Cara Merawat Rumah Burung Walet Agar Produktif


Cara Merawat Rumah Burung Walet Agar Produktif

ilmuwalet.com-Rumah sarang walet yang telah kita buat juga memerlukan perawatan agar burung walet yang ada didalam rumah walet bisa lebih produktif.
Burung walet yang menginap di rumah walet yang telah kita buat harus menjamin kenyamanan dan keamanan burung walet yang menginap.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips mengenai cara merawat rumah burung walet agar lebih produktif.Berikut ini beberapa hal yang wajib di kontrol pada rumah walet.

1.   Air aki

Apabila ampli walet yang kita gunakan menggunakan aki sebagai baterai cadangan maka wajib kita melakukan pengotrolan kondisi air aki apakah masih cukup atau sudah kurang.

Air aki yang kurang bisa menyebabkan aki menjadi rusak sehingga pada saat listrik PLN sedang padam,aki tidak mampu membackup arus listrik dalam jangka waktu yang lama.Pastikan selalu mengecek kondisi aki setiap bulan.

2.   Kontrol air

Rumah burung walet memerlukan kelembaban agar burung walet merasa nyaman menginap dan membuat sarang didalam rumah walet milik kita.Kelembaban yang kurang bisa membuat sarang walet menjadi kecil dan pecah pecah.

Maka dari itu kita bisa menambahkan baskom atau kolam yang berisi air didalam rumah walet. Disarankan untuk melakukan pengontrolan air pada kolam atau baskom demi terjaganya kelembaban didalam rumah burung walet.

3.   Kontrol tweeter

Burung walet mau masuk kedalam rumah walet milik kita karena adanya suara pancingan didalam rumah walet yaitu berupa tweeter inap yang mengeluarkan  suara koloni palsu.
Apabila tweeter inap banyak bermasalah seperti tidak bunyi didalam rumah walet maka bisa menyebabkan kurang maksimalnya populasi didalam rumah walet.

Maka dari itu disarankan untuk selalu mengecek kondisi tweeter apakah masih bunyi atau putus.apabila rusak maka segera ganti yang baru agar suara koloni palsu didalam rumah walet terdengar merata kembali.

4.   Kontrol hama

Burung walet menyukai rumah walet yang aman dari gangguan.hama yang sering mengganggu rumah walet seperti semut dan kecoa.

semut suka menggigit anak burung walet yang belum bisa terbang hingga mati.sedangkan kecoa suka memakan sarang walet yang menempel pada papan sirip sehingga bisa membuat sarang walet berlubang.

Lubang sarang walet bisa membuat anak burung walet atau telur burung walet jatuh dari sarang,akibatnya populasi burung walet menjadi berkurang.

Oleh sebab itu disarankan melalukan penyemprotan hama pada rumah walet secara rutin yaitu tiap bulan.

5.   Parfum
Burung walet bisa menandari gedung tempatnya menetas dengan menggunakan aroma penciuman.teman teman sering bertanya mengapa anak burung walet banyak pindah kegedung tetangga.

Anak burung walet gagal kembali ke tempatnya menetas karena mendapatkan rumah walet yang memiliki aroma yang lebih meransang penciuman untuk tinggal menginap.

Maka dari itu disarankan untuk melakukan penyemprotan parfum walet setiap habis panen agar burung walet dewasa maupun burung walet muda tidak stress karena sarangnya di ambil.

6.   Mesin embun

Sama halnya dengan penggunaan baskom didalam rumah walet.penggunaan mesin embun didalam rumah walet harus di perhatikan.

Jangan sampai mesin embun rusak atau mengeluarkan suara mesin yang bising yang bisa membuat burung walet terganggu.
Maka dari itu disarankan melakukan pengontrolan kondisi mesin setiap masuk kedalam rumah walet. 

7.   Timer mesin embun

Timer mesin embun berfungsi untuk mengatur waktu on dan off mesin embun.timer yang bermasalah bisa membuat mesin embun tidak menyala atau malahan bisa membuat mesin embun yang terpasang didalam rumah walet menyala terus selama 24 jam non stop.

Fungsi mesin embun adalah agar rumah walet menjadi lembab,namun apa yang terjadi apabila mesin embun menyala terus.

Hal ini bisa membuat kelembaban didalam rumah walet menjadi over dan tumbuh jamur pada papan sirip.papan sirip yang di tumbuhi jamur bisa membuat burung walet kabur.Maka dari itu disarankan melakukan pengontrolan timer mesin embun.


Itulah beberapa tips mengenai Cara Merawat Rumah Burung Walet Agar Produktif.semoga bermanfaat



Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Rumah Burung Walet Agar Produktif"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel