Pentingnya Ventilasi Udara Agar Burung Walet Sehat


Pentingnya Ventilasi Udara Agar Burung Walet Sehat

Ilmuwalet.com-seorang teman bertanya mengenai penyebab kematian anak burung walet terjadi didalam rumah walet miliknya.
Sebenarnya banyak penyebab burung walet bisa mati didalam rumah walet seperti gangguan hama atau terjatuh di kolam pada saat burung walet belajar terbang didalam rumah walet.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pentingnya ventilasi rumah walet agar kesehatan burung walet bisa terjaga.

Ventilasi rumah walet adalah lubang lubang yang terpasang pada dinding rumah walet.tujuan dari pemasangan ventilasi rumah walet tidak lain agar perputaran udara luar dengan udara didalam rumah burung walet bisa terjadi.

Sama halnya dengan manusia,burung walet juga memerlukan udara segar didalam rumah walet tempatnya menetas .
Kesalahan pembudidaya walet adalah salah menerapkan ventilasi udara pada bagian ruangan inap rumah walet.ventilasi rumah walet yang dipasang sangat minim dengan alasan agar kelembaban didalam rumah walet tetap terjaga.sebenarnya cara itu salah karena udara tidak tersirkulasi dengan baik.


Kotoran burung walet yang bercampur air didalam rumah burung walet bisa mengeluarkan aroma amoniak didalam rumah walet yang bisa mengganggu kesehatan anak burung walet bahkan pemiliknya yang rutin melakukan pengontrolan.

Anak burung walet yang berusia 45 hari setelah penetasan sangat memerlukan udara yang segar hingga bisa terbang di luar gedung.
Idealnya pemasangan ventilasi rumah walet bisa menggunakan pipa PVC yang berdiameter 3 inch dan untuk meredam cahaya langsung masuk maka bisa ditambahkan elbow pada ujungnya.
Jarak pemasangan ventilasi rumah walet yaitu jarak 1 meter antar ventilasi.

agar sirkulasi didalam rumah walet lebih segar dan cepat tersirkulasi maka kita bisa menggunakan sebuah alat yaitu berupa exhaust fan agar udara kotor yang ada didalam rumah walet bisa lebih cepat terhisap keluar dan digantikan udara segar via lubang ventilasi.


Udara yang tidak sehat didalam rumah burung walet bisa menyebabkan sarang walet menjadi berwarna keruh karena kelembaban yang kotor.sarang walet yang berwarna keruh di hargai lebih murah dibandingkan sarang walet yang putih bersih.

sekian informasi mengenai Pentingnya Ventilasi Udara Agar Burung Walet Sehat.semoga bermanfaat



Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Ventilasi Udara Agar Burung Walet Sehat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel