Cara Membuat Rumah Sarang Walet di Lingkungan Perumahan


Cara membuat rumah sarang walet di lingkungan perumahan -saat ini banyak yang ingin ikut membudidayakan burung walet namun tidak mendapatkan lokasi yang lapang.ada beberapa teman yang memiliki rumah hunian di perumahan namun tidak di tempati.

Mereka meminta pendapat apakah bisa membuat rumah sarang walet di lingkungan perumahan?apakah tidak masalah membuat rumah sarang walet di tempat yang ramai seperti perumahan?menurut saya itu tidak menjadi masalah selama di lingkungan perumahan itu terdapat populasi burung walet.

Cara membuat Rumah Sarang Walet Di lingkungan Perumahan BTN

Apabila anda berniat menjadikan perumahan milik pribadi anda untuk dijadikan rumah sarang walet maka beberapa tips berikut ini bisa menuntun anda untuk mewujudkan impian.

1.   Melakukan cek populasi burung

Sebelum anda memutuskan untuk merenovasi perumahan anda untuk di jadikan rumah burung walet maka disarankan untuk melakukan pengecekan populasi burung walet terlebih dahulu.

Anda bisa membuka youtube dan mencari kata kunci “SUARA CEK LOKASI”anda bisa langsung membunyikan dan melihat apakah ada burung walet yang merespun music suara cek lokasi yang anda play.apabila di tempat perumahan anda betul betul ada populasi burung walet maka perumahan tempat anda layak untuk di jadikan rumah sarang walet.

2.   Struktur bangunan

Rumah sarang walet idealnya memiliki 3 tingkat.agar rumah sarang walet milik anda lebih tinggi daripada rumah tetangga.anda harus memperhatikan struktur bangunan perumahan anda.
Tujuannya agar pada saat tinggi gedung di tambah maka struktur tulang besi mampu menahan beban rumah sarang walet.

3.      Ijin tetangga

Sebelum membuat rumah burung walet ada baiknya anda meminta ijin kepada tetangga mengingat sound system dari alat pemanggil burung walet bisa terdengar sampai tetangga.

Anda harus bisa menjelaskan kepada tetangga perumahan anda bahwa suara panggil burung walet tidak selalu on selama 24 jam.
Suara panggil hanya on dari pukul 05.00 sampai pukul 19.00 malam.

4.   Keamanan

Dimanapun tempat yang ingin di buat rumah sarang walet,keamanan selalu menjadi bahan pertimbangan paling utama.terlebih apabila anda tidak tinggal di lingkungan perumahan tempat anda membuat rumah sarang walet.

Anda bisa menambah alat yaitu kamera CCTV agar anda bisa memantau kondisi rumah sarang walet anda dari jauh.

5.   Ventilasi udara

Jangan lupa menambah ventilasi udara pada rumah sarang walet yang anda buat agar suhu dan sirkulasi udara di dalam gedung bisa berputar.

Sirkulasi udara yang sehat membuat populasi burung walet cepat bertambah karena tingkat kematian anak burung walet yang berkurang.

6.   Membuat ruangan menjadi gelap

Burung walet menyukai ruangan yang gelap karena dengan kondisi yang gelap bisa membuat burung walet merasa nyaman dan aman menginap di rumah burung walet.

Itulah beberapa tips mengenai cara membuat rumah sarang walet di lingkungan perumahan.semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Rumah Sarang Walet di Lingkungan Perumahan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel