Cara Meningkatkan Kelembaban Rumah Walet Agar Sarang Walet Tebal Dan Besar


Cara Meningkatkan Kelembaban Rumah Walet Agar Sarang Walet Tebal Dan Besar-Membudidayakan burung walet bukan untuk dinikmati kicauan dan warna burung walet melainkan kita sebagai pembudidaya burung walet membutuhkan sarang walet dari burung yang berliur emas tersebut.Seperti yang kita ketahui bahwa burung walet membuat sarangnya dari kelenjar saliva yang keluar dari mulut burung.
Sumber Foto:markaswalet.com


Sarang walet memiliki nilai jual yang tinggi sehingga membuat banyak orang ingin membudidayakan burung walet.

Namun membudidayakan burung walet tidak semudah menangkarkan burung pada umumnya karena burung walet menyukai rumah yang memiliki suhu dan kelembaban yang ideal.

Suhu dan kelembaban rumah walet sangat berperan penting dalam kesuksesan budidaya.hal tersebut dipengaruhi oleh habitat asli burung walet yang tinggal di gua dengan kondisi suhu yang dingin dan lembab.
Suhu yang dingin dan lembab membuat burung walet betah dan membuat sarang hingga menetaskan anaknya.

kelembaban yang cukup didalam rumah walet membuat sarang yang dihasilkan burung walet menjadi besar dan tebal.

Apabila burung walet membuat sarang walet yang tebal dan besar maka ketika kita panen dan kita ingin menjualnya,maka bisa masuk kategori sarang walet super dengan nilai jual yang tinggi.

Apabila anda ingin mengetahui berapa suhu dan kelembaban didalam rumah walet anda maka anda bisa menggunakan Alat pengukur suhu rumah walet yang bernama hygrometer.hygrometer berfungsi untuk mengukur atau mengidentifikasi suhu dan kelembaban didalam rumah burung walet.

Dengan menggunakan Alat pengukur suhu rumah walet yaitu hygrometer maka anda bisa mendapatkan data mengenai hal hal apa yang diperlukan rumah walet anda dan perlakuan apa selanjutnya yang harus dilakukan agar sarang walet bisa bertambah banyak.

Suhu dan kelembaban ideal rumah walet adalah mempunyai suhu dengan kisaran 28-30 derajat celcius sedangkan Kelembaban rumah walet yang ideal adalah 80%-90%.

Cara menjaga kelembaban rumah walet agar sarang menjadi besar dan tebal adalah dengan cara menutup sebagian ventilasi rumah walet.tujuannya adalah agar kelembaban didalam rumah walet tidak keluar melalui ventilasi rumah walet.maka dari itu janganlah membuat ventilasi rumah walet yang terlalu banyak karena rumah walet juga membutuhkan kelembaban yang ideal agar sarang walet menjadi besar dan tebal.

Namun apabila didalam rumah walet anda memiliki kelembaban yang berlebihan maka anda bisa menyedot kelembaban ruangan dengan cara memasang kipas exhaust fan didalam rumah walet.anda bisa mengkombinasikan mesin exhaust fan dengan timer agar mesin tidak nyala selama 24 jam.

Cara mengatur suhu dan kelembaban rumah walet adalah dengan cara memasang mesin embun didalam rumah walet.

anda juga bisa mengkombinasikan mesin embun rumah walet dengan timer agar mesin embun tidak nyala selama 24 jam non stop.

sekarang ini sudah banyak yang jual timer yang sudah dilengkapi dengan sensor suhu.jadi apabila sensor sudah membaca suhu yang telah di setting maka secara otomatis mesin embun akan mati dengan sendirinya.begitupun sebaliknya,mesin embun akan menyala kembali apabila sensor suhu membaca kondisi suhu didalam ruangan panas.namun disarankan membeli timer sensor suhu yang berkualitas jangan sampai anda membeli timer sensor suhu yang abal abalan nanti anda sendiri yang rugi karena bisa error dan mesin embun bisa nyala nonstop atau sebaliknya mesin embun tidak nyala.

Mesin embun yang nyala nonstop sangat rawan membuat papan sirip rumah walet menjadi berjamur.

Apabila papan sirip berjamur maka sulit untuk burung walet untuk menginap dan membuat sarang didalam rumah walet milik anda.

CARA AGAR SUHU DAN KELEMBABAN DISUKAI BURUNG WALET
Mengapa burung walet menyukai suhu dingin dan lembab karena burung walet pada dasarnya atau sebelum ada yang membudidayakan burung walet,mereka tinggalnya didalam gua yang dingin dan lembab.

Burung walet membutuhkan kelembaban agar kelenjar dari mulut burung yang digunakan untuk membuat sarang tidak cepat kering.

Berikut ini anda bisa memanfaatkan alat ini agar rumah walet disukai burung walet untuk menginap dan membuat sarang.    
   
1.   Menggunakan aluminium Foil

Aluminium foil adalah lapisan alloy yang memiliki kandungan aluminium foil sebanyak 99.4%.aluminium foil banyak digunakan di gedung dengan tujuan untuk menurunkan suhu panas dari hawa atap seng.bagi anda yang sedang membuat rumah burung walet maka anda bisa mempertimbangkan untuk memakai aluminium foil pada rumah walet milik anda agar suhu menjadi sejuk.

2.   Menggunakan sterofoam

Sterofom adalah lapisan butiran gabus yang direkatkan sehingga membentuk seperti kotak atau berbagai macam bentuk.sterofom dalam budidaya burung walet banyak diaplikasikan pada bagian dinding rumah burung walet tujuannya adalah untuk menghalau panas tembok matahari untuk masuk kedalam rumah walet.

3.   Menggunakan paranet

paranet adalah plastic yang berwarna hitam yang diproduksi dengan tujuan membantu petani tanaman agara terik panas matahari tidak langsung kena ke tanaman.
Namun penggunaan paranet juga sudah banyak digunakan pembudidaya rumah burung walet untuk menghalau panas matahari agar tidak langsung ke tembok rumah walet.
Pemasangan paranet di aplikasikan pada bagian dinding luar rumah burung walet.pada bagian dalam paranet bisa disisipkan sterofoam agar hasilnya lebih maksimal.

4.   Menggunakan mesin embun

penggunaan mesin embun pada rumah walet adalah agar didalam rumah walet bisa tercipta kelembaban agar burung walet betah membuat sarang didalam rumah walet kita.

5.   Menggunakan baskom
anda juga bisa menggunakan baskom didalam rumah walet anda yang di isi dengan air.tujuannya adalah agar didalam gedung tercipta kelembaban juga.jangan lupa menutup baskom menggunakan waring.tujuannya adalah agar burung walet tidak masuk kedalam baskom dan mati karena tidak bisa keluar dari dalam air.

Semoga bermanfaat.    

Belum ada Komentar untuk "Cara Meningkatkan Kelembaban Rumah Walet Agar Sarang Walet Tebal Dan Besar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel