UKURAN IDEAL GEDUNG WALET,LOKASI WALET DAN ALAT YANG DIBUTUHKAN DALAM BUDIDAYA WALET

UKURAN IDEAL GEDUNG WALET,LOKASI WALET DAN ALAT YANG DIBUTUHKAN DALAM BUDIDAYA WALET

ILMUWALET.COM ukuran gedung walet yang ideal saat ini menjadi pro dan kontra dalam ilmu budidaya burung walet.

Mengapa demikian karena ada gedung walet yang hanya memiliki ukuran 4 x 8 tetapi memiliki populasi sarang burung walet yang sangat banyak dan ada juga gedung walet yang memiliki ukuran yang super besar namun populasi burung walet didalam gedung masih bisa dihitung jari.Tahukah anda bahwa keberhasilan dalam budidaya burung walet bukan dilihat dari besar atau kecilnya suatu gedung.

Keberhasilan dalam membudidayakan burung walet di lihat dari banyaknya burung walet yang masuk kedalam gedung walet dan membuat sarang.Jadi tips dari saya adalah ketika anda ingin membuat atau membangun rumah burung walet.ada baiknya anda melakukan cek lokasi sebelum membuat gedung walet.Anda bisa beli alat cek lokasi walet di Akun facebook PERLENGKAPAN WALET PALU.

Lokasi yang memiliki populasi burung walet yang banyak adalah lokasi dibawah ini
sumber makanan.Makan yang disukai burung walet adalah lalat buah yang beterbangan.Selain lalat buah burung walet juga menyukai laron.laron merupakan makanan kesukaab burung walet.Lokasi yang memiliki populasi laron biasanya terdapat banyak burung walet.

  • PASAR
Jangan heran jika di dekat pasar banyak juga gedung walet di bangun.itu dikarenakan karena di sekitar pasar biasanya terdapat banyak makanan burung walet.

Biasanya didekat pasar banyak beterbangan lalat buah yang berasal dari sisa sisa jualan sayur yang di buang para pedagang.

  • SUNGAI
Burung walet menyukai suasana sejuk.jadi jangan heran kalau biasaya ada yang menemukan sarang burung walet menempel dibawah jembatan.

Selain sejuk burung walet juga dengan mudah mendapatkan makanan di sungai.makanan yang banyak terdapat di sungan adalah larva larva kecil yang sudah terbang.
  • RAWA
Burung walet juga dengan mudah di jumpai mencari makan di sekitar rawa rawa.di rawa rawa juha banyak terdapat sumber makanan burung walet.

  • GOA
Sebelum burung walet banyak dibudidayakan dengsn cara dibuatkan rumah.sarang burung walet pada awalnya di temukan di goa goa.akan tetapi kekurangan sarang walet yang di petik didalam goa adalah memiliki warna yang kotor karena di tumbuhi jamur dan berwarna kusam.Kusamnya sarang burung walet dikarenakan kelembaban didalam goa yang terlalu tinggi.Itulah tempat tempat yang biasanya di sukai banyak burung walet.Selanjutnya berbicara mengenai ukuran gedung walet yang ideal adalah lihatlah kondisi di lokasi tersebut.

Jika di lokasi tersebut banyak terdapat burung walet maka terserah anda apakah mau buat gedung walet yang besar atau pun kecil jadi intinya lihatlah dulu lokasinya apakah layak atau tidak.Setelah anda membulatkam tekad untuk membuat rumah burung walet maka jangan sepelekan alat alat sound yang dibutuhkan dalam budidaya burung walet.Berikut alat alat sound yang diperlukan dalam membudidayakan burung walet beserta harganya.

ALAT DAN HARGA SOUND SYSTEM WALET

  • AMPLIFIER
Amplifier adalah alat yang digunakan sebagai media pemutar suara rekaman walet.di toko alat walet perlengkapan walet palu di banderol dengan harga Rp 700.000 merk piro mw 88.


  • Tweeter panggil
Tweetrr panggil memiliki fungsi sebagai pemanggil burung walet agar masuk kedalam rumah burung walet yang telah di buat.tweeter panggil di pasang di lubang masuk burung walet LMB.tweeter panggil yang digunakan paling umum adalah merk SST68 di facebook perlengkapan walet palu di banderol dengan harga Rp 250.000 per biji.

  • Tweter tarik
Jenis tweeter tarik yang biasa digunakan adalah tweeter merk AUDAX 65.
Pemasangan jenis tweeter ini dipasang pada bagian sudut rumah burung walet pada bagian belakang.tujuannya agar burung walet yang telah berhasil di panggil tweeter panggil bisa berani masuk ke dalam gedung walet pada bagian belakang.namun jika gedung walet tidak terlalu besar maka tidak perlu memakai tweeter tarik.
Di facebook perlengkapan walet palu di banderol dengan harga 35.000 per pcs.


  • Tweeter inap 
Tweeter inap yang paling banyak di pakai pembudidaya burung walet adalah merk audax 61.mengapa pilih audax type 61 karena audax type ini memiliki suara lebih natural dan di sukai burung walet.
Pengaplikasian tweeter jenis ini dipasang pada papan sirip tempat burung walet membuat sarang.
Jarak antar tweeter yang ideal adalah jarak satu meter persegi.
Cara menghitung kebutuhan tweeter inap adalah panjang gedung x lebar gedung di kurangi void.
Contohnya
Panjang gedung 8 meter
Lebar 4 meter
Void antar lantai 2x1=2 pcs tweeter
3 lantai
Jadi 8x4=32 pcs tweeter - 2pcs tweeter =30pcs per lantai
30pcs tweeter x 3 lantai = 90 pcs tweeter inap.
Harga tweeter inap audax 61 di facebook perlengkapan walet palu di hargai Rp 23.000/tweeter.


  • Suara rekaman panggil dan inap walet
Di ibaratkan sebagai SPG di sebuah toko.suara rekaman walet memiliki fungsi sebagai pemanggil burung walet untuk datang dan masuk mencoba gedung walet yang telah di buatkan.
Suara panggil walet yang baik adalah suara panggil walet yang memiliki suara yang jernih sedangkan suara inap yang bagus adalah suara panggil yang dipadukan dengan suara anak burung walet yang biasa di sebut suara piyik walet.di facebook perlengkapan walet palu harga suara panggil dan inap di banderol dengan harga Rp 750.000 dengan harga Rp  750.000 anda mendapatkan 2 pcs flashdisk yang berisi suara rekaman walet.


  • Kabel
Kabel memiliki fungsi sebagai alat menyambungkan tweeter dengan amplifier.
Kebel yang digunakan adalah jenis kabel telpon.
Kabel telpon yang di jual di facebook perlengkapan walet di banderol dengan harga Rp  200.000


  • Klem sadel
Selain menggunakan staples tembak,salah satu alat yang dipakai untuk melekatkan kabel dengan papan sirip adalah klem kabel.klem sadel kabel yang pas sesuai ukuran kabel telepon adalah ukuran 4 mili.kekurangan menggunakan klem sadel di bandingkan dengan staples tembak adalah lambatnya pekerjaan dalam melakukan instalasi.
Sedangkan kekurangan menggunakan staples tembak adalah kadang instalatir kurang hati hati sehingga dapat melukai kabel sehingga putus.
Harga klem sadel di facebook perlenkapan walet palu adalah Rp 10.000 per bungkus isi 50pcs.


  • Charger aki
Gedung walet juga memerlukan charger aki buat mengecas aki.tujuannya adalah agar aki selalu dalam keadaan terisi penuh,jadi ketika terjadi pemadaman listrik aki sudah full menyuplai tengangan ke amplifier jadi amplifier tidak akan OFF ketika terjadi pemadaman listrik.facebook perlengkapan walet palu menjual alat charger aki merk piro dengan harga Rp 350.000


  • Aki
Seperti yang telah di jelaskan di atas.aki memiliki fungsi sebagai listrik cadangan ketika terjadi pemadaman listrik.
Jenis aki yang digunakan adalah jenis aki basah dengan tengagan 40 ampere.
Facebook perlengkapan walet palu menjual aki dengan harga Rp 750.000 per unit.


  • Bazoka panggil
Penggunaan bazoka panggil pada rumah walet bisa digunakan bisa juga tidak.
Apabila gedung walet milik anda lebih rendah dibandingksn dengan gedung tetangga maka penggunaan bazoka panggil di perlukan namun apabila gedung walet anda lebih tinggi maka penggunaan bazoka panggil bisa juga tidak digunakan.
Penggunaan bazoka panggil juga di perlukan buat menarik perhatian burung walet dari jarak jauh.
Jarak jangkauan dari bazoka panggil adalah 1-2km. Jadi cocok jika dipakai menarik perhatian burung walet dari jarak jauh.

  • Hexagonal
Sama halnya dengan tweeter panggil dan bazooka panggil.hexagonal juga berfungsi menarik perhatian burung walet.akan tetapi jarak jangakauan hexagonal tidak sejauh bazooka panggil.kelebihan dari hexagonal adalah memiliki arah panggil dari berbagai arah.
Harga hexagonal dari facebook perlengkapan walet palu adalah Rp 500.000 menggunakan type audax 61.


  • Timer on off suara
Menyalakan suara panggil 24 jam tidak baik untuk gedung walet.selain mengganggu tetangga,suara walet yang nonstop juga memancing burung hantu untuk datang.sedangkan burung hantu meruopakan predator burung walet.facebook perlengkapan walet palu menjual timer dengan harga Rp 250.000

Itulah penjelasan mengenai
Ukuran gedung walet,lokasi kesukaan burung walet dan alat alat sound system rumah burung walet.
Jika anda berminat membeli peralatan gedung walet maka silahkan anda menghubungi facebook perlengkapan walet palu atau langsung saja di nomor whatsapp 0822 9148 8127

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda dalam bisnis budidaya burung walet.jangan lupa share...

Belum ada Komentar untuk "UKURAN IDEAL GEDUNG WALET,LOKASI WALET DAN ALAT YANG DIBUTUHKAN DALAM BUDIDAYA WALET"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel