CARA AGAR RUMAH KECIL BISA DIHUNI RIBUAN WALET


CARA AGAR RUMAH KECIL BISA DIHUNI RIBUAN WALET

Bagi para pebisnis burung walet tentunya ingin rumah yang dibuatnya dihuni ribuan walet. Namun hal ini tidaklah mudah dilakukan. Meskipun rumah yang didesain khusus supaya di tempati walet tidak menjamin burung ini mau menempati apalagi jika rumahnya kecil. Nah, berikut ada penjelasan mengenai 5 tips agar walet cepat menginap pada rumah yang Anda sediakan meskipun dengan ukuran yang kecil.

5 Tips Agar Walet Cepat Menginap pada Rumah yang Tersedia

Ada 5 tips agar walet cepat menginap pada rumah yang tersedia sehingga memungkinkan rumah kecil bisa dihuni ribuan walet, antara lain yaitu:
·        Menggunakan Teknik Aromatik Supaya Walet Cepat Menginap 
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memancing burung walet yaitu dengan menggunakan teknik aromatik. Caranya adalah menebarkan aroma walet pada sekitar rumah buatan. Tujuannya agar walet mau menempati rumah kecil yang telah Anda buat tersebut. Aroma yang berasal dari walet ini bisa merangsang indra penciuman burung walet supaya mau menempati rumah yang Anda sediakan. 
Aroma walet bisa membuat burung walet mengira bahwa rumah tersebut juga ditempati oleh banyak burung walet yang lainnya.  Aroma ini juga memiliki fungsi agar burung walet merasa nyaman. Selain itu juga untuk mengurangi rasa takut walet terhadap hewan predator. Aroma walet ini bisa disemprotkan pada dinding serta lantai ataupun nesting plank. 
·        Menambahkan Besek untuk Menarik Perhatian Walet Muda
Biasanya walet muda menyukai suatu tempat yang mudah untuk dihinggapi. Jadi banyak walet akan membuat sarang pada sisi sudut nesting plank ataupun sirip.  Hal ini yang membuat pengusaha walet membuat suatu sirip dengan bentuk melintang dan gampang dilepas ketika walet telah mengalami peningkatan perkembangan.
Pelepasan sirip tersebut salah satu tujuannya yaitu agar kedepannya bisa mendapatkan sarang yang berkualitas. Salah satu cara yang sekarang ini sedang ngetrend yaitu memasang besek yang sudah terbukti ampuh untuk membuat burung walet menjadi cepat menginap. Jenis besek yang dipilih sebaiknya yang telah dioven serta sudah mempunyai aroma walet. Tujuannya yaitu untuk menghindari kerugian karena berjamurnya besek tersebut.
·        Menggunakan Telur Bebek
Cara lainnya untuk membuat burung walet agar mau menempati rumah yang Anda buat yaitu dengan memakai telur bebek. Caranya yaitu bagian putih telur bebek dicampurkan secukupnya dengan air. Lalu diberikan sedikit saja sarang walet kemudian diblender. Setelah itu semprotkan cairan tersebut pada nesting plank, namun jangan sampai bermalam. Penggunaan jumlah telur bebek menyesuaikan dengan luas dari rumah walet Anda.
·        Memberikan Pakan Tambahan
Biasanya rumah burung walet yang baru dibangun mengincar burung walet muda. Salah satu cara untuk memikat walet tersebut yaitu dengan cara menyediakan pakan tambahan. Jenis pakan walet yaitu berupa serangga kecil. Jadi mayoritas peternak memilih untuk menggunakan buah yang dibiarkan membusuk hingga serangga berdatangan nantinya. Selain buah bisa menggunakan jenis pakan tambahan lainnya.
·        Menggunaan Suara Panggilan yang Tepat
Nah, jika Anda membangun suatu rumah kecil atau gedung yang dekat dengan gedung lainnya (telah memiliki populasi walet lumayan), sebaiknya gunakan suara panggil yang bisa memperdengarkan banyak suara dari anak walet. Tujuannya adalah untuk menarik walet muda supaya bersarang pada rumah kecil yang Anda sediakan. Jika ada peningkatan selama 3 bulan, maka bisa Anda lanjutkan. Jika tidak ada perubahan, maka carilah alternatif lainnya.

Demikian penjelasan mengenai 5 tips agar walet cepat menginap pada rumah kecil yang Anda sediakan. Semoga penjelasan tersebut bisa memberikan referensi untuk Anda yang sedang atau ingin menjalankan bisnis walet.


Belum ada Komentar untuk "CARA AGAR RUMAH KECIL BISA DIHUNI RIBUAN WALET"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel