TESTT

TIPS MEMBUAT RUMAH BURUNG WALET YANG BENAR DAN CEPAT BERHASIL

 TIPS MEMBUAT RUMAH BURUNG WALET YANG BENAR DAN CEPAT BERHASIL

Hallo sahabat waleters…

Selamat datang kembali di situs ini

situs ini khusus membahas mengenai cara budidaya burung walet.

Pada tema kali ini kita akan berbagi tips mengenai cara membuat rumah burung walet yang benar dan cepat menghasilkan.

Banyak diantara kita sudah mulai tergerak hatinya untuk membuat rumah burung walet sebagai usaha untuk menghasilkan passive income.

Namun tidak sedikit juga masih minim pengetahuan tentang cara membuat rumah burung walet yang sesuai standar budidaya walet.

Nah kali ini kita akan membagi tips mengenai cara membuat rumah burung walet yang benar.

 

·         BELAJAR ILMU DASAR BUDIDAYA WALET

 Hal pertama yang harus anda lakukan adalah

banyak banyak belajar kuasai ilmunya minimal ilmu dasarnya, dengan cara banyak membaca artikel budidaya walet atau buku tentang budidaya walet,banyak menonton chanel youtube yang membahas mengenai cara budidaya walet dan jangan malu bertanya kepada orang yang sudah berhasil dalam membudidayakan burung walet.

 

·         MEMILIH LOKASI YANG TEPAT

 

Lokasi yang tepat adalah lokasi dimana terdapat populasi/koloni burung walet yang sering bermain atau mencari makan di sekitarnya,

Anda bisa menggunakan suara cek lokasi untuk mendeteksi keberadaan burung walet di suatu lokasi.

Di chanel ini ada suara cek lokasi.anda bisa memutar video nya dan perhatikan ada atau tidak burung walet yang terbang berkerumun di atas anda,di link deskripsi nanti saya cantumkan video untuk di pakai untuk mengecek lokasi.

Jika di lokasi tersebut anda putar suara cek lokasi dan banyak burung walet terbang di atasnya maka bisa di pastikan bahwa lokasi tersebut layak untuk digunakan sebagai lokasi budidaya walet.


·         MEMILIH MATERIAL YANG TERJANGKAU


Pemilihan material tidak perlu menggunakan bahan bahan mahal,yang paling penting adalah keamanan gedung tersebut,anda bisa menggunakan dinding kayu papan yang penting lokasi anda aman dari tindak kriminal pencurian.

Apabila anda membuat rumah burung walet berbahan beton,untuk menghemat biaya,maka anda bisa menggunakan lantainya yang terbuat dari papan atau multiplex tebal,dengan cara ini maka anda sudah bisa menghemat biaya.

 

·         MERENCANAKAN UKURAN GEDUNG YANG IDEAL

 

Burung walet tidak memiliki sifat pilih pilih gedung yang mana yang berukuran besar,burung walet hanya menginginkan keamanan dan kenyamanan rumah burung walet.

Ukuran gedung walet tidak perlu terlalu besar dan saya tidak melarang anda juga untuk membangun gedung walet yang besar.

Gedung walet yang mini pun ada juga yang berhasil dan membuat burung walet betah.

Ukuran gedung walet yang sederhana bisa berukuran 5 x 10m,apabila anda memiliki ruko yang tidak terpakai lantai atasnya maka anda bisa gunakan,selain ukurannya sudah sederhana,anda juga sudah bisa meminimalisir biaya pembangunan gedung dan perawatan gedung.

 

·         MENGGUNAKAN PAPAN SIRIP WALET YANG SUDAH DI ALUR MATA SKAP

 

Untuk memudahkan burung walet menggantung dipapan sirip maka perlu dibantu dengan cara membuat alur pada papan sirip.papan sirip yang sudah di alur memudahkan burung walet yang masih belia untuk beradaptasi digedung walet yang memiliki kenyamanan papan sirip yang mudah di hinggapi.

 

·         MENGATUR SUHU DAN KELEMBABAN

 

Suhu dan kelembaban pada gedung walet sangat berperan penting dalam meningkatkan populasi.suhu dan kelembaban diperlukan sebagai syarat pertumbuhan embrio didalam telur.ibarat penetasan telur itik di inkubator yang memerlukan suhu dan kelembaban yang ideal.

Anda bisa menggukan mesin embun yang bisa menaikkan suhu dan kelembaban didalam gedung.selain menggunakan mesin embun,anda juga bisa menggunakan terpal yang di rakit menjadi bentuk seperti kolam.

 

·         MENGGUNAKAN SOUND SYSTEM YANG BERKUALITAS

 

Sound system adalah alat alat suara yang dipasang didalam gedung walet seperti tweeter inap,tarik,panggil,ampli walet,dan kabel.gunakan peralatan yang terbukti banyak digunakan para pembudidaya walet.anda bisa menggukana tweeter audax ax 61 sebagai tweeter inap,audax 65 sebagai tweeter tarik,sst 68 sebagai tweeter panggil.

Gunakan kabel merk makita karena serabut tembaganya bagus.

Anda bisa menggunakan ampli merk piro 88 sebagai media player suara.

Untuk suara yang berkualitas seperti yang kami pakai bisa anda beli di toko shopee saya dengan nama toko andi maskur.

Di kolom deskripsi nanti kami cantumkan link pembeliannya.

 

·         MENGGUNAKAN CAT LUAR YANG BERWARNA PUTIH TERANG

 

Gedung walet yang sudah anda buat harus di jaga agar tetap stabil. Suhu panas dari luar di usahakan blok agar tidak masuk kedalam ruangan inap.agar suhu panas dari luar tidak terlalu masuk kedalam gedung maka diupayakan dinding rumah walet harus di plamir dan di cat menggunakan cat yang berwarna putih.

Dinding warna putih diyakini mampu menghalau suhu panas dari luar untuk masuk kedalam gedung.

 

·         MENGGUNAKAN AROMA PENGHILANG BAU SEMEN

 

Gedung yang baru selesai dibangun masih memiliki bau yang kurang nyaman bagi burung walet,bau semen yang masih baru salah satu penyebab burung walet tidak terbiasa didalam gedung,oleh sebab itu diperlukan manipulasi aroma gedung agar burung walet berani masuk dan menginap.

Anda bisa menggunakan aroma peransang walet alami sebagai media manipulasi aroma didalam gedung baru.aroma dari peransang walet alami bisa membuat gedung seperti berbau koloni.

Gedung yang berbau koloni membuat burung walet merasa bahwa gedung tersebut sudah ditempati koloni burung walet sehingga di anggap aman.

  

Itulah Tips Yang Bisa Saya Bagikan Hari Ini Mengenai MEMBUAT RUMAH BURUNGWALET YANG BENAR DAN CEPAT BERHASIL.

Jika ada pertanyaan seputar budidaya walet maka silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar video ini.

Saya doakan semoga apa yang di rencanakan diberi kemudahan dan segala bentuk rejeki yang di berikan penuh dengan keberkahan.

Amin

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "TIPS MEMBUAT RUMAH BURUNG WALET YANG BENAR DAN CEPAT BERHASIL"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel