Cara Mengetahui Jumlah Burung Walet Yang Menginap


Cara Mengetahui Jumlah Burung Walet Yang Menginap-Bagi pemula dalam usaha budidaya burung walet,mengetahui apakah didalam rumah burung walet sudah ada burung yang menginap atau belum merupakan seni tersendiri dan betapa senangnya ketika kita melihat ada kotoran burung walet yang menumpuk.
Hand Counter
Sumber Foto : Shutterstock

Nah pada artikel kali ini saya akan membagikan tips kepada anda tentang bagaimana cara mengetahui jumlah burung walet yang menginap didalam rumah burung walet yang masih baru.

Mencari tahu atau mengumpulkan data tentang perkembangan rumah walet memang wajib kita lakukan,apakah rumah walet milik kita sudah sesuai tata ruangnya atau perlu perlakuan khusus tambahan agar burung walet cepat menginap.

Berikut ini cara cara yang pernah dilakukan pembudidaya walet apakah rumah waletnya sudah ada burung walet yang menginap atau belum.

1.  Tehnik Kamuflase

Ada beberapa teman memantau burung walet apakah sudah ada masuk dengan cara menunggu di bagian dalam rumah burung walet tanpa bergerak.jadi beliau berkamuflase didalam rumah walet agar burung walet tidak mengetahui keberadaannya.

Tetapi cara seperti ini tidak benar karena nanti ketika kita sudah mau keluar dari rumah walet,maka burung walet akan kaget dan takut kembali keesokan harinya,dipikir ada mahkluk gaib mungkin…

2.  Tehnik Sound System Off

Cara lain mengetahui apakah burung walet sudah ada yang menginap atau belum yaitu dengan cara mematikan suara inap.cara ini sering di pakai dengan tehnik pendengaran.

Caranya adalah mematikan suara inap pada jam 22.00 malam dan dengarkan suara bagian dalam rumah walet apakah ada suara burung walet yang terbang dan bunyi karena suara inap sound system dimatikan.apabila ada didengar suara burung walet maka bisa di pastikan burung walet sudah ada yang menginap.


namun cara seperti ini kita belum tahu berapa jumlah burung walet yang menginap didalam rumah walet

3.  Memantau kotoran

Cara yang ketiga ini cara yang paling sering dipakai dalam mengetahui perkembangan rumah walet.jadi ketika kita masuk kedalam rumah walet kita mencari titik kotoran.

apabila titik kotoran sudah menumpuk didalam rumah burung walet maka bisa di pastikan burung walet sudah ada yang menginap didalam rumah walet milik kita.


kotoran walet yang selalu segar menandakan burung walet sudah menetap dan tinggal menunggu proses burung walet masuk masa produksi dan membuat sarang.

4.  Memantau Di Pagi Hari

Memantau burung walet yang keluar dari lubang masuk burung walet bisa di lakukan untuk mengetahui apakah sudah ada burung walet atau tidak.

Caranya adalah menunggu burung walet keluar dipagi hari dengan cara memantau  secara langsung.jangan lupa menyediakan hand counter agar anda bisa melihat jumlah burung walet yang keluar dari LMB.

Ketika anda sudah siap menghitung burung walet yang keluar maka dibutuhkan satu orang untuk mematikan ampli walet,sehingga burung walet tidak mendengar suara pancingan dan segera keluar.Maka waktu itulah bisa anda manfaatkan menghitung jumlah burung walet yang menginap dengan bantuan hand counter.

5.  Menggunakan Kamera CCTV

Cara ini yang paling ampuh dan mutakhir mengetahui apakah sudah ada burung walet menginap atau belum.dengan menggunakan kamera cctv yang dipasang didalam rumah burung walet,maka kita bisa menghitung secara langsung jumlah burung walet menempel pada papa sirip.

Anda bisa menonton video youtube saya mengenai “Cara memasang kamera CCTV didalam rumah walet


Saya menggunakan kamera cctv yang bisa di lihat atau di pantau menggunakan smartphone android.kamera cctv yang kami gunakan didalam rumah walet kami bisa berputar hingga 360 derajat.jadi semua posisi didalam rumah walet kami bisa di pantau menggunakan control handphone.

Jadi dengan cara seperti itu saya bisa memantau ruangan inap rumah walet kami dimana pun kami berada menggunakan kamera CCTV.namun penggunaan kamera cctv ini harus memerlukan koneksi internet.

Itulah beberapa Tips mengenai Cara mengetahui jumlah burung walet yang menginap.semoga bermanfaat.
  

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Jumlah Burung Walet Yang Menginap"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel