TIPS MEMBUAT RUMAH WALET HEMAT BIAYA

TIPS MEMBUAT RUMAH WALET HEMAT BIAYA

Menjadi peternak burung walet memanglah memiliki banyak sekali keuntungan. 
Namun, hal ini juga setara dengan jumlah pengeluaran yang dihabiskan untuk memulai bisnis budidaya walet. 

Pada dasarnya, biaya terbesar yang ada dalam budidaya burung walet adalah saat pembuatan bangunan atau ruangan untuk budidaya.

Pasti untuk melakukan pembangunan gedung dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun Anda tidak perlu khawatir, kali ini kami akan memberikan sedikit tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat rumah walet dengan biaya yang sedikit.

Tips yang bisa Anda lakukan antara lain :

  • 1.      Pemilihan Bahan Dinding Bangunan


Salah satu cara dalam menghemat pembangunan gedung untuk budidaya walet adalah pemilihan bahan untuk dinding. 

Jika Anda menggunakan dinding yang terbuat dari bahan beton, cor semen, atau batu bata maka biaya pembangunan akan menjadi sangat mahal karena banyak sekali material yang harus Anda beli.

Namun, Anda bisa menggantinya dengan bahan lain yang lebih ekonomis seperti kayu. Meskipun harganya relatif lebih murah, Anda harus tetap memperhatikan bangunan agar tidak terdapat banyak celah untuk menjaga suhu tetap bagus. 

Selain itu usahakan untuk menjaga agar kayu tidak berjamur, karena hal ini tidak disukai oleh burung walet.

Untuk mendapatkan ketebalan yang sesuai, Anda juga bisa menambahkan atau melapisi kayu dengan styrofoam agar dinding gedung tetap terkesan tebal dan dapat menjaga suhu di dalam ruangan juga.

  • 2.      Pembuatan Kolam Air


Seperti yang kita ketahui jika kolam air adalah bagian yang penting dalam bangunan atau gedung budidaya walet untuk menjaga kelembaban. 

Oleh sebab itu kolam air ini wajib untuk dibuat jika ingin melakukan budidaya walet. Nah, untuk pembuatan kolam air ini biasanya para peternak walet juga memakan biaya yang tidak sedikit.

Maka dari itu, biaya pembuatan kolam ini sebenarnya bisa saja dikurangi. 

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat kolam dengan bahan-bahan yang cukup murah seperti menggunakan plastik yang di pasang dengan kayu saja. 

Sehingga peternak tidak perlu membuat kolam permanen dan menghabiskan banyak biaya.

Namun, meskipun begitu Anda juga harus tetap memperhatikan kolam buatan tersebut. Karena kolam dibuat hanya dari bahan plastik dan kayu, maka kemungkinan kolam akan rusak terbilang cukup besar. 

Oleh sebab itu harus dilakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan kondisi kolam tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

  • 3.      Memanfaatkan Atap Ruangan


Cara ketiga untuk menghemat biaya dalam menyediakan rumah walet adalah dengan memanfaatkan atap rumah. 

Dengan cara ini Anda tidak perlu membeli tanah atau menyewa tanah untuk dibangun rumah walet secara khusus. Cara ini juga lebih memudahkan Anda untuk melakukan perawatan karena jaraknya yang relatif dekat.

Anda hanya perlu membuat kondisi di atap rumah Anda menjadi lebih gelap dan lembab. Selain itu Anda juga bisa menyemprotkan beberapa obat perangsang agar mengundang burung walet untuk datang dan tinggal di atap rumah Anda.

Nah, dengan cara ini Anda bisa melakukan penghematan yang cukup signifikan dalam budidaya burung walet. Penghematan yang Anda lakukan bisa digunakan untuk menekan modal dan mendapatkan keuntungan dengan jumlah yang lebih banyak sehingga pengembalian modal Anda akan lebih cepat.

Itu tadi beberapa cara atau tip dalam membangun rumah walet dengan biaya yang relatif hemat. Semoga informasi yang telah kami ulas dapat membantu Anda yang ingin memulai budidaya burung walet namun tidak memiliki modal yang cukup besar. Anda bisa menggunakan cara-cara diatas sebagai pilihan.




Belum ada Komentar untuk "TIPS MEMBUAT RUMAH WALET HEMAT BIAYA"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel