CARA SEDERHANA UNTUK MEMULAI BUDIDAYA WALET

CARA SEDERHANA UNTUK MEMULAI BUDIDAYA WALET

Burung walet merupakan salah satu jenis burung komoditas ekspor yang sangat istimewa karena manfaatnya yang sangat besar. 

Terutama yang dihasilkan dari air liurnya yang menjadi sarang ini mempunyai harga yang sangat mahal. Hal inilah yang menjadikan banyak orang tertarik untuk membudidayakan sarang burung walet ini.

Ada yang membangun gedung-gedung tinggi dan ada juga yang memanfaatkan salah satu ruangan rumahnya untuk dijadikan sebagai sarana budidaya sarang walet. 

Nah, pada artikel kali ini akan diulas secara lengkap dan jelas mengenai cara memulai budidaya walet. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Pemilihan Lokasi Sarang Walet
Agar bisa sukses dalam budidaya sarang walet, ada beberapa syarat yang bisa Anda lakukan. Daerah tempat untuk dibangun sarang walet harus mempunyai ketinggian di bawah 1000 m. 

Selain itu, tempat yang bagus yang jauh dari keramaian, karena burung walet tinggalnya di goa yang sangat jauh dari kebisingan.

Jika perlu, Anda memilih tempat yang dekat dengan pantai, danau, rawa, atau sungai yang jauh dari perkotaan namun tetap bisa dijangkau. 

Namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mengambil salah satunya sebagai syarat untuk budidaya burung walet.

Pemilihan Bibit Walet
Pemilihan bibit burung walet haruslah bibit yang berkualitas karena suksesnya sebuah budidaya sarang walet bergantung pada kualitas dari induk burung walet dan jumlah telur burung walet yang ditetaskan untuk menjadi burung walet yang baru.

Ada 3 macam telur yang bisa Anda panen diantaranya ;
  • Telur yang berwarna merah mudah. Telur yang berwarna ini merupakan telur yang baru keluar dan masih berumur 0-5 hari.
  • Putih kemerahan atau telur yang sudah cukup lama mengalami proses penetasan induk, kurang lebih berumur 6-10 hari.
  • Putih dengan warna pekat kehitaman. Telur ini sudah dekat dengan waktu untuk menetas yang biasanya sudah berumur 11-15 hari.
Sedangkan untuk telur yang jelek, biasanya berwarna kuning telur yang terlihat bercampur dengan putih, tidak ada pergerakan, dan cenderung sudah berwarna hitam karena sudah mulai membusuk. 

Sedangkan telur yang berkualitas masih kelihatan segar dan jangan dibiarkan menginap di perjalanan kecuali sudah Anda simpan di dalam mesin penetas.

Cara Meningkatkan Populasi Walet
Produksi populasi walet juga sangat berpengaruh terhadap berhasilnya budidaya sarang walet. 

Karena semakin banyak indukan yang kita punya, maka intensitas sarang walet yang dihasilkan juga akan lebih banyak lagi sehingga ketika masa panen tiba, produksinya juga bisa semakin meningkat.

Terlebih dahulu perlu Anda perhatikan mengenai lingkungan yang disukai oleh burung walet seperti apa. 

Perhatikan lingkungan sekitar bangunan rumah walet, apakah bangunan rumah walet tersebut yang sudah Anda bangun sudah memenuhi syarat? Seperti halnya jauh dari kebisingan, dekat dengan sumber perairan, dan kelembapannya yang pas. 

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan mengenai pakan walet yang bisa Anda sediakan baik itu untuk makanan pengganti ketika musim kemarau tiba atau makanan tambahan di musim hujan. 

Jika populasi walet yang Anda miliki stagnan atau tidak mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu, Anda harus bisa memenuhi unsur di atas.

Demikian ulasan mengenai cara sederhana untuk memulai budidaya walet. 

Jika segala keperluan untuk budidaya sudah tersedia dengan baik, Anda tidak perlu ragu lagi mengenai keuntungan yang akan didapatkan. Bisa dibilang budidaya sarang walet ini gampang-gampang susah. 

Namun, ketika sudah mempunyai niat yang mantap dan modal akan terasa mudah. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "CARA SEDERHANA UNTUK MEMULAI BUDIDAYA WALET"

Posting Komentar