INILAH USIA BURUNG WALET MEMBUAT SARANG

INILAH USIA BURUNG WALET MEMBUAT SARANG

Seringkali www.ilmuwalet.com mendapatkan pertanyaan dari rekan rekan budidaya burung walet baik di forum online mauoun di grup grup facebook pertanyaannya adalah "kenapa digedung saya sudah ON selama tiga bulan,kotoran burung walet sudah menumpuk dimana mana tetapi sarang burung walet atau biasa disebut dengan polesan belum juga muncul di papan sirip rumah burung walet milik saya?"

pertanyaan seperti itu tidak ada salahnya dan pertanyaan seperti itu merupakan hal wajar yang ditanyakan seorang pemula dalam membudidayakan burung walet.

patut kita ketahui bahwa usia burung walet untuk membuat sarang didalam rumah burung walet adalah sekitar 6-7 bulan dari usia penetasan telur tersebut.

burung walet yang berhasil terpancing di rumah burung walet milik kita adalah 90%merupakan burung walet yang usianya masih terbilang cukup muda yaitu burung walet yang masih berusia sekitar 2 bulan,sedangkan 10%dari burung walet yang menginap dirumah burung walet merupakan walet tua yang tersingkir dari koloni karena sudah tidak produktif lagi.

jadi USIA BURUNG WALET MEMBUAT SARANG adalah di usia enam sampai 7bulan.

jadi bagi anda yang sesang membudidayakan burung walet dan di rumah burung walet anda sudah terdapat banyak titik kotoran burung walet maka anda patut bersyukur karena selangkah lagi anda sudah berhasil merumahkan burung walet gedung milik anda.

LANGKAH LANGKAH YANG DILAKUKAN AGAR BURUNG WALET TIDAK PERGI
Langkah langkah yang harus anda lakukan agar burung walet yang telah menginap dirumah burung walet anda tidak pergi adalah
1.BATASI WAKTU KUNJUNGAN
apabila dirumah burung walet milik anda sudah terdapat burung walet yang menginap maka anda di sarankan untuk tidak selalu mengganggu aktifitas burung walet dimalam hari.terkadang ada pemilik gedung tidak sabar dan selalu penasaran dengan aktifitas burung walet yang menginap dirumah burung walet miliknya di malam hari maka hal yang dia lakukan adalah sering masuk ke gedung walet miliknya untuk melihat apa yang dilakukan burung walet apakah sedang membuay sarang atau bagaimana.
hal seperti itu sangat tidak disarankan bagi rumah burung walet yang masih baru.karena dengan seringnya masuk ke gedung walet dimalam hari akan membuat burung walet kaget dan merasa terancam hal tersebut bisa dipastikan burung walet akan pergi dan tidak akan kembali lagi le gedung tersebut.saran jika anda ingin melihat aktifitas burung walet dimalam hari yaitu dengan cara memasang CCTV PANTAU cctv jenis ini harganya cukup murah saja karena CCTV pantau tidak memerlukan alat perekam atau mesin DVR.dipasaran harga CCTV pantau cukup terjangkau yaitu sekitar 500 ribuan saja.

kadang pertanyaan kenapa di video video youtube ada orang masuk didalam rumah burung walet miliknnya membuat video bahkan sang pemilik merokok didalam rumah burung walet tersebut.

jawabannya adalah video yang anda lihat di chanel youtube itu merupakan gedung yang sudah berusia tahunan bahkan ada puluhan.jadi burung walet yang sudah berkembang biak dari anak sampai cucu dan cicit sudah merasa sangat nyaman didalam gedung tersebut walaupun ada sang pemilik masuk kedalam gedung.
gedung yang sudah berusia tahunan bahkan puluhan tahun itu mustahil burung walet tinggalkan hanya karena sang pemilik masuk kegedung itu,hal seperti itu berbeda dengan gedung baru.
jadi jika anda punya gedung baru maka jangan pernah coba coba hal seperti itu.

2.SERANGAN HAMA PENGGANGGU WALET
rumah burung walet baik yang sudah berumur tahunan atau baru terkadang menjadi sasaran predator burung walet.
predator predator pengganggu burung walet seperti
tikus
tikus merupakan hama pengganggu yang paling dibenci para pembudidaya burung walet.hama tikus merupakan hama pengganggu nomor satu yang paling banyak mengganggu burung walet.tikus yang masuk ke rumah burung walet suka memangsa burung walet baik burung walet yang masih muda atau piyik maupun burung walet yang sudah tua.
sadis nya serangan tikus membantai burung walet biasanya membuat burung walet berbondong bondong segera meninggalkan rumah burung walet tempatnya menginap.cara mengatasi tikus yang menyerang rumah burung walet adalah selalu sedia racun tikus yang di sebar didalam rumah burung walet.jadi jika ada tikus masuk kedalam rumah burung walet,makanan yang pertama yang dia makan bukan burung walet tetapi racun tikus yang disebar di lantai rumah burung walet itu.

musuh kedua peternak walet adalah kecoa
kecoa sangat muda dijumpai pada rumah burung walet.kecoa sangat suka makan sarang burung walet dan menyerang anak burung walet yang masih mudah.
cara membasmi kecoa adalah memakai anti hama kecoa yang banyak dijual dipasaran budidaya walet.

hama pengganggu yang ketiga yang membuat burung walet bisa pergi dari gedung walet adalah serangan burung hantu.burung hantu ini sangat suka datang ke rumah burung walet sambil bertengger di pintu masuk rumah burung walet bahkan ada yang berani masuk kedalam rumah burung walet dan menyerang burung walet.
tujuan burung hantu yang masuk kedalam rumah burung walet ini karena burung hantu suka memangsa burung walet.

hal hal yang menyebabkan burung hantu masuk kedalam rumah burung walet adalah kesalahan pemilik gedung seperti membunyikan suara panggil selama 24 jam nonstop.hal ini menyebabkan burung hantu tertarik  masuk kedalam rumah burung walet.cara mengatasi agar burung walet tidak masuk kedalam rumah burung walet adalah membuat lubang pintu masuk burung walet berbentuk segitiga terbali kemudia disisinya dipasang kaca.
cara lain agar burung walet tidak masuk kedalam rumah burung walet adalah memasang lampu kedip pada bagian luar rumah burung walet.dengan memasang lampu kedip maka burung hantu tidak akan masuk kedalam rumah burung walet.

maka dari itu sebelum hal hal yang tidak di inginkan terjadi maka lebih baik mencegah daripada mengobati agar burung walet yang berusia muda tersebut senang tinggal didalam rumah burung walet dan apabila sudah masuk usia produksi burung walet memproduksi sarang yang banyak.

jadi intinya jangan sering masuk kerumah burung walet dimalam hari karena membuat burung walet stress kedua cegah sejak dini serangan serangan hama pengganggu.

itulah tips dan artikel mengenai USIA BURUNG WALET MEMBUAT SARANG.Jangan lupa share.


Belum ada Komentar untuk "INILAH USIA BURUNG WALET MEMBUAT SARANG"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel