9 CARA BUDIDAYA WALET RUMAHAN UNTUK PEMULA

9 CARA BUDIDAYA WALET RUMAHAN UNTUK PEMULA
Dari dulu, budidaya walet sudah menjadi rahasia umum yang bisa menghasilkan keuntungan yang banyak. Banyak orang menganggap jika budidaya burung ini identik dengan modal yang besar. Namun  kenyataannya tidak seperti yang di bayangkan. Bisa juga menggunakan biaya yang kecil, namun semuanya tetap harus memenuhi tahap-tahap tertentu yang bisa dibilang gampang-gampang sudah agar budidayanya bisa berhasil.
Nah, pada artikel kali ini akan di bahas mengenai 9 cara budidaya walet. Berikut ini tips dan trik yang bisa dimanfaatkan untuk memulai budidaya walet yang ramah lingkungan.
Mempelajari Ilmu Pembudidayaan Walet
Sebelum memulai bisnis apapun, tentunya Anda harus berbekal kemampuan dalam mengelola bisnis tersebut. Seperti halnya ketika ingin memulai budidaya burung walet. Hal ini sangat perlu agar bisnis tersebut bisa berkembang pesat serta mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.
Membuat Sarang Burung Walet
Salah satu hal terpenting dalam budidaya walet yaitu memperhatikan lokasi tempat tinggal walet itu sendiri. Dalam hal ini, Anda harus membuatkan ruangan kosong untuk sarang burung walet. Ruangan ini nantinya harus bisa menarik para walet untuk bersinggah, sehingga populasi walet akan terbentuk dan bakal membuat sarang dengan air liurnya.
Satu hal lagi yang menjadi bagian utama yaitu rumah walet yang akan dibangun juga harus membuatnya nyaman. Pilihlah lokasi dengan ketinggian 1000 mdpl seperti di daerah sungai, pantai, hingga dataran rendah lain.
Pembibitan Walet
Jika Anda belum memiliki telur walet, Anda bisa membelinya. Umumnya, harga telur burung walet sekitar dua ratus ribuan per tiga puluh butir telur. Harga tersebut bisa saja lebih mahal atau lebih murah sesuai dengan pangsa pasar.
Memberikan Plat Alumunium untuk Sarang
Ketika pembuatan sarang burung walet selesai, berikan modifikasi pada sarangnya dengan memberikan plat-plat aluminium. Hal ini bertujuan sebagai bentuk pengembangan sarang lanjutan yang juga bisa digunakan untuk merawat rumah burung walet dengan lebih baik. Langkah ini bisa anda terapkan ketika berhasil meletakkan beberapa telur pada sarang.
Rutin Membersihkan Kotoran Burung Walet
Kotoran memang identik dengan sesuatu yang tidak berharga. Namun, Anda juga harus membersihkan kotoran burung walet tersebut. Lakukan semua ini dalam jangka waktu tiga minggu sekali atau dua minggu sekali dengan menggunakan alat sekop hingga bersih.
Kotoran burung walet tidak sepenuhnya tidak bermanfaat, kotoran burung walet ini juga bisa digunakan sebagai pupuk.
Membuat Parit
Buatlah semacam parit yang mengelilingi sarang burung walet, hal ini digunakan sebagai media untuk minum burung walet dan mencegah hewan lain yang mencoba untuk mengganggu burung walet yang Anda pelihara. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan burung walet karena sudah aman dari gangguan hewan-hewan yang lain.
Memilih Lokasi Sarang Burung yang Sepi
Dalam memilih lokasi sarang burung walet, sebaiknya Anda memilih lokasi rumah walet yang aman dan tentram. Dengan kata lain, pilihlah lokasi burung walet yang jauh dari kebisingan karena burung walet tidak akan betah jika mendengar suara keras atau bising.
Perawatan Burung Walet
Burung walet yang baru menetas memang masih memiliki kondisi yang lemah. Pastikan Anda tidak mengeluarkan burung walet ini dari mesin tetas kurang lebih 2 sampai dengan 3 hari. karena anak walet yang masih kecil masih belum memiliki bulu yang lebat untuk melindunginya.
Demikian ulasan mengenai 9 cara budidaya walet rumahan untuk pemula. Agar walet bisa memberikan keuntungan yang sangat besar, maka cara budidayanya juga perlu untuk diperhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "9 CARA BUDIDAYA WALET RUMAHAN UNTUK PEMULA"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel