Burung Walet Banyak Kehilangan Tempat Tinggal Pasca Gempa kota palu


Ilmuwalet.com-Bencana alam yang memporak porandakan kota palu pada hari jumat tanggasl 28 september 2018 membuat sebagian masyarakat kota palu kehilangan tempat tinggal.

Kota yang yang sebelumnya memiliki pantai indah yaitu pantai teluk palu talise tiba tiba mendatangkan ombak yang sangat ganas menggulung tepi pantai yang didahului oleh gempa bumi,itulah gempa bumi dan tsunami.
Selain gempa bumi dan tsunami ,terjadi pergeseran tanah juga dibeberapa wilayah dimana dinaman likuifaksi.

Sumber Foto : https://duniawalet.co.id

Likuifaksi ini banyak menelan korban jiwa karena tanah bergeser dan banyak bangunan roboh.

bukan hanya manusia yang kehilangan tempat tinggal dan sanak saudara,burung walet pun demikian.banyak burung walet kehilangan tempat tinggak akibat dari bencana alam tersebut.

Selain gedung walet roboh akibat gempa bumi dan likuifaksi,penjarahan juga terjadi dimana mana,bukan hanya minimarket saja yang di jarah tetapi gedung walet pun banyak di jarah pencuri karena pemilik gedung walet tidak menjaga gedung waletnya karena sibuk mencari tempat aman.

Pemilik rumah walet hanya bisa pasrah dengan keadaan.Banyak burung walet bermigrasi atau pindah ke gedung walet yang masih kokoh dan layak huni.

Ada juga pemilik rumah walet hanya bisa pasrah dengan para penjarah sarang walet dan mengatakan silahkan ambil sarangnya yang penting jangan bunuh burungnya.

Banyak Rumah walet yang awalnya hanya memiliki beberapa ekor burung walet saja tiba tiba di datangi ratusan koloni burung walet yang kehilangan tempat tinggal,keadaan seperti ini merupakan hikmah dari bencana alam.

Agar burung walet yang pindah kegedung walet kita maka kita harus selalu menjaga kenyamanan dan keamanan agar burung walet bisa betah menginap dan membuat sarang.

Baca :Terbukti Berhasil Begini Cara Budidaya Burung Walet Yang Benar

Di kota palu minat usaha budidaya walet sempat sepi karena takut masih ada gempa susulan yang bisa saja merobohkan gedung walet.namun akhir akhir ini sudah mulai banyak lagi yang membuat mengingat populasi burung walet di Sulawesi tengah masih banyak.
Semoga dibalik kejadian ini banyak hikmah yang bisa di petik.


Belum ada Komentar untuk " Burung Walet Banyak Kehilangan Tempat Tinggal Pasca Gempa kota palu"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel