CARA AGAR ATAP RUMAH WALET SEJUK



Cara Agar Atap Rumah Walet Sejuk-selain membuat bagian dinding rumah burung walet sejuk maka perlu juga di lakukan perlakuan khusus untuk bagian atap rumah walet agar burung walet senang dengan rumah walet yang di sediakan.

Burung walet adalah burung yang menyukai tempat yang dingin dan sejuk.habitat asli burung walet adalah berada didalam gua gua pinggir pantai yang memiliki suhu ruangan yang sejuk dan lembab.

Dahulu banyak pemburu sarang walet mencari sarang walet di dalam gua gua yang memiliki populasi sarang walet didalamnya.Dengan kondisi medan yang berat dan curam tidak menjadi halangan untuk mencari sarang burung walet.Hal ini dikarenakan burung walet suka kondisi didalam gua untuk  bertelur.

Dengan suhu yang dingin dan lembab maka burung walet senang membuat sarang dan sarangnya pun menjadi besar dan tebal sehingga bisa masuk kategori sarang walet super.

Saat ini sudah banyak pembudidaya burung walet membuatkan rumah burung walet dengan tujuan burung walet mau menginap di rumah walet yang di siapkan dan beranak pinak didalamnya.

Namun ada beberapa tehnik yang perlu kita ketahui sebagai pembudidaya walet.Tehniknya yaitu membuat burung walet senyaman mungkin dan merasa menginap di habitat aslinya.

Sebagai pembudidaya walet perlakuan special pada rumah burung walet wajib dilakukan yaitu membuat gedung tidak memiliki suhu panas dimalam hari.

Beberapa cara akan saya berikan kepada anda agar bagian dalam rumah burung walet tidak bersuhu panas.

·        Cara agar dinding rumah walet tidak panas
Cara agar bagian dinding rumah burung walet menjadi dingin dan  sejuk adalah dengan cara memanfaatkan paranet pada bagian luar gedung sedangkan bagian dalam gedung dilapis menggunakan sterofom ketebalan 5cm.

·        Cara agar atap rumah walet sejuk
Untuk menjadikan atap rumah walet menjadi sejuk sehingga hawa panas dari atap seng tidak masuk kedalam ruangan inap adalah dengan cara menggunakan aluminium foil yang di pasang sebelum memasang atap seng.Jenis aluminium foil yang cocok dijadikan penahan anti panas pada gedung walet adalah jenis aluminium foil type bubble.

Jenis aluminium foil ini sangat cocok diaplikasikan karena memiliki ketebalan yang mampu menahan panas trik matahari yang cukup ekstream.

Selain menggunakan paranet,sterofoam dan aluminium foil, untuk menjadikan suhu bagian dalam menjadi sejuk dan lembab maka teman teman bisa menggunakan suatu alat yang bernama mesin kabut.

Mesin kabut yang biasa digunakan didalam rumah walet ada beberapa type nanti tinggal anda sendiri yang memilih yang mana cocok digunakan di gedung teman teman dan yang sesua dengan modal.

Berikut jenis mesin kabut yang biasa digunakan pada rumah walet.
1.   Mesin kabut type TL 5500
Mesin kabut ini cocok digunakan pada rumah walet yang berlantai 1 saja

2.   Mesin kabut type ultrasonic fm 600
Mesin kabut type ini cocok digunakan pada rumah walet yang memiliki beberapa tingkat karena mesin kabut ini embunnya bisa di bagi di tiap lantai melalui jalur instalasi pipa.

3.   Mesin kabut type nozzle
Sama dengan mesin kabut ultrasonic,mesin embun nozzle juga bisa di pakai di beberapa lantai rumah walet asalkan selangya di custom panjang hingga bisa mencapai area di tiap lantai.

Itulah cara agar rumah walet sejuk dan di sukai burung walet untuk menginap dan menghasilkan sarang yang banyak.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel