11 CARA CEPAT MENAMBAH POPULASI WALET DI RUMAH WALET


11CARA CEPAT MENAMBAH POPULASI WALET DI RUMAH WALET-Beberapa teman teman pembudidaya walet merasa galau karena populasi di rumah walet miliknya tak kunjung bertambah.
Populasi Burung Walet

Populasi dari tahun ke tahun tidak bertambah begitupun sarang yang di panen dari rumah walet hasilnya tidak mengalami peningkatan.
Tentu saja masalah tersebut ada penyebabnya sehingga populasi lambat bertambah di rumah walet itu.


Banyak yang bertanya di grup mengenai bagaimana cara menambah populasi walet agar hasilnya bisa maksimal dengan jumlah panen yang banyak.




Sebenarnya cara meningkatkan populasi walet dalam gedung bisa ditempuh dengan berbagai macam cara tergantung dari masalah rumah walet itu sendiri.


Jadi seharusnya kita harus cari tahu dulu penyebab populasi walet tidak bertambah.

agar populasi walet meningkat bisa menerapkan saran saran sebagai berikut:

1.   Usahakan cari tau bagaimana agar anak burung walet yang belajar terbang bisa kembali ke tempat asal menetasnya.populasi walet akan meningkat jika anak sarang walet tidak pindah kegedung lain.
    cara agar anak burung walet tidak pindah kegedung lain adalah dengan cara memasang suara panggil dan suara inap yang sesuai.baca :SUARA WALET YANG AMPUH MEMANGGIL BURUNGWALET

2.   Pastikan gedung walet milik anda masuk kriteria tata ruang rumah walet yang memenuhi standar gedung walet.anda bisa belajar mengenai tata ruang rumah walet pada gedung walet milik teman teman yang gedung waletnya sudah berhasil.2.tata ruang rumah walet yang benar adalah tidak terlalu memiliki banyak sekat didalamnya.baca :INTERIOR TATA RUANG RUMAH WALET YANG BANYAK DIGUNAKAN


3.   Pastikan suhu dan kelembaban gedung sudah ideal dan disukai burung walet.suhu dan kelembaban yang ideal mampu mempercepat burung walet menginap dan membuat sarang yang tebal didalam rumah walet.dengan memaksimalkan suhu dan kelembaban maka populasi selalu bertambah karena anakan tidak akan pindah ke gedung lain.

4.   Pastikan gedung walet milik anda terbebas dari serangan predator.predator disini maksudnya adalah hama hama pengganggu seperti:
·        Burung hantu
·        Tokek
·        Tikus
·        Semut
·        Kecoa
·        Ular
Lakukan pembasmian hama secara rutin pada rumah walet milik anda agar burung walet merasa aman dan nyaman dalam berpopulasi.

5.   Pastikan papan sirip rumah walet anda terbebas dari jamur.seperti yang kita ketahui bahwa burung walet tidak menyukai papan sirip yang berjamur.aroma dari jamur sirip membuat burung walet terganggu sehingga burung walet enggan untuk menginap dan membuat sarang di rumah walet milik anda.
Bentuk jamur ini biasa memiliki warna bercak putih pada papan sirip dan apabila di sentuh terasa licin dan berdebu.apabila rumah walet anda berjamur maka anda bisa membaca cara basmi jamur di sini.

6.   Apabila anda ingin meningkatkan populasi walet dengan cepat maka disarankan memberi atau menyiapkan pakan walet agar burung walet tetap setia pada gedung walet milik anda.dengan adanya pakan maka burung walet tidak perlu jauh jauh pergi mencari makan karena disekitar gedung sudah tersedia pakan.

7.   Rutin memeriksa tweeter rumah walet.seperti yang kita ketahui bahwa yang bekerja tiap hari memanggil dan merayu burung walet untuk menginap di rumah walet adalah tweeter rumah walet itu sendiri.usahakan selalu memeriksa kondisi tweeter apakah masih bunyi atau putus.apabila anda menemukan tweeter yang putus maka disarankan segera menggantinya dengan tweeter yang baru.ada beberapa jenis tweeter yang sangat berpengaruh dalam memanggil burung walet yaitu tweeter inap bagian panggil dan tweeter bagian inap.

8.   Pastikan anda menggunakan suara panggil dan suara inap yang super respon karena dengan suara panggil dan inap yang berkualitas mampu mempertahankan populasi walet.

9.   Gunakan besek sebagai landasan burung walet muda.dengan menggunakan besek maka burung walet muda dimana kukunya masih kurang kuat mencengkram papan sirip bisa terbantu dengan adanya besek.ada dua macam besek yang biasa digunakan para pembudidaya walet yaitu besek lembaran dan besek bentuk kotak.kedua jenis besek ini sangat cocok diaplikasikan pada rumah walet untuk mempercepat populasi walet.

10.      Bagi gedung walet yang masih baru.tentunya mau agar populasi walet cepat bertambah.cara agar rumah walet baru populasi waletnya cepat bertambah adalah dengan cara menggunakan sarang imitasi.penggunaan sarang imitasi mampu mempercepat populasi pada rumah walet baru karena burung walet tidak perlu atau membutuhkan waktu lama dalam membuat sarang walet untuk ditempati bertelur.

11.      Gunakan mesin embun didalam rumah walet agar suhu dan kelembaban ideal.suhu dan kelembaban ideal adalah memiliki suhu 28-30 derajat celcius  sedangkan kelembabannya adalah 80%-90%.dengan suhu dengan kelembaban demikian bisa membuat burung walet membuat sarang yang super dan tebal dan mampu mempercepat populasi.

Itulah 11 CARA CEPAT MENAMBAHPOPULASI WALET DI RUMAH WALET.Silahkan diterapkan pada rumah walet anda apabila ingin meningkatkan populasi walet.semoga bermanfaat.

agar hasilnya bisa maksimal dengan jumlah panen yang banyak

Belum ada Komentar untuk "11 CARA CEPAT MENAMBAH POPULASI WALET DI RUMAH WALET"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel