MENGATASI BURUNG WALET TIDAK MAU MENGINAP


MENGATASI BURUNG WALET TIDAK MAU MENGINAP


Hallo sahabat ilmu walet yang masih setia membaca artikel artikel dari ilmuwalet.com

Apa kabar anda hari ini semoga sehat dan masih semangat membudidayakan burung walet.
Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara MENGATASI BURUNG WALET TIDAK MAU MENGINAP.

Menginapkan burung walet pada suatu gedung tidaklah muda dilakukan seperti memindahkan ayam potong pada suatu kandang.menginapkan burung walet membutuhkan tehnik dan proses kesabaran.

Banyak petani walet mulai mengutarakan kegalauannya di facebook grup di karenakan gedung walet yang mereka buat tidak segera dimasuki burung dan menginap.

Perasaan khawatir tersebut merupakan hal wajar mengingat investasi  biaya dan tenaga tidak lah murah.terlebih jika sang pemodal menggunakan uang bank.

jadi saya sarankan jangan menggunakan uang bank jika dana anda tidak kuat.

Burung walet tidak mau menginap mempunyai banyak faktor,jadi sebelum membangun rumah burung walet ada baiknya anda belajar banyak tentang cara budidaya walet.faktor faktor yang menyebabkan burung walet tidak mau menginap adalah:
  •  UKURAN IDEAL BANGUNAN

Ukuran ideal rumah burung walet adalah minimal 4 x 8 .dengan luas bangunan seperti itu bisa membuat burung walet nyaman bermanuver didalam rumah burung walet.

ukuran bangunan yang sempit selain menyusahkan burung walet bermanuver didalam rumah burung walet juga membuat anda susah untuk mendapatkan suhu dan kelembaban ideal yang disukai burung walet untuk menginap pada suatu gedung.

Namun ada cara agar ruangan sempit bisa dingin dan kelembaban terjaga yaitu dengan cara melapisi gabus pada dinding dan aluninium foil pada atap bagian bawah seng.

Setelah itu jangan lupa gunakan mesin kabut didalam rumah burung walet agar kelembaban terjaga.

  •  RUMAH BURUNG WALET BERBAU 

Rumah burung walet yang masih baru dan masih berbau semen membuat burung walet lambat untuk menginap.

hal tersebut dikarenakan burung walet tidak menyukao bau semen. Agar cepat menginap maka jangan lupa mengaplikasikan parfum peransang didalam rumah burung walet.

Parfun peransang membuat gedung memiliki aroma gedung koloni.Dengan aroma gedung koloni membuat burung walet beranggapan bahwa gedung tersebut aman dan sudah memiliki koloni.


Salah satu jenis parfum peransang yang terbukti ampuh dan telah kami gunakan adalah parfum peransang walet merk WALET ALAMI.

Foto Perlengkapan Walet Palu.

Parfum peransang tersebut mampu menghilangkan bau semen dengan cepat dan memiliki aroma koloni setelah digunakan didalam gedung.

Parfun merk walet alami diaplikasikan dengan cara menyemprotkan pada bagian dinding dan lantai rumah walet.sedangkan pada bagian papan sirip tempat burung walet bertengger digunakan parfum walet aerosol merk H3n1.

Kedua jenis parfum ini sangat kompatibel digunakan pada rumah burung walet baru.

  • JENIS SUARA PANGGIL DAN INAP

Suara panggil dan inap di ibaratkan sebagai sales promotion yang selalu bekerja setiap hari mengalihkan perhatian burung walet agar masuk melakukan observasi pada bagian dalam gedung.

Jangan anggap remeh dan sembarangan menggunakan suara panggil dan inap pada gedung karena dengan suara panggio dan inap yang bagus membuat burung walet merasa tertarik untuk mencoba masuk kedalam gedung.
  
  • DOA

Setelah berusaha jangan lupa berdoa kepada yang maha kuasa.budidaya burung walet bukanlah usaha instan untuk mengembalikan modal.

Kenapa demikian karena budidaya burung walet memerlukan waktu minimal 1 tahun baru bisa di petik.

Mengapa dibutuhkan waktu 1 tahun alasannya karena selama 1 tahun itu diperlukan waktu untuk menciptakan populasi didalam rumah burung walet.


Itulah Artikel mengenai cara MENGATASI BURUNG WALET TIDAK MAU MENGINAP
semoga artikelnya bermanfaat untuk anda semua.salam sukses

Belum ada Komentar untuk "MENGATASI BURUNG WALET TIDAK MAU MENGINAP"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel