CARA MEMBUAT RUMAH SARANG WALET CEPAT HUNI,BIAYA MURAH



Cara Membuat Rumah Sarang Walet Cepat Huni,Biaya Murah

Hallo sahabat ilmuwalet.com terima kasih telah berkunjung di situs ini.

Semoga ilmu anda bertambah setelah membaca artikel artikel dari ilmuwalet.com

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat rumah sarang walet cepat huni,biaya murah

Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis saat ini yang memiliki keuntungan yang cukup pennggiurkan adalah bisnis budidaya sarang walet.

Budidaya burung walet memiliki nilai jual bukan karena kicauan atau dagingnya,melainkan liur atau biasa di sebut dengan saliva.

Saliva merupakan kelenjar liur yang di keluarkan burung walet dari mulutnya.

Saliva ini di bentuk gunanya agar burung walet bisa menyimpan telur dan sebagai wadah tempat mengeram jika masa produksi burung walet telah tiba.

Saliva inilah yang bernilai tinggi karena di percaya sebagai obat dari berbagai macam penyakit.

Sarang burung walet kebanyakan di olah sebagai obat di negara china.

Harga sarang burung walet saat ini adalah senilai 13 juta dan seiring berjalannya waktu selalu naik harganya dan permintaan sarang burung walet siap ekspor pun selalu meningkat.

Pemerintah indonesia selalu memberikan konstribusi dukungan kepada bisnis ini dan menyediakan wadah perusahaan sebagai eksportir sarang burung walet.

Sebelumnya sarang burung walet banyak di temukan di goa goa curam yang dekat dengan laut.

Masyarakat sering mencari di goa dan menjualnnya kepada pengepul sarang burung walet guna menunjang ekonomi keluarga.

Panen sarang burung walet di goa tidak mudah karena beresiko kecelakaan di karenakan medan menuju goa tempat burung walet bersarang sangat berbahaya dan licin.

Namun seiring berkembangnya zaman,membudidayakan walet kini sangat mudah di lakukan karena saat ini banyak pembudidaya walet telah membuat rumah burung walet di dekat tempat tinggalnya.

Banyak pembudidaya walet membuat rumah burung walet baik dari beton maupun dari kayu.

Semenjak masyarakat pembudidaya walet semakin maju dan pintar membuat rumah burung walet,kini harga sarang burung walet dihargai murah dibanding dengah harga sarang burung walet rumahan.

Mengapa sarang burung walet goa di hargai murah karena sarang burung walet goa memilik tekstur sarang yang berlumut dan cenderung kotor.

Sarang yang kotor tersebut di akibatkan kondisi sekitar yang lembab.

Sarang burung walet rumahan di hargai tinggi karena sarang burung walet rumahan memiliki tekstur yang bersih dan putih dibandingkan dengan sarang burung walet goa.

Cara Membuat Rumah Sarang Walet Cepat Huni,Biaya Murah

Membuat rumah sarang walet bukanlah perkara muda karena membuat rumah sarang walet dibutuhkan pengetahuan mengenai rumah sarang walet.

Hal hal yang perlu di perhatikan dalam hal membuat rumah sarang walet adalah:

LOKASI

Pilihlah lokasi yang ada burung waletnya.Cara mengetahui apakah di lokasi yang anda rencanakan buat membangun rumah burung walet memiliki populasi burung walet yang memadai.

Untuk mengetahui apakah di lokasi tersebut memiliki burung walet adalah dengan cara membunyikan rekaman suara cek lokasi.

Anda bisa beli alat cek lokasi via marketplace tokopedia di sini
Paket cek lokasi tersebut meliputi suara rekaman cek lokasi yang tersimpan didalam flashdisk.

Anda juga mendapatkan media player berupa ampli dimana ampli ini di gunakan sebagai media pemutar flashdisk.

Selain mendapatkan suara rekaman cek lokasi dan amplifier maka anda juga mendapatkan speaker sebagai output suara cek lokasi tersebut.

Setelah anda memiliki paket cek lokasi tersebut maka anda bisa segera praktek dengan cara menyambung ampli tersebut baik ke aki motor maupun aki mobil.

Setelah itu colok flashdisk yang berisi suara rekaman cek lokasi. Jangan lupa sambun kabel yang terhubung dengak kabel speaker.

On kan mesin ampli tersebut dan lihat reaksi burung walet yang mendengar suara cek lokasi yang anda nyalakan.
Jika respon burung walet datang banyak maka lokasi tersebut layak untuk anda dirikan bangunan rumah burung walet.

BANGUNAN GEDUNG WALET

membuat rumah sarang walet tidaklah perlu dibentuk seperti goa.Cukup buat bangunan baik yang terbuat dari beton maupun kayu.

Ukuran gedung walet bukanlah suatu ketetapan Akan tetapi semakin luas gedung walet maka semakin susah di tetapkan kelembabannya tetapi kelebihan membuat rumah sarang walet yang besar adalah potensi memiliki penghuni burung yang sangat banyak jika suhu dan kelembaban memenuhi syarat.

Cara agar suhu dan kelembaban bisa normal adalah dengan cara memasang kolam atau mesin kabut didalam rumah burung walet milik anda.

Mesin kabut yang cocok di aplikasikan pada rumah burung walet adalah jenis mesin kabut humidifier tl 5500 ataupun mistmaker

Humidifier type tl 5500 mampu mengcover ruangan hanya 1 lantai saja tetapi jenis mistmaker mampu mengcover gedung hingga 2 lantai.

GUNAKAN CAT PUTIH

Membuat rumah sarang walet tidak boleh memiliki suhu panas karena suhu normal yang di sukai burung walet adalah memiliki suhu antara 27 derajat celcius hingga 30 derajat celcius. Sedangkan kelembaban ideal yang disukai burung walet adalah 80%-90%

Agar rumah sarang walet dingin dan memiliki kelembaban normal yaitu pada bagian dinding luar gedung disarankan di cat menggunakan warna cat yang berwarna putih.

Anda bisa menggunakan cat khusus rumah walet seperti foto di bawah ini.

Mengapa di sarankan menggunakan cat yang berwarna putih karena warna putih tidak menyerap panas dibandingkan dengan cat yang berwarna gelap.

Coba praktekkan menggunakan baju putih dan baju berwarna hitam di terik matahari maka anda bisa membedakan warna apa yang menyerap panas dan warna apa yang tidak menyerap panas.

MENGGUNAKAN STEROFOAM

Membuat rumah sarang walet yang dingin merupakan syarat mutlak agar burung walet cepat menginap.

Agar gedung walet dingin dan sejuk maka anda bisa menggunakan sterofoam atau gabus yang bisa anda pasang pada dinding rumah sarang walet milik anda.

MENGGUNAKAN ALUMINIUM FOIL

Membuat rumah sarang walet bisa juga dingin dengan cara memasang aluminium foil pada bagian bawah atap seng.

Kegunaan memasang aluminium foil ini agar pancaran panas dari atap seng bisa di minimalisir dengan menggunakan aluminium foil.

MENGGUNAKAN PARFUM

Salah satu ritual wajib dalam membuat rumah sarang walet adalah dengan menyemprotkan parfum pada bagian dinding dan lantai rumah burung walet.

Salah satu parfum yang terbukti menginapkan burung walet adalah parfum peransang walet merk walet alami.

Itulah artikel mengenai cara membuat rumah sarang walet cepat huni,biaya murah semoga artikelnya bermanfaat untuk anda dan saya pribadi.
Salam sukses budidaya walet.




Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT RUMAH SARANG WALET CEPAT HUNI,BIAYA MURAH"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel