10 Jenis Hama Pengganggu Burung Walet Dan Cara Ampuh Mengatasinya


10Jenis Hama Pengganggu Burung Walet Dan Cara Ampuh Mengatasinya-Burung walet adalah burung liar yang terbang atau mulai beraktifitas pada pagi hari hingga sore hari.burung walet akan kembali kegedung tempatnya menginap ketika gelap sudah mulai datang.namun apa yang terjadi apabila di rumah burung walet itu sendiri burung walet tidak merasa aman dan nyaman menginap dikarenakan hama pengganggu.
Sumber Foto : http://ingkarsa.com

Hama didalam rumah burung walet bukan hanya mengganggu saja namun bisa membunuh burung walet didalam rumah walet.akibat dari hama ini bisa membuat burung walet pergi dari gedung milik kita.oleh sebab itu dibutuhkan perawatan agar burung walet tetap merasa nyaman untuk menginap dan membuat sarang didalam rumah walet agar populasi semakin bertambah.  
 
Berikut ini 10 daftar hama hama pengganggu burung walet yang bisa membuat burung walet pergi dan bahkan mati.

1.  TIKUS
Tikus bukan hanya menjadi hewan yang dibenci di lingkungan rumah.akan tetapi tikus juga menjadi musuh atau predator yang merugikan didalam rumah walet.ketika ada celah masuk kedalam rumah walet maka tikus bisa saja memangsa burung walet yang ada didalam gedung.bau pesin dari kencing tikus juga sangat tidak disukai burung walet sehingga burung walet tidak betah menginap didalam rumah walet dan memilih pindah ke gedung yang lebih nyaman.

Cara mengatasi Tikus
Cara mengatasi tikus didalam rumah walet adalah dengan cara menabur racun tikus dilantai.jadi ketika ada tikus masuk maka tikus lebih dahulu tertarik dengan racun tikus sebelum memangsa burung walet.

2.  TOKEK
Tokek didalam rumah burung walet sangat senang memakan telur bahkan anak burung walet yang baru menetas.kerugian yang diakibatkan oleh tokek adalah menurunnya populasi rumah walet karena anak burung walet di makan lebih dahulu.

Cara mengatasi tokek
Cara mengatasi tokek didalam rumah walet adalah dengan cara menyiapkan bamboo yang telah di potong.tokek suka dengan tempat berlubang seperti bamboo.jadi setiap anda masuk kedalam ruangan inap untuk melakukan perawatan maka jangan lupa senter lubang bamboo siapa tahu ada tokek didalam maka anda bisa langsung menutup dan membasmi tokek tersebut.
Selain menggunakan bamboo maka anda juga bisa membuat pembasmi tokek dengan cara membuat tombak tokek.anda bisa membuat tombak tokek yang terbuat dari terali sepeda atau terali motor.dengan menggunakan tombak tokek maka anda bisa membasmi tokek walaupun di tempat yang susah di jangkau tangan.     

3.  CICAK  
Sama halnya dengan tokek.cicak juga suka mengganggu burung walet dan memakan anak burung walet yang baru menetas.

Cara mengatasi cicak
Anda bisa membeli susu kaleng dan mencampurkan susu kental manis tersebut dengan racun.maka dengan cara itu cicak akan meminum susu kental manis itu dicampur dengan racun.

4.  BURUNG HANTU  
Burung hantu beraktifitas dimalam hari dan tertarik dengan suara panggil yang lambat mati.ketika burung hantu sudah menghampiri suara panggil walet maka burung hantu itu akan bertengger di LMB sambil menunggu burung walet yang akan dia sergap.

Cara mengatasi Burung hantu
Cara mengatasi burung hantu pada rumah walet adalah dengan menggunakan lampu blitz.seperti yang kita ketahui bahwa burung hantu tidak suka dengan tempat terang maka dari itu sinar lampu blitz mampu membuat burung hantu menjauh dari rumah walet.

