Terbukti Berhasil Begini Cara Budidaya Burung Walet Yang Benar

Terbukti Berhasil,Begini Cara Budidaya Burung Walet Yang Benar-
Jauh sebelum banyaknya pembudidaya burung walet membuat rumah walet.habitat burung walet lebih banyak ditemukan di gua gua pinggir pantai.Mengambil sarangnya pun penuh dengan resiko karena melewati tebing tebing yang curam.
Gambar oleh Dr. Georg Wietschorke dari Pixabay 
Namun beberapa tahun terakhir ini banyak orang membudidayakan burung walet dengan cara manipulasi gedung walet agar seperti habitat asli burung walet.


Berikut ini beberapa cara budidaya burung walet yang banyak dilakukan orang yang telah berhasil dalam usaha ini

1.  Cara menentukan lokasi gedung
Ketika kita ingin membuat rumah burung walet maka sangat disarangkan untuk melakukan kegiatan cek lokasi sebelum mendirikan bangunan rumah walet.

anda bisa mendatangi tempat yang kiranya merupakan tempat koloni walet mencari makan.biasanya tempat burung walet mencari makan adalah didaerah pengunungan dimana sumber pakannya masih sangat banyak.

apabila anda sudah menemukan lokasi yang di kehendaki maka anda jangan buru buru memutuskan untuk segera membuat rumah walet namuh anda harus memastikan apakah lokasi tersebut betul betul banyak burung waletnya atau hanya burung seriti yang beterbangan.

Cara menentukan lokasi yang ideal untuk membangun rumah walet bisa menggunakan suara cek lokasi.Anda bisa menggunakan suara cek lokasi yang bisa anda putar menggunakan smartphone anda.

Apabila anda ingin memutar suara cek lokasi mp3 maka anda bisa play melalui video youtube dengan kata kunci “Suara Cek lokasi”.

2.  Membuat gedung
Setelah melakukan cek lokasi maka anda bisa memutuskan untuk segera membangun rumah walet sesuai dengan design umum rumah walet yang telah berhasil.

3.  Menentukan arah LMB yang benar
Membuat rumah walet itu perlu ilmu mengenai posisi LMB yang benar.cara menentukan arah LMB yang benar pada rumah burung walet adalah dengan cara memperhatikan burung walet di sore hari.
Silahkan anda perhatikan burung walet pulangnya dari arah mana.maka posisi LMB yang tepat adalah menyonsong atau menyambut burung walet arah pulangnya dari mana.
Hal ini bertujuan agar burung walet bisa melihat lubang masuk dari kejauhan.

4.  Cara sekat bagian ruang inap
Sekat adalah ruangan yang dihalau menggunakan triplex atau terpal didalam ruangan.

Apabila anda tidak memasang sekat didalam rumah walet milik anda maka cahaya matahari yang masuk dari LMB bisa menembus masuk hingga ruang inap burung walet.hal ini tidak disukai burung walet karena burung walet lebih menyukai tempat remang remang.

5.  Cara mendinginkan ruangan
Burung walet menyukai suhu ruangan yang dingin.burung walet menyukai rumah walet yang sesuai dengan habitat aslinya yaitu di gua.burung walet menyukai suhu antara 28 derajat celcius hingga suhu 29 derajat celcius.

anda bisa memanfaatkan aluminium foil pada bagian bawah atap seng.anda juga bisa Memanfaatkan sterofoam sebagai pelapis dinding dan memanfaatkan paranet sebagai penghalau panas matahari bagian luar gedung.

6.  Cara menaikkan kelembaban ruangan
Burung walet juga menyukai rumah walet yang lembab.rumah walet yang memiliki kelembaban kurang membuat sarang walet menjadi kecil.Kelembaban membuat liur burung walet lebih mudah dikeluarkan dari mulut burung.

Cara menaikkan kelembaban rumah walet adalah dengan cara menggunakan baskom yang di isi air.air tersebut akan menguap dan terciptalah kelembaban didalam rumah walet sehingga burung walet menjadi betah.selain menggunakan baskom,untuk memaksimalkan kelembaban sesuai dengan keinginan burung walet adalah dengan cara menggunakan mesin kabut didalam rumah burung walet.

Baca ArtikelCara Meningkatkan Kelembaban Rumah Walet Agar Sarang Walet Tebal Dan Besar

7.  Cara pemasangan tweeter panggil
Tweeter panggil adalah tweeter yang pada umunya dipasang pada bagian lubang masuk burung walet.tweeter panggil sangat wajib dipasang di rumah walet tujuannya adalah agar burung walet bisa tertarik untuk masuk melakukan adaptasi didalam rumah walet yang telah kita siapkan.
Jenis tweeter yang biasa digunakan untuk rumah walet adalah merk tweeter panggil SST-S68.

Cara pemasangan tweeter panggil adalah dengan cara memasang tweeter panggil sebanyak dua biji pada sisi kanan dan sisi kiri lubang masuk burung walet.
Tujuan pemasangan 2 biji tweeter panggil ini adalah agar maneuver burung untuk masuk kedalam rumah walet lebih stabil.

8.  Cara pemasangan tweeter tarik
Tweeter tarik merupaka tweeter yang di pasang pada bagian dalam rumah walet.jenis tweeter tarik yang biasa digunakan pada rumah walet adalah tweeter tarik type audax 65.
Apabila rumah walet tidak menggunakan tweeter tarik maka burung walet tidak berani mengeksplore atau mengelilingi bagian dalam ruangan inap.

Cara pemasangan tweeter tarik ini adalah dengan cara memasang pada bagian belakan ruangan inap dan posisinya berada sekitar 50 cm dari dasar tweeter inap.

9.  Cara menata sound system ruangan inap
Tweeter inap adalah tweeter yang dipasang pada bagian dalam rumah walet.tweeter inap berfungsi untuk menarik perhatian burung walet untuk menginap di rumah walet.
Pada umumnya tweeter yang digunakan sebagai tweeter inap adalah tweeter merk audax type 61.

Cara menata sound system ruangan inap adalah memasang tweeter inap dengan jarak 1 meter.penataan tweeter inap ini agar burung walet merasa bahwa didalam ruangan inap itu sudah terdapat banyak koloni burung walet.apabila burung walet sudah mendengar suara pancingan koloni didalam rumah walet maka burung walet lebih berani menginap didalam ruangan inap yang telah kita siapkan.

10.  Cara memilih ampli walet
Ampli walet adalah media pemutar suara pancingan rumah walet.
Cara memilih ampli walet yang terbaik digunakan untuk rumah walet adalah ampli yang tidak boros dalam penggunaan listrik.
Beli ampli yang yang suaranya jernih tanpa noise
Beli ampli yang support dengan banyak format audio
Beli ampli yang bisa menggunakan tegangan aki agar bisa tetap bunyi apabila terjadi pemadaman listrik.
pada umumnya ampli walet yang digunakan adalah merk PIRO,Merk LAD,merk Dat dan banyak lagi.

disarankan membawa keluarga atau teman yang mengerti peralatan elektronika ketika anda ingin belanja ampli walet.

11.  Cara panen sarang walet yang benar
Apabila rumah walet anda sudah berhasil dan burung walet sudah bisa di panen.
Anda tidak boleh panen sarang burung walet secara sembarangan.
Apabila anda panen sarang burung walet secara sembarangan maka bisa berakibat populasi didalam rumah walet milik anda tidak bertambah.

hindari panen sarang walet dengan cara merampas sarang karena bisa berakibat burung walet akan stress dan memilih untuk pindah ke gedung tetangga yang siklus panennya lebih sesuai siklus.

Cara panen sarang walet yang benar adalah dengan cara hanya  mengambil sarang walet yang sudah di gunakan untuk menetaskan telur hingga anaknya terbang.

Ada bisa menggunkan alat penanda agar bisa mengetahui yang mana sarang burung walet yang sudah pernah digunakan atau belum.hindari panen sarang walet dengan cara merampas sarang karena bisa berakibat burung walet akan stress dan memilih untuk pindah ke gedung tetangga yang siklus panennya lebih sesui

Itulah beberapa TIPS cara budidaya burung walet yang  benar.semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Terbukti Berhasil Begini Cara Budidaya Burung Walet Yang Benar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel