CARA MEMBUAT RUMAH WALET RUMAH


CARA MEMBUAT RUMAH WALET RUMAH

Salah satu bisnis yang digemari masyarakat karena menjanjikan penghasilan cukup besar yaitu bisnis sarang walet. Membudidayakan burung walet tidak sesusah seperti hewan-hewan ternak jenis lain yang pada umumnya memerlukan makanan maupun nutrisi khusus. Hal yang perlu diperhatikan pada budidaya burung walet yaitu mengenai masalah ruangan serta suhu dari rumah walet tersebut.

Meskipun terlihat mudah, namun harus tetap memperhatikan banyak sekali aspek supaya walet menjadi betah serta mampu berkembang biak dengan baik. Berikut ada penjelasan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuat rumah burung walet.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Rumah Burung Walet


Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat rumah burung walet, diantaranya yaitu:

·        Lokasi


Anda harus memastikan bahwa lokasi untuk membangun rumah walet tersebut terdapat populasi walet. Banyak sekali cara untuk mengetahui mengenai hal ini. Salah satunya yaitu dengan membunyikan suara cek lokasi memakai twitter panggil. Jika di kawasan yang Anda pilih sudah ada bangunan walet yang berisi, maka berarti lokasi tersebut tepat.

·        Cat tembok luar

Cat tembok yang dipakai pada luar rumah burung walet juga perlu diperhatikan. Tujuannya yaitu untuk menciptakan suatu suhu ruangan yang stabil dan sesuai dengan habitat asli walet. Jika di wilayah Anda memiliki suhu terlalu panas yaitu di atas 30 derajat celcius, maka sebaiknya tidak mengecat memakai warna hitam. Namun jika di wilayah Anda bersuhu dingin, maka sebaiknya mengecat tembok luar tersebut menggunakan warna hitam.

·        Suhu rumah sarang walet

Suhu di dalam budidaya burung walet yang diperlukan yaitu berupa suhu ruangan. Suhu yang diperlukan oleh burung walet agar bisa hidup normal idealnya yaitu sebesar 27 hingga 29 derajat celcius. Burung walet akan senang bersarang pada rumah yang nyaman. Jadi telur dan air liur yang dihasilkan nantinya akan berkualitas.

·        Ventilasi udara

Pemasangan ventilasi udara sangat penting untuk mengatur suhu yang ada di dalam ruangan. Sebaiknya rumah walet yang berada di dataran rendah memiliki ventilasi yang banyak. Untuk knie pada dataran rendah sebaiknya dipasang di dalam gedung. Sedangkan pada dataran tinggi berada di luar gedung.

·        Dinding dan tata ruang


Agar suhu panas tidak terlalu cepat menyerap di dalam ruangan, sebaiknya cor pada bagian dinding rumah walet dengan tebal. Cara lainnya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memasang aluminium foil di luar rumah walet.

·        Ukuran ruang

Salah satu yang mempengaruhi suhu yaitu ukuran ruang. Sebaiknya desainlah ruangan maksimal dengan ukuran 4 x 4 m (sekat ruang) bagi Anda yang wilayahnya berhawa dingin. Namun sebaiknya desainlah ruangan minimal ukuran sebesar 4 x 8 m (sekat ruang) jika wilayah Anda berhawa panas.

·        Kelembaban ruangan


Tingkat kelembaban ruangan yang ada pada rumah walet harus diperhatikan. Hal ini karena tingkat kelembapan ruangan akan berpengaruh pada kualitas sarang walet nantinya. Tingkat kelembaban yang tepat digunakan pada rumah walet yaitu sekitar 80% hingga 90%.

·        Hujan buatan


Mengenai suhu udara yang ada di dalam ruangan cukup sulit diatur serta distabilkan. Untuk menyiasati hal seperti ini yang perlu dilakukan yaitu membuat hujan buatan pada rumah sarang walet tersebut.  Caranya adalah dengan memasang water sprayer pada ruangan yang sudah terhubung dengan pipa. Ketika udara mulai panas, untuk menurunkan suhu ruangan tersebut maka semprotkan air.

Diatas merupakan penjelasan mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membuat rumah burung walet. Semoga penjelasan tersebut bisa memberikan manfaat untuk Anda dan bisa menambah wawasan mengenai rumah walet.

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT RUMAH WALET RUMAH"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel