MANFAATKAN KAMAR UNTUK RUMAH WALET


Manfaatkan Kamar Untuk Rumah Walet

Beternak burung walet memang merupakan salah satu usaha yang memakan banyak sekali modal atau biaya. Biaya paling banyak yang dikeluarkan pada budidaya ini adalah biaya untuk pembangunan rumah walet tersendiri. 

Namun, untuk mengurangi modal dan biaya pembangunan Anda tetap bisa melakukan alternatif lain.

Anda bisa memanfaatkan kamar yang ada di rumah sebagai rumah walet. Hal ini cukup terbilang hemat karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk me,beli atau menyewa tanah untuk membangun rumah walet. Untuk membuat rumah walet di dalam kamar, ada beberapa hal yanng harus Anda perhatikan, antara lain adalah :

  • 1.      Perhatikan Letak Kamar


Dalam memilih kamar yang akan digunakan sebagai rumah walet, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. 

Hal yang harus diperhatikan adalah posisi kamar terhadap bangunan-bangunan lain yang ada di sekitar kamar. Usahakan posisi kamar paling tidak sama atau lebih tinggi dibanding bangunan-bangunan lain.

Hal ini dikarenakan jika Anda memilih kamar yang lebih rendah dan letaknya berdempetan dengan bangunan lain, burung walet akan kesulitan untuk mencari lubang masuk ke dalam kamar dan kemungkinan kamar tersebut ditempati oleh burung walet akan sangat kecil.

  • 2.      Carilah Kamar Yang Menghadap Area Kosong


Kamar yang langsung menghadap ke area kosong akan memudahkan burung walet untuk berinteraksi dengan ling,kungan luar. 

Selain itu mobilitas burung walet buntuk mencari makanan juga akan lebih mudah jika dekat dengan area kosong yang bisanya banyak terdapat sumber makanan burung walet.

  • 3.      Ubah Kamar Menjadi Lebih Gelap Dan Lembab


Untuk menjadikan kamar sebagai rumah walet, Anda harus membuat susana di dalamnya menjadi lebih mirip dengan habitat asli burung walet yang gelap dan lembab. 

Anda bisa menutup beberapa sumber cahaya seperti jendela dan ventilasi dengan kain hitam agar cahaya tidak masuk ke dalam ruangan.

Namun, sisakan dua hingga 5 lubang untuk keluar masuknya burung walet ke dalam ruangan dan sebagai ventilsi agar oksigen masih tetap bisa masuk ke dalam ruangan. Sedangkan untuk mendapatkan kondidi ruangan yang lembab Anda bisa melakukan penyemprotan pada dinding ruangan.

Selain itu Anda juga bisa membuat beberapa parit atau kolam disekitar gedung dan juga meletakkan beberapa baskom berisi air di dalam ruangan. Hal ini sangatlah efektif untuk menjaga kondisi ruangan tetap lembab. Anda juga bisa memasang styrofoam sebagai bahan peredam panas supaya ruangan tetap sejuk.

Bahan yang biasa digunakan adalah styrofoam yang banyak dipasang pada atap rumah di atas plafon. Selain itu styrofoam ini juga biasa dipasang pada dinding-dinding bagian luar bangunan agar isolasi panas yang bisa dilakukan menjadi lebih efektif hasilnya.

  • 4.      Pasang Audio Yang Menarik Walet


Untuk menarik agar walet lebih cepat datang dan tinggal di kamar yang Anda ubah sebagai rumah walet, pasang audio yang berupa rekaman suara burung walet. Cara ini terbilang efektif untuk menarik burung walet karena mereka akan merasa seperti berada di dalam habitatnya.

Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah misalnya saja CD dan speaker kecil. Setelah itu Anda hanya tinggal mencari rekaman suara burung walet kemudian memutarnya agar burung walet banyak berdatangan.

Nah, untuk Anda yang tidak memiliki banyak modal untuk budidaya burung walet Anda bisa menggunakan cara-cara diatas agar kamar yang Anda miliki bisa disulap sedemikian rupa menjadi rumah walet. Semoga informasi dalam artikel ini bisa membantu Anda dalam berbudidaya burung walet.


Belum ada Komentar untuk "MANFAATKAN KAMAR UNTUK RUMAH WALET"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel