ANALISA USAHA BUDIDAYA WALET


ANALISA USAHA BUDIDAYA WALET

Bagi yang tertarik dengan usaha budidaya walet tentunya memerlukan analisa atau gambaran mengenai peluang usaha walet. Gambaran ini bertujuan untuk melihat secara lebih dekat mengenai seluk beluk budidaya walet tersebut secara lebih detail. Usaha budidaya walet jika dilihat merupakan salah satu jenis usaha bermodal besar yang menjanjikan dan banyak sekali peminatnya.

Sebab untuk membudidayakan walet Anda harus menyiapkan tempat yang tentu saja bermodal besar. Namun meskipun bermodal besar, hasil panen yang diperoleh sebanding dengan jumlah modal yang dikeluarkan. Hal ini karena sarang burung walet memiliki harga yang mahal. Kandungan berkhasiat yang ada di dalam sarang burung waletlah yang membuat harganya menjadi sangat mahal.

Sarang burung walet bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit berbahaya. Nah, untuk mengetahui analisa peluang usaha budidaya burung walet, simak penjelasan berikut.

Analisa Peluang Usaha Budidaya Burung Walet

Ada beberapa analisa peluang usaha budidaya burung walet yang bisa Anda pahami, antara lain yaitu:

·        Modal budidaya burung walet

Salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui untuk memulai usaha burung walet ini adalah memerlukan modal yang besar. Ada yang pernah menyebutkan bahwa modal budidaya walet yang diperlukan cukup besar. Untuk modal tetapnya saja yaitu mencapai Rp. 23.500.000,-. Modal tersebut harus ditambah lagi dengan berbagai macam modal lainnya seperti modal kerja, perawatan dan lain sebagainya.

Modal yang paling besar yaitu modal awal pengadaan gedung serta peralatan yang diperlukan. Biaya perawatan membutuhkan modal yang lebih murah. Dengan melihat besarnya biaya modal yang diperlukan, Anda harus benar-benar memperhatikan masalah ini. Apakah Anda bisa menyiapkan modal untuk usaha budidaya walet atau tidak.

·        Pemasaran hasil

Melihat tarif harga sarang burung walet yang mahal bisa memberikan suatu gambaran bahwa konsumen pembeli hasil panen bukan dari kalangan umum. Jadi, hasil panen sarang burung walet sangat sulit dijual ke masyarakat umum secara langsung. Hal ini karena harganya yang mahal dan tidak masuk akal di kantong.

Di dalam mengukur prospek usaha walet ini perlu dilihat mengenai bagaimanakah proses pemasaran maupun proses penjualannya. Setidaknya Anda harus mencari tahu beragam informasi mengenai siapa saja yang nantinya bisa membeli hasil panen sarang walet tersebut.

·        Keterampilan budidaya

Masalah keterampilan di dalam membudidayakan burung walet juga perlu diperhatikan. Budidaya jenis ini mungkin memang sedikit berbeda dengan jenis budidaya ternak lainnya. Jadi, Anda harus tetap menguasai dengan baik tentang bagaimana cara melakukan budidaya burung walet yang bisa menghasilkan panen melimpah.

Misalnya mengenai teknik memanen sarang burung walet yang memerlukan keahlian khusus. Selain itu Anda juga harus mengetahui trik dan caranya. Sebab jika tidak maka nantinya kualitas sarang yang dihasilkan malah bisa berkurang. Bahkan burung-burung walet yang telah bersarang tersebut bisa meninggalkan sarangnya.

Sehingga sangat penting sekali bagi pebisnis walet untuk mempelajari berbagai macam keterampilan yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memulai usahanya. Jangan sampai usaha budidaya walet ini dijalankan tanpa adanya keahlian apapun sebagai suatu bekal. Tanpa adanya keterampilan yang memadai bisa membuat usaha walet yang dijalankan sangat rentan beresiko gagal. 

Suatu usaha yang memerlukan modal besar diperlukan suatu perencanaan yang memang benar-benar matang. Jadi, sebelum memutuskan untuk memulai usaha tersebut, persiapan yang sempurna harus dilakukan. Diatas merupakan penjelasan mengenai analisa peluang usaha budidaya burung walet yang bisa Anda pahami. Semoga penjelasan mengenai analisa usaha budidaya walet tersebut bisa memberikan manfaat untuk Anda.


0 Response to "ANALISA USAHA BUDIDAYA WALET"

Posting Komentar