RAHASIA PETANI WALET AGAR BURUNG WALET CEPAT MENGINAP DAN BERSARANG


Hallo para sahabat budidaya walet yang senantiasa mencari ilmu tentang bagaimana cara budidaya burung walet agar burung walet cepat menginap dan membuat sarang.

Sarang yang banyak merupakan keinginan kita semua sebagai pembudidaya sarang burung walet.

Menginapkan burung walet di suatu gedung bukanlah  merupakan al yang gampang dilakukan segampang membalikkan telapak tangan.hal ini dikarenakan burung yang ingin kita inapkan di gedung merupakan burung liar.

Burung walet hanya mau menginap dan bersarang pada gedung yang memiliki kriteria sesuai dengan habitatnya aslinya saja.

Adapun rahasia petani walet agar burung walet cepat menginap dan bersarang pada suatu gedung yang telah selesai dibangun akan kita bahas.jadi silahkan anda baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa share di media social yah agar kami semakin bersemangat menulis dan membagikan ilmu mengenai cara budidaya walet.
  •     JENIS SUARA
Jenis suara yang digunakan pada gedung walet merupakan hal penting yang harus diperatikan.

Suara panggil dan inap yang digunakan pada gedung memiliki peran penting diibaratkan suara panggil dan inap merupakan promosi panggilan untuk memanggil burung walet untuk masuk dan menginap didalam ruma burung walet.

Memasang suara  panggil tidak boleh asal asalan.Perhatikan terlebih dahulu wilayah disekitar lokasi RBW teman teman.apabila lokasi rumah burung walet  teman teman berada di sentral  atau terdapat banyak rumah burung walet maka  suara panggil yang cocok digunakan adalah suara panggil yang memiliki karakter suara anakan,jenis suara ini bertujuan untuk menarik anakan untuk pindah kegedung baru milik teman teman.

Sedangkan apabila lokasi rumah burung walet teman teman berada di tengah tengah hutan atau ruma burung walet tunggal maka jenis karakter suara yang cocok digunakan pada gedung tersebut adalah jenis suara yang memiliki karakter suara walet remaja dan suara walet birahi.hal ini tidak lain bertujuan untuk menarik burung walet remaja untuk datang ke gedung teman teman.
  •    SUHU DAN KELEMBABAN
Selain memperhatikan faktor suara ada juga hal yang harus anda perhatikan yaitu suhu dan kelembaban didalam gedung walet milik anda.Suhu dan kelembaban yang normal membuat burung walet cepat datang dan menginap didalam rumah burung walet milik teman teman.

Suhu yang normal untuk rumah burung walet adalah sekitar 27-29 derajat celcius sedangkan kelembaban yang normal yaitu berada di kisarang 80%-90%.Rumah burung walet yang memiliki kelembaban yang rendah bisa membuat burung walet kurang masuk menginap dan apabila ada yang berhasil membuat sarang,maka sarangnya tipis dan keriput.

Teman teman bisa mengetahui suhu dan kelembaban gedung walet milik teman teman dengan menggunakan hygrometer.Alat hygrometer ini bisa anda beli di akun facebook ini

  •   HAMA PENGGANGGU WALET
Tahukah teman teman bahwa burung walet sangat sensitif dengan hama hama pengganggu yang berada didalam rumah burung walet.hama hama pengganggu yang bisa membuat burung walet enggan masuk dan menginap pada rumah burung walet adalah tokek.tokek suka memangsa burung walet baik yang sudah dewasa terlebih burung walet yang masih muda.

Selain tokek ada juga semut sebagai pengganggu burung walet.semut ini suka mengerumuni dan menggigit anak burung walet yang baru menetas.akibat dari gigitan semut tersebut bisa membuat anak burung walet mati dan terjatuh dari sarangnya.jadi dengan kasus seperti itu maka populasi menjadi berkurang.

Selain semut dan tokek,kecoa juga merupakan hama hama pengganggu didalam rumah burung walet.kecoa suka memakan sarang burung walet seingga membuat sarang burung walet menjadi bocor bocor.sarang burung walet yang bocor bisa membuat kaki anak burung walet terperosot di sobekan sarang itu.

Cara saya mengatasi hama hama itu dengan cara menyemprotkan anti hama merk diamond.Anti hama ini bisa juga anda dapatkan di akun facebook ini




  •   PARFUM PEMIKAT BURUNG WALET
Bukan hanya manusia yang suka memakai parfum,sarang burung walet pun memerlukan parfum.

tujuan menggunakan parfum ini adalah agar burung walet teransang untuk menginap dan membuat sarang didalam rumah burung walet.

Parfum rumah burung walet terdapat dua jenis yaitu parfum untuk papan sirip dan parfum untuk bagian dinding rumah burung walet.

Parfum yang biasa saya gunakan untuk papan sirip adalah parfum merk h3n1 parfum ini mempunyai bentuk seperti kemasan pylox spray.

Parfum h3n1 ini biasa saya semprotkan pada sirip sirip yang masih baru.


hal ini saya lakukan karena bau bau kayu yang masih tajam jadi kadang burung walet tidak suka pada aroma papan sirip yang masih baru.

Penggunaan  H3n1 pada papan sirip tidak hanya satukali saja saya gunakan.h3n1 selalu saya gunakan apabila tiba waktu panen.

Parfum h3n1 saya semprotkan dibagian bekas sarang yang dicabut.
Hal itu bertujuan agar burung walet yang kembali tidak merasa stress dengan kehilangan sarang.  

Nah bagi gedung yang masih baru dan burung walet masih enggan masuk kedalam gedung baru tersebut maka ada cara yang sangat ampuh yang biasa saya lakukan adalah dengan cara menyemprot parfum peransang walet merk "WALET ALAMI".



Parfum Walet Alami
Pemesanan Wa 0822 9148 8127
Parfum jenis ini saya aplikasikan pada dinding rumah burung walet.gunanya adalah agar bau bau yang tidak disukai burung walet pada gedung baru tersebut segera hilang.


Parfum h3n1 Dan Merk Walet alami bisa anda dapatkan di toko perlengkapan alat walet atau di akun facebook ini.



Itulah tips dan informasi mengenai rahasia petani walet agar burung walet cepat menginap dan bersarang. silahkan teman teman bagikan jika artikel ini bermanfaat.


2 Komentar untuk "RAHASIA PETANI WALET AGAR BURUNG WALET CEPAT MENGINAP DAN BERSARANG"

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel