HAL PENTING YANG HARUS DIPAHAMI SEBELUM BUDIDAYA WALET


Hal Penting Yang Harus Dipahami Sebelum Budidaya Walet

Berwirausaha dengan melakukan budidaya walet memang cukup menjanjikan untuk dilakukan.

Pasalnya harga jual sarang burung walet sangatlah tinggi sehingga hal ini sangat menguntungkan jika dijual dalam jumlah yang sangat banyak. Namun ternyata untuk memulai budidaya burung walet tidaklah sembarangan.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan diantara lain adalah bagaimana cara membuat burung walet ini betah di sarangnya.

Hal ini dikarenakan burung walet ini adalah hewan yang bebas jadi bisa saja sewaktu-waktu berpindah.
Oleh sebab itu berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum budidaya walet, yaitu :

  • 1.       Tempat Tinggal Walet


Untuk melakukan budidaya walet, biasanya disediakan satu ruangan atau gedung khusus.
Hal ini dikarenakan burung walet biasa hidup di tempat yang gelap dan lembab sehingga tempat tinggalnyapun harus di desain menjadi serapat mungkin.

Oleh sebab itu pembangunan ruangan atau bangunan untuk walet ini harus sangat diperhatikan.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam ruangan tempat tinggal walet ini adalah meminimalisir adanya celah yang bisa membuat cahaya masuk.

Usahakan untuk membuat satu pintu saja untuk Anda agar bisa masuk.jika terdapat lubang-lubang udara pada ruangan, tutuplah dengan kain atau jaring berwarna hitam.

Namun sisakan sedikit celah agar oksigen masih tetap bisa masuk ke dalam ruangan. Selain itu sediakan celah atau lubang di bagian atas bangunan atau ruangan agar burung walet bisa keluar masuk dengan mudah.

Hal lain yang harus ada dalam tempat tinggal walet adalah parit atau kolam air.
Parit atau kolam ini digunakan sebagai sumber air untuk burung walet agar mereka lebioh mudah untuk minum.

Selain itu hal ini juga berfungsi untuk mencegah semut atau serangga lain untuk masuk kedalam gedung dan memakan semua telur burung walet.

  • 2.       Perawatan


Untuk perawatannya sendiri cukup terbilang mudah. Hal yang harus Anda lakukan adalah secara berkala memeriksa parit atau kolam.

Pemeriksaan ini bertujuan agar parit atau kolam tidak sampai surut ataupun kering. Karena hal ini bisa menyebabkan burung walet pergi dari tempatnya.

Parit atau kolam yang surut dan kering akan membuat kondisi di dalam ruangan menjadi panas dan kurang lembab.

Bahkan beberapa peternak walet dengan sengaja menyemprot ruangan dengan air maupun obat untuk memancing walet agar datang ke ruangan tersebut.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah keberadaan hama dari burung walet. Anda harus secara rutin memeriksa apakah ada hewan yang mengancam burung walet atau tidak. 

Hama yang dimiliki burung walet biasanya adalah semut, tikus, tokek, hingga burung-burung predator seperti burung elang.

  • 3.       Makanan


Pada dasarnya burung walet adalah burung yang bebas meskipun dia disediakan gedung untuk tempat tinggal tetapi sifatnya tidak seperti kAndang.

Burung walet masih tetap bisa keluar masuk untuk mencari makanannya sendiri. Namun, untuk lebih memudahkan walet dalam mencari makanan Anda bisa melakukan beberapa hal.

Pertama, Anda bisa membangun gedung yang dekat dngan sumber makanan burung walet.
Tempat yang cukup strategis biasanya adalah tempat yang dekat dengan sumber air dan dekat dengan hutan atau area persawahan.

Dengan begitu, burung walet akan lebih mudah mendapatkan sumber makanan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika Anda ingin memulai budidaya burung walet mulai dari pembuatan tempat tinggal, cara perawatan, hingga makanan burung walet.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam budidaya walet.

Belum ada Komentar untuk "HAL PENTING YANG HARUS DIPAHAMI SEBELUM BUDIDAYA WALET"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel