Tips Membangun Rumah Walet Hemat Biaya Tanpa Menguras Kantong


TIPS MEMBANGUN RUMAH WALET HEMAT BIAYA TANPA MENGURAS KANTONG

Membangun Rumah Walet Hemat Biaya-Membuat rumah walet dengan anggaran yang sangat besar tidak serta merta membuat burung walet cepat membuat sarang di rumah walet tersebut.

Banyak rumah walet yang hanya di buat secara sederhana namun lebih cepat di tempati burung walet menginap di bandingkan rumah walet yang memiliki ukuran yang besar.
Source : www.facebook.com
Hal ini di sebabkan karena rumah walet yang berukuran kecil itu memiliki suhu dan kelembaban yang ideal di sertai dengan design tata ruang yang benar.

Perlu anda ketahui bahwa rumah walet yang memiliki volume besar tetapi tidak di sertai dengan penanganan yang benar maka suhu dan kelembaban susah didapat.

Maka dari itu bagi anda yang ingin membudidayakan burung walet dan hanya memiliki modal yang sedikit

CARA MEMBUAT RUMAH WALET HEMAT BIAYA

Saya akan memberikan informasi kepada anda mengenai cara membuat rumah walet hemat biaya yang sesuai dengan isi kantong anda.

·        MENGURANGI UKURAN GEDUNG


Agar rumah walet yang anda rencanakan tidak memerlukan biaya yang besar maka anda jangan berpatokan dengan gedung yang memiliki ukuran yang besar.karena rumah walet yang berukuran besar memerlukan biaya besar juga.anda bisa membuat rumah walet dengan ukuran 4 x 8.
Anda juga bisa memanfaatkan bagian lantai 2 rumah anda jika tidak di gunakan.

·        MENGGUNAKAN KAYU SEBAGAI TIANG

Apabila dana tidak mencukupi untuk membuat rumah walet yang berbahan material beton maka solusinya adalah anda bisa menggunakan kayu dengan ukuran 8 x 8 sebagai tiang rumah walet.

·        DINDING RUMAH WALET  

Pada bagian dinding rumah walet,maka anda bisa menggunakan material seng dimana bagian tengahnya di lapis menggunakan sterofoam dan pada bagian sisi dalam menggunakan papan kalsiboard.

·        LANTAI RUMAH WALET

Lantai rumah walet juga memerlukan biaya besar seperti cor plat menggunakan bahan material beton.
Anda bisa menggunakan multiplex tebal atau papan sebagai lantai rumah walet yang anda buat.

Mengapa disarankan menggunakan papan dan bukan beton karena beban rumah walet tidak terlalu berat jadi tidak perlu lantai yang kuat juga.

·        KOLAM

Rumah walet memerlukan suhu dan kelembaban.jadi penggunaan kolam didalam rumah walet wajib di perlukan apabila modal pas pasan.namun apabila dana sudah banyak maka bisa menggunakan mesin embun.

Apabila pembudidaya walet menggunakan kolam yang terbuat dari bahan beton maka untuk menghemat biaya anda bisa menggunakan terpal atau menggunakan baskom untuk menampung air didalam rumah walet yang kita buat.


Itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan agar anda bisa membuat rumah burung waletyang hemat biaya.semoga bermanfaat.




Belum ada Komentar untuk "Tips Membangun Rumah Walet Hemat Biaya Tanpa Menguras Kantong"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel