Tips Agar Aki Sound System Rumah Walet Awet Dan Tahan Lama


Tips Agar Aki Sound System Rumah Walet Awet Dan Tahan Lama-Rumah burung walet tidak terlepas dari audio sound system.sound system rumah walet berfungsi untuk memanggil burung walet agar agar burung walet masuk kedalam gedung yang telah kita buat.
Sumber Foto : https://www.accusos.com
sound sytem rumah walet membutuhkan daya listrik agar bisa menyala dan memanggil burung walet,namun apa jadinya apabila terjadi pemadaman listrik di saat burung walet sedang ramai ramainya mau menjelajah bagian dalam rumah burung walet anda.

bisa saja burung walet akan pergi karena sudah tidak bunyi lagi suara panggil dan suara inapnya.ibarat kita menonton pertunjukan tiba tiba mati lampu maka pertunjukan akan bubar.

Maka dari itu dibutuhkan aki sebagai daya cadangan untuk sound system agar burung walet tetap mendengar suara pancingan dari sound system rumah walet.

Berikut kerugian apabila rumah walet anda tidak memiliki aki/baterai cadangan:

1.   Ampli mati ketika terjadi pemadaman listrik PLN
2.   Ampli tidak awet karena hanya mengandalkan listrik pln dimana tegangan dari listrik pln ini tidak menentu voltasenya kadang naik kadang turun.
3.   Burung walet pergi karena sudah tidak mendengar suara pancingan dari tweeter yang terhubung ke ampli walet.
4.   Memory suara menjadi crash.memory yang kita beli dengan mahal karena rusak akibat ampli tiba tiba mati.
5. Komponen ampli Rusak akibat listrik mati nyala.

Oleh sebab itu pentingnya aki sebagai baterai cadangan di rumah walet sangat di perlukan dalam budidaya burung walet.

Namun menyediakan aki didalam rumah walet  sebagai daya cadangan tidak membuat kita tinggal santai setelah memasangnya.perawatan dalam suplai tegangan ini juga di perlukan agar aki tetap awet dan tahan lama.

CARA AGAR AKI TIDAK CEPAT SOAK
1.  GUNAKAN KABEL YANG AKI YANG BESAR
Agar aki dan ampli walet tidak cepat rusak maka disarankan menggunakan kabel yang terhubung ke aki merupakan kabel yang berkualitas artinya kabel memiliki tembaga bagus dan berdiameter besar.hindari menggunakan kabel yang kecil karena bisa membuat kabel terbakar dan resikonya rumah walet anda juga di lalap api.

2.  RUTIN MELAKUKAN CEK LEVEL AIR AKI
Agar aki tetap awet maka kita wajib melakukan pengontrolan air terhadap aki apakah masih di batas level normal atau sudah berkurang.jangan lupa selalu menyediakan air aki tambah di ruang control rumah walet anda agar kita bisa langsung menambah air ke aki apabila air aki sudah berkurang.

3.  MENGGUNAKAN ALAT CHARGER AUTO OFF
Walaupun sebagian ampli sudah dilengkapi dengan cas aki akan tetapi kami tidak menggunakannya karena otomatis kita harus menghubungkan ampli ke listrik PLN.kami selalu menggunakan cas aki yang di rangkai sendiri dengan menggunakan mppt solar charger.jadi dengan cara hanya memanfaatkan daya dari aki maka ampli bisa awet karena daya yang masuk ke ampli lebih stabil dari aki.

Dengan tehnik ini juga bisa membuat aki menjadi awet karena ketika aki sudah di cas maka ampli menyedotnya lagi.jadi dengan cara begitu ada listrik keluar masuk ke aki jadi aki menjadi awet.

4.  MENGGUNAKAN AMPLI WALET TIDAK BOROS LISTRIK
Agar aki bisa awet maka disarangkan membeli ampli yang tidak terlalu boros.dengan memilih ampli yang tidak boros listrik maka adaptor cas aki tidak terlalu bekerja extra untuk mencharger aki.

Kesimpulannya adalah atur jadwal pengontrolan terhadap alat alat soundsytem rumah walet anda agar awet dan tahan lama
Itulah beberapa TIPS AGAR AKI SOUND SYSTEM RUMAH WALET AWET DAN TAHAN.semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Aki Sound System Rumah Walet Awet Dan Tahan Lama"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel