Cara Membuat Sarang Walet Di Rumah Memanfaatkan Kamar Kosong


Cara Membuat Sarang Walet Di Rumah Memanfaatkan Kamar Kosong-Banyak Yang Ingin Membudidayakan Burung Walet Namun Terkendala Dengan Lokasi Dan Dana Yang Begitu Banyak Nilainya.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat sarang walet di rumah memanfaatkan area kosong.anda tidak perlu berputus asa apabila anda ingin membudidayakan burung walet karena di mana ada usaha maka disitu ada jalan yang di berikan.anda bisa memanfaatkan area kosong di lantai 2 rumah anda yang tidak di gunakan.

Anda bisa memanfaatkan area kosong seperti kamar tidur yang tidak digunakan pada rumah tempat tinggal anda apabila ruangannya tidak digunakan.

Anda bisa membuat rumah sarang walet apabila area lantai 2 rumah anda memiliki ukuran minimal 4 x 6.

Mengubah Kamar Tidur Menjadi Rumah Sarang Walet

Anda Bisa mengubah kamar tidur rumah anda yang berada pada lantai atas untuk dijadikan rumah sarang walet.berikut ini kiat kiat yang harus kita lakukan

   Membuat Lubang Masuk Burung
Agar burung walet bisa masuk kedalam ruangan tempatnya bersarang maka kita perlu membuat lubang masuk burung dengan ukuran 50 cm x 80 cm.lubang yang di buat harus menyonsong burung walet pulangnya dari arah mana ketika sore hari.contohnya apabila burung walet arah pulangnya dari arah selatan maka kita membuat lubangnya menghadap arah selatan.hal ini bertujuan agar burung walet lebih gampang melihat lubang masuk yang telah kita siapkan.

   Memasang Papan Sirip
Setelah lubang masuk burung walet kita buat maka langkah selanjutnya adalah memasang kayu sirip pada bagian plafon.
Kayu sirip berukuran tebal 3cm dengan tinggi 20 cm.
Papan sirip dipasang menggunakan paku tembok agar papan sirip bisa menempel pada bagian dinding bagian plafon.

   Memasang Sound System Pemanggil Burung Walet
Sound system seperti tweeter inap dan tweeter tarik di pasang setelah pemasangan papan sirip karena tweeter inap menempel pada papan sirip.tujuan pemasangan tweeter inap didalam rumah walet tujuannya agar burung walet dimanipulasih bahwa didalam ruangan itu sudah ada koloni.dengan suara koloni yang ramai bisa membuat burung walet berani menginap di suatu rumah walet yang masih baru.

Baca Juga :Jenis Jenis Tweeter Yang Di Gunakan Pada Rumah Burung Walet




   Melapis Dinding Bagian Dalam
Agar suhu didalam ruangan rumah walet stabil maka disarankan melapis dinding rumah walet menggunakan sterofoam lembaran.
Ada beberapa macam ketebalan sterofoam yang biasa di gunakan para pembudidaya burung walet yaitu tebal 2cm,3cm dan tebal 5cm.pemasangan sterofoam pada rumah walet makin tebal makin bagus dalam urusan mendinginkan dan melembabkan ruangan.

   Membuat Lubang Ventilasi
Anda bisa membuat lubang ventilasi yang terbuat dari pipa paralon yang berdiameter 3 inch.lubangi tembok dan masukkan potongan pipa paralon yang telah di potong.
jaran antar ventilasi adalah 2 meter antar paralon.

   Membuat Ruangan Menjadi Gelap
Burung walet tidak menyukai ruangan yang terang.oleh sebab itu kita sangat disarankan untuk membuat rumah walet menjadi gelap agar burung walet merasa aman dan nyaman ketika menginap di rumah walet yang telah kita buat.anda bisa menggunakan lapisan talang karet yang berwarna hitam agar ruangan inap sebuah rumah walet menjadi gelap sehingga di sukai burung walet untuk berkembang biak.

   Memasang Instalasi Air
Agar ruangan inap suatu rumah burung walet menjadi lembab maka kita harus menyediakan air didalam rumah sarang walet.maka dari itu kita perlu melakukan instalasi pipa air didalam rumah sarang walet agar gampang mengisi bak air.

Anda bisa memanfaatkan baskom atau membuat kolam dari terpal agar rumah sarang walet memiliki kelembaban.

Kelembaban di suatu rumah sarang walet diperlukan agar sarang yang di hasilkan dari mulut burung tersebut tidak cepat kering sehingga air liur dari mulut burung walet lancar keluar.

Air liur yang lancar membuat sarang walet jadi dengan sempurna dan memiliki tekstur sarang yang tebal.

   Memasang Mesin Embun
Selain menggunakan bak dan kolam terpal,anda juga bisa menambah mesin kabut didalam rumah walet agar suhu lebih sejuk.suhu yang sejuk didalam rumah sarang walet lebih di sukai burung walet dibandingkan rumah sarang walet yang memiliki suhu panas.

suhu dan kelembaban ideal pada rumah sarang walet adalah memiliki suhu antara 28 derajat celcius hingga 30 derajat celcius.sedangkan kelembaban ideal pada rumah sarang walet adalah berada pada kisaran 80%-90%.anda bisa mengukur suhu dan kelembaban rumah sarang walet menggunakan sebuah alat yaitu hygrometer.

Hygrometer bisa membaca keadaan suhu dan kelembaban pada rumah walet dan anda bisa membeli hygrometer di toko toko yang menjual peralatan walet dengan harga 150.000/pcs.

Apabila anda sudah melakukan tahap tahap di atas maka anda sudah bisa mulai memanggil burung walet untuk masuk melakukan adaptasi dan menginap di ruangan sarang walet di rumah anda. Sekian informasi mengenai Cara Membuat Sarang Walet Di Rumah Memanfaatkan Kamar Kosong.Semoga bermanfaat.





Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Sarang Walet Di Rumah Memanfaatkan Kamar Kosong"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel