CARA MENINGKATKAN SARANG BURUNG WALET DI LANTAI SATU

CARA MENINGKATKAN SARANG BURUNG WALET DI LANTAI SATU


rumah burung walet yang memiliki sarang burung walet setiap lantainya merupakan keinginan setiap para pembudidaya burung walet.namun ada kalanya di suatu gedung rumah burung walet sang burung walet tersebut enggan untuk bersarang pada lantai yang palih dibawah yaitu pada lantai satu gedung walet tersebut.

terkadang kita menemukan kotoran burung walet yang sudah ada dibeberapa titik tetapi tidak lama kemudian kotorannya kering,itu artinya sang burung walet pergi.banyak penyebab burung walet enggan bersarang dilantai satu dikarenakan penyebabnya sebagai berikut:

  • PEMILIK

Burung walet terkadang lambat bahkan tidak mau bersarang dilantai satu karena sang pemilik sering masuk kedalam gedung baik itu di sore hari maupun pada malam hari di saat burung walet sedang istirahat.seperti yang kita ketahui bahwa jam untuk mengontrol gedung walet adalah pada jam 07.00 sampai pukul 12.00 siang.

karena setelah saya pelajari melalui CCTV saya menyimpulkan bahwa burung walet kembali kegedung walet untuk istirahat pada jam 12.00 siang sampai pukul 15.00.setelah itu burung walet kemudian kembali mencari makanan pada jam 15.00 dan kembali kegedung tempatnya menginap pada jam 18.00.

  • KELEMBABAN DAN SUHU


penyebab burung walet juga terkadang enggan untuk membuat sarang pada lantai satu dikarenakan burung walet tidak menyukai kondisi suhu dan kelembaban pada lantai satu.seperti yang diketahui bahwa parameter kesukaan burung walet pada rumah burung walet yaitu memiliki suhu dikisaran 25 derajat celcius sampai 29 derajat celcius.sedangkan kelembaban yang disukai burung walet yaiitu dikisaran 89% sampai 90%.

cara sederhana untuk menurunkan suhu pada lantai satu yaitu dengan memasang baskom yang di isi air kemudian didalam baskom tersebut diberikan bata merah agar kelembaban dan suhu tetap terjaga.
selain menggunakan baskom yang di isi air anda juga bisa menggunakan kolam yang di isi air sehingga kolam tersebut bisa membuat gedung walet pada lantai satu tetap adem.

selain menggunakan kolam pada rumah burung walet anda juga bisa menggunakan suatu alat yaitu mesin kabut.mesin kabut ini bisa mengeluarkan kabut yang halus sehingga membuaat burung walet merasa nyaman untuk menginap dan membuat sarang pada rumah burung walet.

jika anda menggunakan mesin kabut ada baiknya anda menambahkan parfum walet pada bak mesin kabut,cara ini telah terbukti cepat menginapkan burung walet pada rumah burung walet.

  • PREDATOR

faktor lain penyebab burung walet enggan membuat sarang di lantai satu dikarenakan dilantai satu terdapat predator atau hama pengganggu yang siap mengganngu burung walet.salah satu hama pengganngu yang biasa menggangu burung walet untuk menginap yaitu serangga kecoa.kecoa ini suka memakan sarang burung walet bahkan suka mengganggu anak burung walet yang masih kecil.

selain kecoa hama pengganggu yang paling dibenci para pembudidaya burung walet adalah tikus. tikus merupakan predator yang sangat dibenci karena tikus suka menyerang dan memakan baik burung walet dewasa maupun burung walet yang berusia muda atau biasa disebut dengan piyik burung walet juga biasanya tidak mau turung ke lantai satu untuk membuat sarang dikarenakan biasanya dilantai satu terdapat ular yang siap memakan burung walet.

Cukup sekian artikel yang bisa saya bagikan hari ini semoga bermanfaat untuk anda semua.jangan lupa share 

0 Response to "CARA MENINGKATKAN SARANG BURUNG WALET DI LANTAI SATU"

Posting Komentar