5.  SEMUT 
Semut didalam rumah burung walet suka datang secara berkoloni.semut yang biasa masuk kedalam rumah walet dan mengganggu burung walet adalah semut api dan semut merah.semut ini suka datang bergerombolan mengganggu bahkan membunuh anak burung walet yang belum bisa terbang.

Cara mengatasi semut
Cara mengatasi semut didalam rumah walet adalah dengan cara sering menyemprot racun semut agar semut menjauh.

6.  KELELAWAR 
Burung walet tidak suka hidup berdampingan dengan kelelawar.kelelawa memiliki gaya hidup yang jorok membuat burung walet risih apabila ada kelelawar masuk didalam rumah walet tempatnya menginap.cara tidur kelelawar yang menggelantung kepala dibawah dan jika buang kotoran akan kena plafon dan papan sirip.hal itu membuat aroma yang tidak disukai burung walet.ada juga kelelawar pemakan daging jadi kelelawar mengejar burung walet untuk di santap.

Cara mengatasi Kelelawar
Cara mengatasi kelelawar adalah dengan cara menyedikan raket badminton.jadi apabila anda melihat ada kelelawar tidur di siang hari didalam rumah walet maka persiapkan anda memukul kelelawar tersebut menggunakan raket badminton.

7.  KECOA 
Sama halnya dengan semut.kecoa suka memakan sarang walet sehingga sarang walet menjadi bocor dan tidak sempurna.

Cara mengatasi kecoa
Cara mengatasi kecoa yang masuk kedalam rumah walet adalah dengan cara menyemprotkan anti hama didalam dan diluar gedung.anda juga bisa menggaris kapur barus pada dinding rumah walet.

8.  KUTU BUSUK
Kutu busuk sering menyerang burung walet dengan cara menghisap darah burung walet.apabila darah burung walet berkurang maka burung walet akan loyo dan mati.

Cara mengatasi Kutu busuk
Kutu busuk yang masuk kedalam rumah burung walet bisa di basmi menggunakan semprotan anti hama.

9.  PENCURI      
Dengan sikap serakah pencuri yang masuk kedalam rumah walet bisa membuat burung walet langsung stress dan pergi dari gedung tempat tinggalnya.pencuri yang mendapat kesempatan masuk panen tanpa pamit merampas sarang walet dan membantai anakan burung walet karena sarangnya di ambil.

Cara mengatasi pencuri
Anda bisa mengatasi pencuri menjebol dinding rumah walet anda dengan cara membuat dinding yang tebal dan bagian dalam dilapisi menggunakan plat baja tebal 10 mm. 

10.        PEMILIK GEDUNG
Pemilik gedung juga bisa menjadi hama pengganggu didalam rumah burung walet miliknya sendiri.mengapa demikian?karena kadang ada petani walet pemula selalau mau masuk kedalam rumah walet melihat apakah sudah ada burung yang menginap atau tidak.maka dengan cara itu burung walet merasa terganggu dengan kehadiran orang didalam gedung ketika burung walet sedang ramai ramainya didalam gedung.

Cara mengatasi Pemilik Gedung Tidak Sabar
Masuk kedalam gedung boleh boleh saja namun sebelum masuk kedalam gedung maka pastikan terlebih dahulu apakah didalam rumah walet masih banyak burung walet atau tidak.pastikan selalu mematikan sound system walet sebelum masuk kedalam gedung.
Apabila ingin melakukan perawatan rumah walet maka lakukan pada jam 8.00 sampai jam 10.00 setelah lewat dari jam itu maka anda harus sudah berada diluar gedung karena biasanya burung walet kembali memberi makan anak anak mereka pada jam 12.00 siang.
Apabila ingin melihat kondisi didalam ruangan ketika malam hari maka anda bisa memasanga kamera cctv yang bisa di lihat melalui aplikasi di hp android anda.

               


Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Hama Pengganggu Burung Walet Dan Cara Ampuh Mengatasinya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel