Rumah Walet Sederhana Desain Rumah Walet

Rumah Walet Sederhana Desain Rumah Walet

Melihat harga jual dari sarang walet yang bisa memberikan harapan untuk kehidupan yang layak dikemudian hari, hal inilah yang membuat banyak masyarakat berkeinginan untuk memiliki usaha walet. Namun apa boleh buat, dengan biaya yang cukup besar banyak orang mengurungkan niatnya.

Namun, dewasa ini banyak orang yang menawarkan beberapa desain rumah walet yang sederhana untuk masyarakat golongan menengah ke bawah. Bahkan, banyak sekali beberapa desain yang sangat cocok bagi orang yang bermodal cekak. Langsung saja untuk informasi lebih lengkapnya mengenai rumah walet sederhana, simak ulasannya berikut ini.

Gedung Walet Sederhana
Untuk memulai budidaya walet, tidak harus mengeluarkan biaya yang sangat tinggi. Karena, kita bisa menggunakan biaya yang minim dengan mengurangi ukuran gedung walet yang akan dibangun. Jika pada umumnya para investor mempunyai modal yang besar dengan membangun gedung yang berukuran 8 x 12 meter. Namun, Anda bisa merubahnya dengan ukuran misalnya rumah walet kecil 4 x 4 meter atau ukuran paling kecil.
Jika mereka membangun gedung dengan 5 lantai, Anda bisa membangunnya dengan 2 lantai saja yang ditambah rumah monyet untuk memaksimalkan tempat bersarang burung walet di ruangan yang berukuran 4 x 4 meter.
Jika mereka investor yang memiliki modal besar membangun gedung dengan lantai setinggi 3 meter, Anda cukup bisa membangun ketinggian per lantai 2 – 2,5 meter. Namun, Anda bisa membangun lantai 1 dengan ketinggian 3 meter, lantai 2 dan seterusnya berjarak 2-2,5 meter Perlu Anda ketahui, biasanya ketinggian perlantai yang digunakan oleh mereka yang memang sudah berpengalaman dalam bisnis ini dengan tujuan untuk menekan biaya.
Gedung Walet Sederhana Hemat Biaya
Biasanya, investor membangun gedung pada tanah yang kosong. Namun, jika Anda ingin menghemat, Anda bisa membangun gedung walet di atas rumah tinggal Anda. tentunya hal ini  bisa menghemat biaya pondasi, tanah urug, dan biaya tukang. Dengan penggunaan teknik seperti ini, Anda tidak perlu lagi memasang pengabut pada lantai atas.
Namun, dalam membangun rumah walet, Anda harus bisa mengatasi kelembaban. Mengatasinya yaitu dengan menggunakan wadah atau jerigen yang dibelah atau baki yang berisi pasir yang diberi air. Setelah itu, untuk mempercepat proses penguapan letakkan bata merah di atas pasir tersebut. Bata merah ini diletakkan dengan posisi tegak, sebagian besar bata merah tersebut tidak terkena pasir.
Jumlah per lantai juga bisa disesuaikan, tergantung dengan kelembaban yang Anda inginkan. Selanjutnya, jika pasir tersebut mulai mongering, Anda akan bertugas memberikan air, sekitar 4 sampai 5 minggu kemudian.
Cara ini memang lebih baik dalam mengontrol kelembaban dalam ruangan secara konvensional dibanding dengan penggunaan kolam. Selain itu, penggunaan teknik seperti ini juga sangat aman dari pembusukan binatang yang mati seperti anakan walet, tikus dan lain sebagainya yang jatuh dalam air jika menggunakan kolam.
Selain itu, Anda juga perlu membuat ventilasi. Pada umumnya pembuatan ventilasi pada rumah walet ini menggunakan pipa 3 in atau 4 in dengan jarak sekitar 1 meter. Namun, jika Anda ingin berhemat, Anda bisa menggunakan sisa kayu sebagai ventilasi pada gedung walet sederhana Anda.
Itulah ulasan mengenai rumah walet sederhana desain rumah walet. Jadi jika diambil kesimpulan dari artikel ini, Anda tak perlu mengurungkan niat membangun bisnis ini jika hanya mempunyai budget yang rendah. Karena budget minim juga bisa mewujudkan cita-cita Anda budidaya walet. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Rumah Walet Sederhana Desain Rumah Walet"

Posting Komentar