Mesin Embun Untuk Rumah Walet Wajib Atau Tidak


Mesin Embun Untuk Rumah Walet Wajib Atau Tidak?

Ilmuwalet.com-kelembaban didalam rumah walet dibutuhkan agar sarang walet bisa tebal dan besar.sarang walet yang tebal dan besar bisa dihargai mahal oleh pembeli sarang walet.
Apabila rumah burung walet tidak memiliki kelembaban yang ideal maka burung walet yang masuk kedalam rumah walet yang kita buat kurang berminat.




Banyak cara yang bisa dilakukan para pembudidaya walet agar kelembaban didalam rumah burung walet bisa terpenuhi.
Kelembaban didalam rumah burung walet bisa naik apabila didalam rumah walet kita terdapat kolam atau pengaplikasian mesin embun.
Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai “Mesin embun untuk rumah walet wajib atau tidak?”

Berbicara mengenai penting atau tidaknya mesin embun kita aplikasikan didalam rumah burung walet tidak terlepas dari apakah rumah walet itu butuh kelembaban atau tidak?

Apabila didalam rumah burung walet sudah memiliki kelembaban yang ideal maka kita tidak perlu menggunakan mesin embun didalam rumah burung walet.

Tujuan pemasangan mesin kabut walet tidak lain bertujuan untuk menaikkan kelembaban didalam rumah walet namun apabila rumah walet sudah lembab maka pemasangan tidak perlu dilakukan.
Apabila kelembaban terlalu berlebihan didalam rumah burung walet maka sarang walet didalam rumah walet akan menjadi berwarna kusam.
Selain berdampak pada sarang walet yang berwarna kusam,kelembaban yang berlebihan juga bisa menyebabkan papan sirip didalam rumah walet berjamur.

Maka dari itu disarankan untuk mengukur kelembaban terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli mesin embun.

Cara Membuat Mesin Kabut Walet Di Rumah Walet

Apabila didalam rumah walet milik anda kurang lembab,Selain membeli mesin embun buatan pabrik maka anda juga bisa membuat sendiri mesin kabut walet dirumah walet.anda bisa memanfaatkan nozzle pencucian motor untuk menyemprotkan air didalam rumah walet.
Gunakan pengaturan semprot yang sangat halus agar kondiri rumah walet anda tidak terlalu basah.

Posisi Peletakan Mesin Embun Yang Benar

Apabila anda ingin menggunakan mesin embun didalam rumah burung walet milik anda maka posisi peletakan mesin embun baiknya dipasang pada bagian nesting room atau biasa di sebut ruang inap.

Kelembaban pada area inilah yang dibutuhkan burung walet.anda tidak perlu khawatir dengan suara dengan mesin embun walet yang menyala karena suara inap yang menyala non stop selama 24 jam lebih keras bunyinya dibandingkan suara mesin embun.

Jadwal On OFF Mesin Embun Rumah Walet

Mesin embun yang kita aplikasikan didalam rumah burung walet tidak sertamerta kita nyalakan selama 24 jam nonstop akan tetapi mesin embun hanya menyala dari jam 11.00 siang sampai jam 18.00,berikut ini settingannya:

Mesin embun on dari jam 11.00-15.00
Mesin embun istirahat dari jam 15.00-16.00
Mesin embun kembali on pada jam 16.00- 18.00

Jadi dengan settingan nyala diatas memberika jeda mesin pada jam 15.00 sampai jam 16.00.jadi mesin embun istirahat selama 1 jam.

Dengan settingan seperti diatas bisa membuat mesin embun yang kita gunakan menjadi awet dan tahan lama.

Sekian informasi mengenai Mesin embun untuk rumah walet wajib atau tidak? Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Mesin Embun Untuk Rumah Walet Wajib Atau Tidak"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel