demikian ulasan tentang 5 trik budidaya walet agar sarangnya banyak. Bagaimana, trik yang sangat mudah bukan? Intinya dalam budidaya walet ini harus bisa menjaga kandang agar tetap lembab, suhu terjaga serta aman. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "5 Trik Budidaya Walet Agar Sarangnya Banyak"

Posting Komentar