TINGGI ANTAR LANTAI YANG COCOK UNTUK RUMAH BURUNG WALET

TINGGI ANTAR LANTAI YANG COCOK UNTUK RUMAH BURUNG WALET

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tinggi antar lantai yang cocok untuk rumah burung walet itu sebenarnya berapa?2meter,2.5meter,3meter atau lebih tinggi lagi!
Pada artikel kali ini ilmuwalet.com akan membahas juga mengenai kekurangan dan kelebihan tinggi antar lantai rumah burung walet yang direkomendasikan.

Sering sekali ilmuwalet.com mendapat pertanyaan baik secara langsung maupun melalui grup grup yang ada di facebook.Pertaanya yaitu tinggi ideal antar lantai yang cocok untuk rumah burung walet.
Banyak jawaban dan pilihan yang bisa anda pilih ada yang 2meter,2.5meter,3meter bahkan ada yang 5 meter.

Namun kembali kepokok permasalahan seperti judul diatas yaitu TINGGI ANTAR LANTAI YANG COCOK UNTUK RUMAH BURUNG WALET.Menurut ilmuwalet.com bahwa semakin tinggi jarak antar lantai dengan papan sirip maka makin bagus juga hasil sarang yang di produksi burung walet.

Jarak yang longgar antar lantai dengan papan sirip rumah burung walet membuat walet merasa nyaman untuk bermanuver didalam gedung.

Selain itu juga burung walet akan merasa lebih aman untuk membuat sarang di tempat yang tinggi.
Papan sirip yg tinggi dari lantai rumah burung walet membuat burung walet maupun anaknya tidak merasa kaget ketika pemilik gedung masuk mengontrol gedung walet miliknya.

Salah satu penyebab telur terjatuh dari sarang juga diakibatkan rendahnya papan sirip.
Telur jatuh dari sarang karena indukan burung walet kaget dan pada akhirnya indukan walet menendang telur yang sudah dikeluarkan dari dalam perut burung walet.

Jika dipikir secara logika mengapa burung walet lebih menyukai papan sirip yang lebih tinggi adalah contohnya di dalam goa.Didalam goa burung walet lebih menyukai menyimpan sarangnya di tempat yang tunggi karena burung walet merasa nyaman dan aman dari serangan predator yang selalu mengintai.

Selain faktor keamanan burung walet menyukai papan sirip yang tinggi dari lantai karena sirkulasi udara yang masuk kedalam gedung lebih nyaman dan kelembaban gedung dapat teratasi dengan mudahContoh kecilnya rumah tinggal kita jika plafond rumah rendah maka sirkulasi udara tidak bagus segingga membuat kondisi didalam rumah terasa pengap.begitu juga dengan kondisi didalam rumah burung walet.

Papan sirip yang lebih tinggi dari lantai harus dibantu dengan menggunakan mesin embun agar kelembaban didalam rumah burung walet dapat stabil.Jika diwilayah anda airnya berkapur maka rekomendasi Mesin embun yang bagus digunakan didalam rumah walet milik anda adalah mesin embun jenis humidifier jangan menggunakan mist maker karena mesin embun mistmaker akan lebih cepat tersumbat matanya karena menggunakan air yang berkapur.

Selain menggunakan mesin embun didalam rumah burung walet anda juga bisa menggunakan kolam atau baskom yang di isi air sehingga membuat gedung walet terasa sejuk dan lembab.

Lalu apakah gedung walet yang mempunyai ketinggian hanya 2meter antar lantai tidak akan disukai burung walet untuk bersarang?jawabannya adalah TIDAK.burung walet akan tetap bersarang di papan sirip rendah 2 meter akan tetapi tidak sebanyak tinggi antar lantai yang 5 meter.

Selain itu hasil sarang yang memiliki tinggi antar lantai 2 meter akan membuat sarang menjadi keruh Atau berwarna agak kusam tidak mengkilat.Hal tersebut diakibatkan karena uap amoniak dari lantai gedung walet lebih cepat sampai disarang dibandingkan jarak antar lantai 5meter.

Jadi kesimpulannya adalah jarak antar lantai yang lebih tinggi jauh lebih bagus dibandingkan jarak antar lantai yang rendah.
Sekian artikel dari ilmuwalet.com semoga bermanfaat untuk anda jangan lupa share dan bookmark.

Belum ada Komentar untuk "TINGGI ANTAR LANTAI YANG COCOK UNTUK RUMAH BURUNG WALET"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel