Cara Membuat Rumah Sarang Walet Yang Benar Dan Cepat Di Huni

 Rumah Sarang Walet Yang Benar Dan Cepat Di Huni

Rumah sarang walet-Saat ini banyak yang berlomba-lomba membuat rumah burung walet.harga yang terbilang cukup mahal membuat orang banyak membuat rumah burung walet.

Jika dilihat di daerah populasi walet,maka tidak heran kita melihat banyak deretan gedung gedung rumah burung walet.ada yang sudah sukses dan panen banyak dan ada juga yang baru memulai.

Berikut ini beberapa alasan alasan mengapa masyarakat membuat rumah sarang burung walet.

  • Kegiatan Masa Pensiun

Budidaya burung walet bisa menjadi pilihan untuk aktifitas apabila sudah pensiun nantinya.banyak para pegawai negeri sipil sudah mulai menginvestasikan uang nya untuk membeli tanah dan membuat rumah burung walet untuk investasi masa depan.

  • Investasi Hanya Sekali

Investasi budidaya walet hanya sekali saja karena setelah anda membuat rumah burung walet maka tidak banyak lagi biaya biaya yang terlalu besar untuk di keluarkan jadi biaya besar hanya di awal awal saja. 

  • Investasi Sesuai Kemampuan 

Dalam membudidayakan burung walet,membuat rumah sarang burung walet tidaklah harus besar dan membutuhkan biaya yang sangat banyak.

Buatlah rumah sarang walet yang sesuai dengan budget anda.di sarankan untuk tidak mengambil kredit bank karena mengambil kredit bank untuk membangun rumah sarang walet hasilnya tidak berkah karena anda menggunakan cara riba dalam membangun rumah burung walet.

Buatlah rumah burung walet sesuai dengan dana di kantong anda.
anda bisa memanfaatkan ruangan kosong lantai 2 rumah anda apabila rumah tempat tinggal anda ada area kosong yang tidak digunakan pada lantai 2.

  • Perawatan Yang Mudah

Perawatan rumah burung walet yang tidak terlalu rumit,burung walet merupakan type burung yang mandiri sehingga anda tidak perlu repot repot memberikan makanan.anda cukup menyediakan tempat yang aman dan nyaman.

  • Harga Jual Sarang Stabil

Sarang burung walet berbeda dengan jenis komoditi lainnya karena harga dari sarang walet hingga saat ini masih selalu stabil.

  • Mudah Menjual Sarang 

Kemudahan dalam menjual hasil sarang walet lebih gampang,anda cukup menelpon para pembeli sarang walet maka mereka akan datang ke rumah anda karena permintaan dari hasil sarang burung walet ini masih sangat tinggi,jadi anda tidak perlu khawatir mengenai ada atau tidaknya orang yang membeli sarang walet hasil budiddaya anda.

Tips Membuat Rumah Burung Walet Yang Benar

Lokasi Yang Tepat

Sebelum membuat rumah burung walet,maka sangat disarankan untuk melakukan pengecekan lokasi.
Pengecekan lokasi maksudnya adalah mengecek apakah di lokasi yang ingin anda buat rumah burung walet memiliki populasi burung walet atau tidak.anda perlu memutar suara ceklokasi yang bisa anda putar langsung dari channel youtube.

Anda cukup play video yang ada suara cek lokasinya dan silahkan anda perhatikan respon dari burung walet.

Baca Juga : Ciri-Ciri Lokasi Banyak Walet

Apabila suara cek lokasi anda putar dan banyak burung walet menghampiri sumber suara maka bisa di pastikan bahwa lokasi yang anda rencanakan bisa memiliki prospek yang bagus untuk membudidayakan burung walet.anda juga perlu memperhatikan postur tubuh dari burung walet yang datang.

apabila postur tubuh burung walet yang datang memiliki postur tubuh yang besar maka bisa di pastikan bahwa yang datang itu burung walet dewasa dan dan di lokasi tersebut banyak gedung walet melakukan pola panen sistem rampas.lokasi tersebut tidak terlalu bagus untuk budidaya walet karena populasi lambat berkembang.namun sebaliknya apabila di lokasi yang anda putar suara cek lokasi dan burung walet yang datang memiliki postur tubuh kecil maka bisa di pastikan bahwa yang datang itu merupakan burung walet muda dan bisa sangat berpotensial cepat masuk menginap dan membuat sarang di rumah walet yang anda buat.

Ukuran Minimal Rumah Sarang Burung Walet

Ukuran rumah burung tidaklah harus besar dan membutuhkan biaya yang sangat banyak.anda bisa membuat rumah burung walet dengan ukuran minimal 4 x 6. Rumah burung walet yang memiliki ukuran yang sangat besar bisa saja membuat anda kesusahan dalam mendapatkan kelembaban yang ideal didalam rumah burung walet yang anda buat.

Struktur Bangunan Rumah Walet

Struktur bangunan rumah burung walet tidaklah harus menggunakan dinding beton, anda juga bisa membuat rumah burung walet dengan menggunakan dinding kayu atau seng.
Yang perlu anda perhatikan dalam struktur gedung rumah burung walet anda adalah mengulayakan agar rumah burung walet seperti habitat asli burung walet.

Baca juga : Cara Membuat Rumah Sarang Walet di Lingkungan Perumahan

Faktor Faktor Kesuksesan Usaha Budidaya Walet 

Suhu 

Dalam usaha budidaya burung walet,suhu menjadi salah satu faktor penting agar burung walet bisa cepat beradaptasi di rumah burung walet yang baru anda buat.Burung walet menyukai suhu ruangan yang sejuk sesuai dengan habitat asli burung walet di gua gua.

Kelembaban

Kelembaban didalam rumah burung walet diperlukan agar sarang walet yang dihasilkan burung walet bisa tebal dan besar sehingga bisa masuk kategori sarang walet super.
Kelembaban yang ideal didalam rumah burung walet bisa membuat liur yang ada pada mulut burung walet tidak cepat kering ketika burung walet sedang melakukan proses pembuatan sarang.
Tata Ruang Tata ruang didalam rumah burung walet tidaklah harus di buat seperti rumah tinggal.anda bisa membuat rumah burung walet yang bagian dalamnya di poloskan saja tanpa sekat.penggunaan sekat di perlukan apabilan rumah sarang burung walet yang anda buat memiliki ukurang rumah walet yang besar.

Tinggi Antar Lantai

Tinggi antar lantai rumah sarang walet tidaklah boleh terlalu tinggi dan juga tidak boleh terlalu rendah,idealnya tinggi antar lantai adalah 3meter hingga 4 meter jarak antara lantai dengan papan sirip.pengaplikasian tinggi antar lantai yang ideal bertujuan agar manuver burung walet yang masuk kedalam rumah burung walet lebih leluasa terbang dan beradaptasi.

Dinding Gedung

Anda bisa menggunakan dinding gedung rumah walet menggunakan kayu atau seng,untuk lebih amannya maka anda juga bisa menggunakan dinding tembok agar rumah walet milik anda lebih aman dari tangan tangan jahil dan tidak bertanggung jawab.agar dinding rumah burung walet lebih maksimal maka anda bisa melapis dinding rumah walet anda menggunakan sterofoam,tujuannya agar suhu panas tidak masuk kedalam ruangan inap rumah walet anda.

Papan Sirip

Pemilihan papan sirip yang berkualitas harus anda lakukan agar anda tidak galau dalam membudidayakan burung walet.
Banyak pembudidaya walet memiliki rumah walet yang gagal di hinggapi burung walet karena papan sirip yang digunakan ditumbuhi jamur.
Maka dari itu pemilihan kayu papan sirip yang berkualitas dan kering sangat di anjurkan agar ketika didalam rumah walet yang memiliki kondisi ruangan yang lembab papan sirip rumah walet anda tidak di tumbuhi jamur.

Baca juga : CARA MENGATASI JAMUR PADA PAPAN SIRIP RUMAH BURUNG WALET

Suara Walet

Banyak yang beranggapan bahwa suara waletlah yang memiliki peran penting dalam membudidayakan burung walet,oleh sebab itu banyak pembudidaya walet pemula berburu suara walet di media internet.

padahal sebenarnya semua point point di atas juga penting semua dan saling berkaitan.percuma suara walet memiliki kualitas dan harga mahal pun tidak menjamin gedung akan berhasil tanpa faktor faktor lainnya yang saling mendukung.suara walet merupakan pendukung terakhir dalam budidaya walet dan juga dibutuhkan untuk saling melengkapi.

Baca juga : Cara Memilih Suara Walet Yang Respon Dan Berkualitas


Tata Letak Tweeter

Penempatan posisi posisi tweeter yang tepat juga menjadi penunjang keberhasilan dalam membudidayakan burung walet,ada beberapa tweeter yang digunakan dalam membudidayakan burung walet seperti tweeter hexagonal,tweeter panggil,tweeter tarik dan tweeter inap.Tweeter hexagonal di pasang pada bagian atas rumah monyet.
Tweeter panggil di pasang pada bagian lubang masuk burung walet atau biasa disebut dengan LMB.
Tweeter tarik di pasang pada bagian dalam rumah walet dan posisinya pada bagian belakang ruang inap dan diturunkan setinggi 15 cm dari papan sirip.Tweeter inap di pasang pada bagian ruangan inap dan dipasang dengan jarak 1 meter antar tweeter.

Sekat Ruangan

Penggunaan sekat di rumah walet diperlukan apabila rumah walet memiliki ukuran yang besar.tujuan pemasangan sekat agar burung walet bisa cepat menginap di rumah walet karena suara antar sesamanya berdekatan.hal itu dilakukan burung walet karena burung walet merupakan type burung yang hidup berkelompok. 

Lubang Masuk Burung

Dalam menentukan posisi lubang masuk burung (LMB) maka anda disarankan untuk memasang posisi LMB pada sisi menyonsong burung walet pulang dari mencari makan.

Anda bisa menentukan posisi LMB dengan memperhatikan burung walet di sore hari pulang nya dari arah mana.cara ini di terapkan apabila rumah walet anda berada pada posisi jalur lintasan burung walet.

Cat Tembok Luar Gedung

Selain mempercantik warna gedung,warna cerah seperti warna putih bisa membuat gedung tidak terlalu menyerap hawa panas matahari.tidak di sarankan menggunakan warna yang gelap seperti warna hitam dan abu abu karena warna gelap menyerap hawa panas.

Ventilasi udara

Ventilasi udara bisa di aplikasikan pada rumah walet agar sirkulasi udara didalam rumah walet bisa menghasilkan udara yang sehat.anak burung walet berusia 45 hari juga memerlukan udara sehat.udara sehat yang tersirkulasi didalam rumah walet bisa menekan angka kematian anak burung.

Baca juga : 


Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan apabila anda ingin membuat rumah sarang burung walet.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Rumah Sarang Walet Yang Benar Dan Cepat Di Huni"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel