Cara Membuat Rumah walet Dingin Dan Lembab Disukai Burung Walet

Rumah Walet Dingin Dan Lembab
Dalam membudidayakan burung walet,membuat rumah walet senyaman mungkin bisa mebuat rumah walet yang kita buat cepat di huni burung walet.

Rumah walet yang di buat haruslah memiki suhu dan kelembaban yang ideal sesuai seperti habitat asli dari burung walet.
Rumah walet yang memiliki suhu panas bisa membuat burung walet tidak betah menginap karena hawa yang panas didalam rumah walet.

Kelembaban yang kurang bisa membuat burung walet sulit mengeluarkan liur dari mulutnya karena kondisi ruangan yang kering.kondisi ruangan yang kering juga bisa menyebabkan proses perkembangan embrio telur menjadi gagal.

Oleh sebab itu perlunya suhu dan kelembaban yang ideal pada rumah walet memiliki peran paling utama agar burung walet bisa berkembang biak dengan baik di dalam rumah walet milik Anda.

Suhu dan kelembaban yang ideal pada rumah burung walet adalah memiliki suhu 28 derajat celcius hingga 30 derajat celcius.
Sedangkan kelembaban yang ideal pada rumah walet yaitu memiliki kelembaban antara 80%-95%.

Suhu dan kelembaban yang ideal pada rumah burung walet tidak membutuhkan waktu yang lama untuk burung walet melakukan adapatasi.

Bagi pembudidaya walet yang sudah senior dan sudah memiliki banyak pengalaman pastinya memiliki kiat kiat khusus agar rumah walet miliknya bisa memiliki suhu dan kelembaban yang ideal.

Cara Membuat Rumah Walet Dingin Dan Lembab

  • DINDING GEDUNG TEBAL

Dinding rumah walet menyerap hawa panas matahari di siang hari.oleh sebab itu penggunaan dinding rumah walet yang tebal bisa menekan penyerapan hawa panas pada bagian dalam rumah walet.
disarankan menggunakan bata merah karena bata merah tidak terlalu menyerap hawa panas,jangan lupa plaster pada bagian sisi luar dan sisi dalam rumah walet Anda.

  • CAT DINDING

Agar rumah walet dingin maka penggunaan warna cat yang gelap tidak di sarankan karena warna gelap bisa menyerap hawa panas matahari.disarankan menggunakan cat yang berwarna cerah seperti warna putih,warna putih di percaya tidak menyerap hawa panas.

Agar lebih maksimal maka gunakan cat merek No drop agar dinding luar tidak mudah retak rambut yang bisa menyebabkan air hujan menyerap dan berlumut.

  • VENTILASI UDARA

Ventilasi pada rumah walet bisa membuat rumah walet menjadi sejuk dan dingin.pengaplikasian ventilasi pada rumah walet bisa membuat sirkulasi udara didalam rumah walet bisa lebih sehat.anak burung walet pada usia 45 hari belum bisa terbang membutuhkan udara segar yang didalam rumah walet.
Udara yang tersirkulasi didalam rumah walet bisa membuat burung walet lebih sehat dan populasi semakin banyak bertambah.

  • MENGGUNAKAN PARANET

Paranet merupakan anyaman dari plastik.sebelum paranet difungsikan sebagai penghalau panas matahari pada rumah walet,sebenarnya paranet digunakan pada budidaya pembibitan tanaman.

fungsi paranet adalah mampu menghalau terik panas matahari agar tidak langsung mengenai objek yang ingin dilindungi dari terik panas matahari.

Penggunaan paranet pada rumah walet yaitu dipasang pada bagian dinding rumah walet di bagian sisi barat dan timur.

Pemasangan paranet pada bagian sisi barat dan timur tujuannya agar matahari yang terbit dari arah timur dan tenggelam pada arah barat bisa melindungi rumah walet dari teriknya panas matahari.

  • MENGGUNAKAN STEROFOAM

Penggunaan sterofoam pada bagian dalam juga bisa menjaga kelembaban tetap stabil dan menghalau hawa panas dari dinding rumah walet.sterofoam yang digunakan pada rumah walet adalah sterofoam tipe lembaran.ada 3 ukuran sterofoam yang paling sering digunakan para pembudidaya burung walet adalah ukuran 2cm,3cm hingga ukuran 5 cm.

  • MENGGUNAKAN ALUMINIUM FOIL

Penggunaan aluminium foil pada rumah walet juga bisa membuat rumah burung walet menjadi sejuk dan lembab.pemasangan aluminium foil pada rumah walet di aplikasikan pada bagian bawah atap seng rumah walet.jenis aluminium foil yang digunakan pada rumah walet adalah jenis aluminium foil type buble.

1 rol aluminium foil memiliki tinggi 120 cm dan memiliki panjang 25 meter dan biasanya dijual dengan harga 750.000 per rol.

  • MENGGUNAKAN MESIN EMBUN

Agar kelembaban bisa naik pada rumah walet,maka penggunaan mesin embun juga sangat diperlukan terlebih apabila di lokasi rumah walet yang kita buat jarang hujan.mesin embun yang dioperasikan di dalam rumah walet bisa menaikkan kelembaban sehingga burung walet lebih nyaman mengeluarkan liur dari mulut,kelembaban juga bisa menekan kematian embrio pada telur walet.

  • MENGGUNAKAN KOLAM

Kolam juga bisa meningkatkan kelembaban namun penggunaan kolam pada rumah walet bisa menjadi masalah apabila tidak dikelola dengan baik.
apabila Anda memakai kolam pada rumah walet maka jangan lupa menutup bagian atas kolam yang ada pada bagian dalam rumah walet Anda karena bisa saja anak burung walet yang baru belajar terbang dan jatuh di dalam kolam yang bisa menyebakan rumah walet Anda menjadi berbau busuk.

  • MENGGUNAKAN BASKOM

Anda juga bisa menggunakan baskom pada rumah walet agar rumah walet memiliki suhu dan kelembaban yang ideal.penggunaan baskom baiknya di letakkan pada bagian bawah lubang ventilasi rumah walet agar ketika ada angin yang berhembus masuk ke pila ventilasi,maka udara tersebut meniup air yang telah di isi di baskom.

  • MEMBUAT HUJAN BUATAN

Apabila lokasi Anda memiliki curah hujan yang rendah,pembuatan hujan buatan bisa menjadi solusi agar rumah walet menjadi sejuk dan lembab.anda bisa menggunakan nozzle yang dipasang pada bagian atas atap rumah walet.penggunaan nozzle bisa di kombinasikan dengan timer agar mesin hanya menyala di siang hari saja.

  • MENGGUNAKAN KIPAS ANGIN

Kipas angin yang diarahkan ke kolam yang berisi air bisa membuat rumah walet menjadi dingin dan kelembaban cepat naik.jadi penggunaan kipas pada rumah walet milik Anda bisa membuat rumah walet menjadi dingin dan lembab.

  • MENGGUNAKAN EXHAUST FAN

Agar udara didalam rumah walet cepat tersirkulasi maka penggunan mesin exhaustfan bisa menjadi solusi selain lubang ventilasi.dengan menggunakan exhaust fan,maka udara didalam rumah walet lebih sehat dan baik untuk pemilik gedung ketika melakukan pengontrolan.

sekian informasi mengenai Cara membuat rumah walet dingin dan lembab.semoga bermanfaat




Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Rumah walet Dingin Dan Lembab Disukai Burung Walet"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel