BUDIDAYA WALET JINAK

BUDIDAYA WALLET JINAK
Burung wallet yang gemar berdiam di gua-gua atau di rumah bisa diberi makan setiap saat seperti halnya beternak ayam. Tapi, proses tersebut tidaklah mudah karena membutuhkan ketelatenan yang tinggi untuk Budidaya Walet Jinak. Burung wallet adalah salah satu jenis burung yang ingin dipelihara oleh banyak orang. Karena keuntungan yang bisa didapatkan dari ternak burung ini cukup tinggi.Burung wallet merupakan burung pemakan serangga yang suka terbang dengan cepat. Karena kebiasaannya pergi ke manasaja tersebut membuat burung wallet sangat sulit untuk diternakkan. Bagaimana cara beternak burung wallet? Berikut penjelasannya.

Cara Beternak Burung Wallet
Jika Anda ingin beternak burung wallet, berikut ini beberapa cara beternak burung wallet yang bisa Anda lakukan:

1.      Membuat sarang untuk burung walet
Langkah pertama melakukan Budidaya Walet Jinak adalah dengan cara membuat sarang untuk burung wallet. Tempat tinggal atau sarang yang mendukung perkembangan burung wallet akan memancing burung wallet untuk membuat sarangnya di dalam kandang. Sehingga, Anda harus sangat teliti dalam membuat rumah yang akan digunakan sebagai tempat untuk beternak burung wallet tersebut.

2.      Pembibitan anakan burung wallet
Pilihlah telur burung wallet yang berkualitas baik. Anda bisa membelinya di pasar burung yang menyediakan berbagai macam telur burung wallet. Apabila Anda tidak ingin ke pasar burung atau jika tidak ada pasar burung di daerah sekitarmu, Anda bisa membelinya secara online.

3.      Memberikan plat alumunium pada sarang
Apabila sarang burung wallet sudah selesai dibuat, maka langkah berikutnya adalah memberikan plat-plat alumunium pada sarang sebagai bentuk modifikasi dan pengembangan sarang lanjutan yang dapat digunakan untuk merawat rumah burung wallet dengan lebih baik lagi.

4.      Membersihkan kotoran burung walet
Walaupun kotoran wallet itu berharga dalam perawatan dan ternak burung wallet, namun Anda tetap harus membersihkannya kurang lebih dalam jangka waktu tiga minggu sekali menggunakan alat sekop sampai bersih. Kotoran ini bisa Anda gunakan untuk pembuatan pupuk maupun untuk melumuri rumahan wallet agar burung wallet semakin nyaman tinggal disana karena merasa memiliki banyak koloni.

5.      Mengetahui ciri-ciri burung walet
Anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri burung wallet sebelum memutuskan untuk beternak burung wallet.

6.      Membuatkan satu pintu masuk pada sarangnya
Dalam pembuatan rumah burung wallet, Anda harus membuatkan satu pintu masuk pada sarang burung wallet tersebut untuk memudahkan merawat rumah tersebut. Pastikan terdapat lubang-lubang udara yang ditutup dengan kain jarang atau kain hitam di setiap sisinya kurang lebih 1 meter per satu lubang agar oksigen tetap bisa masuk ke dalamnya.

7.      Membuatkan jendela di atas sarang
Anda juga perlu membuatkan jendela di atas sarangnya agar memudahkan wallet dalam bernafas dan juga menjaga sirkulasi udara di dalam rumah burung tersebut.

8.      Membuat parit keliling di sekitar sarang
Di bagian luar sarang, Anda perlu membuat parit yang mengelilingi sarang burung wallet sebagai media untuk minum burung wallet dan untuk mencegah semut serta hewan lain yang akan mengganggu burung wallet yang Anda pelihara tersebut.

9.      Meletakkan speaker kecil
Membuat suara dari speaker kecil tersebut seperti burung wallet asli merupakancara yang bisa Anda gunakan untuk membuat sarang dan rumahan wallet yang Anda pelihara bisa bernuansa seperti habitat aslinya.

10.  Memilih sarang di tempat yang sepi
Dalam pemilihan lokasi untuk membuat rumah wallet, sebaiknya Anda meletakkannya jauh dari suara bising karena burung wallet bisa tidak betah hingga akhirnya pergi dan mencari sarang yang lain.
Diatas merupakan penjelasan mengenai Budidaya Walet Jinak yang bisa menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat ya.

Belum ada Komentar untuk "BUDIDAYA WALET JINAK"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel