Rumah Walet Menggunakan Air conditioner (AC)


Mendinginkan rumah walet menggunakan air contioner (AC)-banyak teman yang bertanya mengenai apakah bisa kita gunakan air contioner (AC) di rumah walet agar rumah walet yang kita buat menjadi sejuk.
 
Pertanyaan seperti itu sangat sering di tanyakan dari pemula.memang seperti yang kita ketahui bahwa Air conditioner (AC) memang mampu mendinginkan ruangan.namun penggunaan Air conditioner (AC) didalam rumah burung walet tidak di sarankan dari dulu.

Rumah burung walet memerlukan suhu dan kelembaban yang ideal agar kondisi didalam rumah walet bisa sesuai dengan habitat asli burung walet.

Suhu yang ideal rumah burung walet adalah berkisar antara 28 derajat celcius hingga 30 derajat celcius.sedangkan,Kelembaban yang ideal pada rumah burung walet adalah berkisar antar 80%-90%.anda bisa mengukur suhu dan kelembaban didalam rumah burung walet menggunakan suatu alat yang bernama hygrometer.

Apabila suhu dan kelembaban seperti di atas sudah di terapkan pada rumah burung walet maka insya allah dalam waktu dekat rumah burung walet milik Anda cepat di huni burung walet untuk menginap dan membuat sarang di rumah walet milik Anda.

Penggunaan Air conditioner (AC) pada rumah walet tidak disarankan karena beberapa hal sebagai berikut.

  • Kelembaban Kering

Apabila Anda menggunakan Air conditioner (AC) pada rumah walet milik Anda,memang di akui bahwa rumah walet akan sejuk namun kelembaban akan habis didalam rumah walet milik Anda.

contoh kecil saja apabila Anda berada di dalam ruangan yang full Air conditioner (AC).maka dalam jangka waktu yang cepat kulit Anda menjadi kering,mata Anda yang berair terasa perih karena Air conditioner (AC) meminimalisir kelembaban didalam ruangan.

Begitu pula dengan ruangan inap yang di pasang Air conditioner (AC) maka burung gwalet tidak mau menginap karena pada saat nanti tiba masa produktif dan burung walet sudah mulai membuat pondasi maka hal yang terjadi adalah liur yang keluar dari mulut burung walet cepat kering,sehingga bisa menyebabkan proses pembentukan sarang tidak akan selesai karena liur yang keluar dari mulut burung walet cepat kering akibat dari penggunaan AC didalam rumah burung walet.
  • Embrio Telur Mati

Penggunaan Air conditioner (AC) pada rumah burung walet bisa membuat embrio didalam telur akan mati hal ini disebabkan karena kandungan air didalam telur lebih cepat menguap karena penggunaan Air conditioner.oleh sebab itu penggunaan Air conditioner (AC) pada rumah burng walet sangat tidak di sarankan karena bisa membuat rumah walet menjadi gagal.

Agar rumah walet milik Anda bisa memiliki suhu dan kelembaban yang ideal maka lebih baik menggunakan mesin embu dan kolam didalam rumah burung walet agar populasi didalam rumah burung walet bisa berkembang biak dengan baik.

Itulah alasan tidak di sarankan menggunakan air conditioner (AC) didalam rumah burung walet.semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Rumah Walet Menggunakan Air conditioner (AC)"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel