CARA MEMBUAT RUMAH WALET DARI KAYU


CARA MEMBUAT RUMAH WALET DARI KAYU

Membuat rumah walet dengan bangunan atau gedung khusu yang berbahan batu bata, beton, ataupun cor semen sangatlah membutuhkan banyak biaya. 

Hal ini cukup menghabiskan modal dalam budidaya burung walet. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan kayu sebagai bahannya.

Kayu memang memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan penggunaan batu bata, beton, dan cor. Oleh sebab itu mulai banyak peternak walet yang beralih menggunakan kayu sebagai rumah walet. 

Namun Anda beberapa cara membuat rumah walet dari kayu yang harus diperhatikan, antara lain adalah :

  • 1.      Pastikan Kualitas Kayu Yang Digunakan

Dalam pembuatan rumah walet, penting untuk Anda memperhatikan kualitas kayu yang digunakan. 

Kayu ini harus memiliki ketebalan yang  cukup dan tidak mudah berjamur. Pasalnya, burung walet tidak menyukai tempat yang berjamur dan bisa saja pergi jika tempat yang dihuninya memiliki jamur.

Selain itu perhatikan pula apakah kayu banyak memiliki lubang. Untuk membuat rumah walet yang bagus menggunakan kayu, lebih baik jika Anda menggunakan lempengan kayu yang tidak memiliki lubang. 

Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu yang ada di dalam ruangan agar tidak panas dan tetap lembab.

  • 2.      Sediakan Isolasi Panas Yang Baik

Karena burung walet tidak menyukai tempat yang panas, Anda bisa memasang beberapa bahan yang bisa menyerap panas agar suhu di dalam ruangan tetap sejuk dan lembab. 

Hal biasa dilakukan oleh peternak burung walet adalah dengan memasang styrofoam pada atap rumah untuk menghalau panas atau radiasi matahari agar tidak masuk.

Tak cukup pada atap rumah, styrofoam juga bisa dipasang pada dinding-dinding rumah bagian luar. 

Hal ini bertujuan untuk menghalau panas dari sumber yang lain seperti panas dari api bekas pembakaran di sekitar rumah walet yang bisa membuat suhu di dalam ruangan menjadi lebih panas.

  • 3.      Jaga Kelembaban Rumah Walet

Meskipun menggunakan bahan material dari kayu, Anda tetap perlu memperhatikan kelembaban di dalam ruangan. 

Hal ini dikarenakan kondisi lembab yang ada di dalam ruangan inilah yang nantinya membuat burung walet betah dan terus berdatangan karena mereka merasa seperti berada di habitat aslinya.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yang pertama adalah dengan membuat kolam atau parit di sekitar rumah walet. Namun jangan membuatnya terlalu dekat dengan rumah walet yang terbuat dari kayu karena hal ini bisa merusak kayu dan menurunkan waktu pakai kayu tersebut.

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa menjaga kelembaban di dalam ruangan adalah dengan menyediakan beberapa baskom berisi air di dalam ruangan. Baskom-baskom yang berisi air ini akan dengan mudah menguapkan air sehingga kondisi di dalam ruangan menjadi lebih lembab.

  • 4.      Menggunakan Cat Yang Lebih Gelap

Untuk mendapatkan efek cahaya yang lebih gelap pada rumah walet, Anda juga bisa melakukan pengecatan pada dinding kayu dengan warna yang relatif gelap. 

Hal ini bisa mengundang burung walet dan membuatnya lebih nyaman dan betah tinggal di rumah walet yang Anda buat.

Namun pengecatan ini harus disesuaikan juga dengan suhu yang ada di sekitar rumah agar tidak menambah suhu di dalam ruangan. Jika suhu di sekitar rumah walet cukup panas hindari untuk membrikan cat warna hitam yang bisa meyerap panas.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membangun rumah walet menggunakan bahan kayu. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang ingin memulai usaha budidaya burung walet.

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT RUMAH WALET DARI KAYU"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel