TRIK MEMBUAT WALET BETAH DI SARANG YANG ANDA BUAT


TRIK MEMBUAT WALET BETAH DI SARANG YANG ANDA BUAT

Burung walet merupakan hewan bebas yang bisa terbang kemanapun ia suka. Meskipun dilakukan budidaya burung walet, sistem yang digunakan juga bukan sistem kAndang yang membuat burung walet tidak bisa pergi kemana-mana. Pternak hanya menyediakan tempat atau rumah untuk burung walet bersarang.

Oleh sebab itu bisa saja terjadi kemungkinan jika burung walet bisa saja pergi dari rumahnya. Maka sebagai seorang peternak, ada beberapa tips yang harus dilakukan agar burung walet betah berda di dalam rumah yang Anda siapkan dan tidak berpindah. Tips yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah :

  • 1.      Menjaga Kelembaban Dan Suhu Ruangan


Burung walet akan lebih mudah untuk datang ke tempat yang lembab dan suhu ruangan yang normal. Suhu yang disukai oleh burung walet adalah sekitar 27-29 derajat celcius, sedangkan untuk tingkat kelembaban yang disukai burung walet adalah sekitar 80%-90%. Jadi usahakan agar suhu dan kelembabapan di dalam ruangan terjaga.

Kelembaban ruangan yang relatif rendah tidaklah disukai oleh burung walet dan akan jarang sekali walet yang mau datang. Kelembaban ruangan yang tidak baik juga akan berpengaruh pada kualitas sarang walet. Sarang yang dihasilkan akan lebih tipis dan keriput sehingga daya jualnya menurun.

Untuk menjaga kelembaban ruangan atau rumah burung walet, Anda bisa melakukan penyemprotan air di dalam ruangan, membuat kolam di luar gedung hingga meletakkan baskom berisi air di dalam ruangan. Selain itu Andaq juga bisa mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

Hal ini dikarenakan semakin banyak cahaya yang masuk, maka kondisi di dalam ruangan akan menjadi lebih kering dan tidak lembab lagi. Kondisi ini akan membuat burung walet tidak betah dan cenderung untuk pergi.

  • 2.      Menggunakan Bunyi-Bunyian


Bunyi-bunyian biasa digunakan oleh peternak untuk menarik burung walet agar datang dan menetap di ruangan. Jenis bunyian yang digunakan adalah bunyi burung walet. Bunyi burung walet ini akan mengundang burung walet untuk datang karena mereka akan merasa jika terdapat koloni lain yang telah tinggal.

Sumber bunyi ini bisa Anda dapatkan dengan memasang speaker di dalam ruangan. Selain itu Anda bisa memanfaatkan CD player untuk memutar audio atau rekaman suara burung walet. Untuk lama rekaman ini diputar, biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan peternak itu sendiri.

Banyak peternak yang memutarnya selama 24 jam untuk menjaga agar burung walet tetap mau tinggal di dalam ruangan. Selain itu, rekaman ini juga akan mempengaruhi kualitas dan produktifitas sarang walet. Hal ini dikarenakan burung walet lebih betah berada di tempat tersebut.

  • 3.      Melindungi Ruangan Dari Hama


Burung walet merupakan hewan yang sangat sensitif terhadap hama. Oleh sebab itu sebagai peternak, Anda harus memastikan ruangan bebas dari hama. Hama yang biasa muncul adalah tokek dan semut. Tokek akan memakan burung walet sedangkan semut akan cenderung mengerumuni anak walet hingga mereka mati dan jatuh.

Banyaknya burung walet yang mati dan jatuh akan sangat merugikan karena mengurangi populasi burung walet. Oleh sebab itu pemeriksaan secara berkala penting untuk dilakukan agar burung walet betah berada di dalam sarangnya. Anda juga bisa melakukan penyemprotan obat anti semut pada ruangan.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat burung walet betah berada di dalam sarangnya. Semoga informasi pada artikel ini bisa Anda terapkan dan dapat membantu produktifitas budidaya burung walet Anda dan meningkatkan keuntungan serta pendapatan dari usaha ini.

0 Response to "TRIK MEMBUAT WALET BETAH DI SARANG YANG ANDA BUAT"

Posting Komentar