TIPS BUDIDAYA WALET SEDERHANA DENGAN HASIL LUAR BIASA


TIPS BUDIDAYA WALET SEDERHANA DENGAN HASIL LUAR BIASA

Usaha budidaya walet banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini karena budidaya walet memang mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi. Bisnis budidaya walet bisa menghasilkan uang dari penjualan sarang waletnya. 

Manfaat sarang walet yaitu untuk kesehatan manusia. Burung walet membuat sarang dari air liurnya.

Memulai budidaya walet diperlukan berbagai macam strategi tertentu agar bisa berhasil. Perawatan di dalam proses ternak walet walet relatif mudah. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan suatu perawatan yang intensif. 

Hal yang perlu dilakukan hanyalah pengontrolan yang baik dan membiarkan walet bersarang di tempat yang telah tersedia.

Ketika panen telah tiba, Anda tinggal mengambil sarang yang telah ada tersebut. Untuk mengawali bisnis budidaya walet memang sedikit sulit. Berikut ada penjelasan mengenai beberapa tips budidaya walet sederhana dengan hasil luar biasa.

3 Tips Budidaya Walet Sederhana
Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan di dalam memulai bisnis budidaya walet sederhana supaya memperoleh hasil panen luar biasa dan maksimal, diantaranya yaitu:

·        Ilmu Dasar Budidaya Walet

Sebelum melakukan budidaya walet, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui ilmunya. Pastikan bahwa Anda benar-benar mengetahui dan memahami bagaimana cara membudidayakan walet dengan baik dan benar. 

Selain mengandalkan walet dari proses penetasan telur, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mendatangkan walet yang telah dewasa ataupun walet yang liar.

Akan sangat mengecewakan tentunya ketika Anda telah membuat rumah budidaya walet berbiaya mahal namun isinya masih kosong. Hal ini bisa menjadi ancaman kerugian yang besar bagi Anda.

·        Syarat Beserta Ketentuan Lokasi Pembangunan Rumah Walet

Ada beberapa syarat beserta ketentuan lokasi pembangunan rumah walet, diantaranya yaitu:

o   Harus membangun rumah walet di lokasi yang mempunyai ketinggian sebesar 1000 mdpl. Anda bisa menemui rumah walet di area pantai, sungai maupun dataran rendah yang lainnya.
o   Harus menghindari suatu lokasi yang terdapat banyak burung liar maupun burung yang tergolong pemakan daging. Hal ini bertujuan untuk mencapai suatu hasil budidaya walet yang maksimal.
o   Harus memastikan bahwa lokasi yang dipilih tidak terlalu sering di datangi oleh manusia. Terutama terhadap kemajuan teknologi. Suatu daerah yang terpencil sangat cocok dijadikan tempat pembangunan rumah walet.

·        Syarat Beserta Ketentuan Keadaan Rumah Budidaya Walet

Ada beberapa syarat beserta ketentuan keadaan rumah budidaya walet, diantaranya yaitu:

o   Bisa membangun rumah walet seperti berbagai macam gedung yang biasanya. Untuk ukurannya bervariasi dan menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Ukuran rumah walet yang ideal yaitu sebesar 10 × 15 m2 dan 10 × 20 m2.
o   Harus mengatur segi pencahayaan. Seperti pada gua, suasana di dalam rumah walet harus dominan dengan gelap.
o   Rumah walet yang dibangun harus serupa dengan konsep gua-gua alami. Hal ini karena burung walet pada dasarnya akan merasa betah dengan keadaan tempat tinggal yang seperti itu.
o   Suhu yang perlukan rumah budidaya walet yaitu berkisar di antara 24-26 0
o   Meskipun rumah walet berada di lokasi yang terpencil, namun rumah walet harus terbuka serta tidak boleh tertutup pepohonan.
o   Untuk tingkat kelembaban di dalam rumah walet yaitu berkisar antara 80-95%.
o   Mengenai jarak wuwungan terhadap plafon pada rumah walet akan berpengaruh pada kenyamanan walet untuk menetap. Semakin tinggi jaraknya akan semakin disenangi oleh para walet.

Demikian penjelasan mengenai tips budidaya walet sederhana dengan hasil luar biasa yang bisa coba Anda terapkan. Bagi Anda yang ingin atau sedang menjalankan budidaya walet semoga bisa memberikan hasil yang maksimal.



0 Response to "TIPS BUDIDAYA WALET SEDERHANA DENGAN HASIL LUAR BIASA"

Posting Komentar