CARA AGAR ANAK BURUNG WALET TETAP KEMBALI KE RUMAH WALET TEMPATNYA MENETAS


CARA AGAR ANAK BURUNG WALET TETAP KEMBALI KE RUMAH WALET TEMPATNYA MENETAS-Anak burung walet yang baru belajar terbang kadang tidak menemukan kembali gedung tempatnya menetas.


jika hal ini terus terjadi pada gedung anda maka lama kelamaan produksi sarang walet hanya begitu begitu saja dan tidak bertambah.

Masalah anak burung walet gagal pulang banyak di alami pembudidaya walet karena ada beberapa penyebab.

nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai hal hal yang membuat burung walet gagal pulang dan cara mengatasinya.

Apabila kasus seperti ini terjadi pada rumah walet anda maka seharusnya anda tidak tinggal diam saja karena anak burung walet yang menetas di gedung walet anda akan pindah ke gedung tetangga yang memiliki rumah walet yang lebih ramah menyambut anak burung walet anda yang masih belia.

PENYEBAB ANAK BURUNG WALET GAGAL PULANG
1.  LMB TERSEMBUNYI
LMB atau lubang masuk burung yang tersembunyi maksudnya adalah gedung walet diapit oleh gedung gedung lainnya yang lebih tinggi.hal ini membuat anakan burung walet yang baru belajar terbang dan sudah terbang jauh gagal melihat lubang masuk burung walet milik anda.

2.  LMB TERHALANG POHON
Penyebab anak burung walet gagal pulang karena pada bagian depan lmb terhalang oleh pohon.hal ini bisa membuat anak burung walet kesulitan melakukan manuver untuk masuk kedalam rumah walet.

3.  LMB BERUKURAN KECIL
Lmb yang berukuran kecil membuat burung walet kesulitan untuk melakukan terbang yang seimbang untuk masuk kedalam rumah walet.

4.  SUARA PANGGIL TIDAK KOMPATIBEL DENGAN SUARA INAP
Suara panggil dan inap tidak kompatibel maksudnya adalah suara panggil dan inap tidak seirama.
Suara panggil tidak ada suara anakan yang sudah biasa didengar anak burung walet semenjak masih didalam telur hingga menetas.
Jadi ketika anak burung walet belajar terbang keluar dan mereka tidak mendengar suara inap seperti waktu masih didalam gedung maka anak burung walet yang belajar tersebut akan nyasar.

5.  HAMA GEDUNG WALET
Hama walet didalam gedung pun menjadi penyebab burung walet pergi dari gedung walet tempatnya menetas.burung walet membutuhkan kenyamanan didalam gedung.

6.  TERLALU BANYAK SEKAT
Sekat yang telalu banyak juga bisa membuat burung walet nyasar kembali.sekat yang terlalu banyak didalam rumah walet membuat burung walet merasa kebingungan ketika mencari posisi atau papan sirip tempatnya menetas.

6 SOLUSI AGAR ANAK BURUNG WALET TETAP KEMBALI KE TEMPATNYA MENETAS
Cara agar burung walet tetap kembali ke gedung tempatnya menetas adalah sebagai berikut.
1.  POSISI LMB GAMPANG TERLIHAT
Agar burung walet yang belajar terbang gampang melihat lubang masuk burung walet milik anda maka pastikan anda membuat lubang masuk burung walet lebih tinggi dari gedung gedung di dekatnya.hal ini membantu burung walet lebih gampang melihat diman letak posisi lubang masuk rumah walet tempatnya menetas.

2.  SINGKIRKAN PENGHALAN BAGIAN DEPAN LMB
Terkadang hal hal yang menghalangi bagian depan lmb membuat burung walet susah melakukan terbang manuver sebelum masuk kedalam rumah walet.biasanya yang menghambat manuver burung adalah pepohonan yang sudah mulai menutupi bagian bagian depan lubang masuk burung walet.solusi mengatasi ini adalah anda bisa menebang pohon yang menghalangi manuver burung.

3.  PERLUAS UKURAN LMB
Ukuran lubang masuk burung juga membuat burung walet tidak merasa nyaman untuk bermanuver masuk kedalam ruang putar.maka dari itu anda bisa memperluas ukuran LMB anda dengan ukuran 50 x 80 cm.

4.  GUNAKAN SUARA PANGGIL DAN INAP YANG KOMPATIBEL
Gunakan suara yang kompatibel.artinya di suara panggil ada juga suara inpanya.apabila di dalam suara panggil itu tidak mengandung suara inap seperti yang dipakai didalam gedung maka anda bisa memasang tweeter inap yang tersambung dengan ampli inap agar burung walet tetap mendengar suara piyik semasa belajar terbang hingga mengenali gedungnya.

5.  RUTIN MENYEMPROT ANTI HAMA
Rutin melakukan penyemprotan hama untuk rumah walet tujuannya adalah agar burung walet terganggu dari gangguan gangguan seperti hama semut dan kecoa.

6.  KURANGI PENGGUNAAN SEKAT
Agar burung walet gampang mengenali tata ruang pada bagian dalam gedung maka anda bisa meminimalisir penggunaan sekat didalam ruangan.

7.  GUNAKAN AROMA
Tehnik aromatic didalam gedung adalah memudahkan anak burung walet untuk mengenali aroma gedung tempatnya menetas.anda bisa menggunakan parfum peransang walet merk walet alami.



Peransang walet alami memiliki aroma seperti aroma koloni.maka dari itu penggunaan peransang walet alami sangat di rekomendasikan untuk rumah walet yang masih baru.bau koloni dari peransang walet alami ampuh menghilangkan bau semen di rumah burung walet yang masih baru.

Kesimpulan dari artikel ini adalah rawatlah gedung rumah walet anda agar hasilnya lebih maksimal.

Konsultan rumah walet anda adalah anda sendiri karena anda bisa melihat prilaku prilaku burung walet yang ada pada gedung walet milik anda.
semoga bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "CARA AGAR ANAK BURUNG WALET TETAP KEMBALI KE RUMAH WALET TEMPATNYA MENETAS"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel